Skip to main content
KOMPI AJAIB

follow us

Solusi Notif Ads.txt Yang Muncul Di Dashboard Adsense


Solusi Notif Ads.txt Yang Muncul Di Dashboard Adsense - Kali ini saya akan menjelaskan tentang trik atau solusi untuk mengatasi ads.txt yang muncul di dashboard Adsense. Belakangan ini ada beberapa teman blogger yang kebetulan mempunyai masalah yang sama yaitu muncul notifikasi error ads.txt di dashboard Adsense, padahal setelah di cek di dashboard Blogger ads.txt sudah aktif.

Sebenarnya ada beberapa penyebab yang menyebabkan notifikasi error ads.txt itu muncul, salah satunya yang pernah saya alami yaitu kita tidak sengaja menonaktifkan atau men-disable ads.txt di dashboard Blogger, biasanya itu terjadi ketika kita kutak-katik setting blog dan tanpa sengaja dan tanpa kita ketahui kita menonaktifkan ads.txt tersebut.

Otomatis beberapa jam atau beberapa hari kemudian ketika kita mengecek Adsense biasanya akan muncul notifikasi bahwa ads.txt blog kita tidak aktif.

Untuk itu kita harus segera mengecek apakah betul ads.txt blog kita aktif atau tidak. Nah yang jadi masalah belakangan ini untuk beberapa teman blogger saya yang menghubungi saya melalui email menanyakan kenapa notif error ads.txt tersebut masih saja muncul, padahal di dashboard Blogger sudah aktif atau sudah diaktifkan lagi.

Jika yang terjadi hal seperti yang disebutkan tadi maka kemungkinan ada penyebab lain yang menyebabkan ads.txt di blog kita tidak aktif atau tidak terbaca atau mungkin tidak bisa diakses oleh robot Adsense.

Biasanya itu menyangkut dengan domain blog, jadi tidak ada hubungannya dengan tema yang digunakan atau lainnya. Karena ada beberapa teman yang menanyakan, apakah ini pengaruh dari penggunaan template atau lainnya. Ads.txt itu berhubungannya dengan domain atau dengan DNS domain blog.

Seperti kita ketahui, setelah blogger sekarang mendukung HTTPS khususnya untuk custom domain, maka sebenarnya blog memiliki 4 buah URL untuk mengakses blog yaitu:

  1. URL dengan HTTP tanpa www (http://domain.com)
  2. URL dengan HTTP dengan www (http://www.domain.com)
  3. URL dengan HTTPS tanpa www (https://domain.com)
  4. URL dengan HTTPS dengan www (https://www.domain.com)

Jadi ada empat akses untuk menuju blog setelah menggunakan TLD dan mengaktifkan HTTPS. Dan salah satu masalah yang sering saya jumpai yaitu masih banyaknya teman blogger yang tidak mengaktifkan redirect non www ke www, sehingga ketika blognya diakses dengan HTTP atau HTTPS tanpa www maka blognya error 404 dan atau tidak ditemukan.

Jika hal tersebut terjadi, maka bisa dipastikan bahwa blogger tersebut belum mengaktifkan redirect non www to www dan hal tersebut bisa menyebabkan robot Adsense ataupun robot Google sekalian tidak bisa mengakses hal tersebut.

Salah satu akibatnya akan muncul notif error ads.txt di Adsense dan di Search console akan sulit men-submit sitemap untuk blog yang non www.

Jika hal tersebut terjadi pada blog Anda, maka silakan diperbaiki dengan mengaktifkan redirect non www ke www, caranya seperti pada video berikut ini, silakan ikuti dengan seksama dan teliti agar tidak terjadi kesalahan.

Semoga bermanfaat.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar