Skip to main content
KOMPI AJAIB

follow us

Berbuat khilaf adalah sifat. Meminta maaf adalah kewajiban. Dan kembalinya Fitrah adalah tujuan. Saya, Adhy Suryadi admin blog Kompi Ajaib MEMOHON MAAF LAHIR DAN BATHIN. Minal Aidin Wal Faidzin Taqabalallahu minnaa wa minkum. Selamat hari raya Idul Fitri, 1 Syawal 1439 H.

×

Kini Blogger Sudah Support Ads.txt

Baca juga:

Seperti yang saya katakan sebelumnya bahwa isu ads.txt ini sudah sampai ke developer Blogger dan mereka berencana akan meng-update-nya di bulan Januari 2018.

Dan ternyata seperti yang telah disampaikan tim Blogger, mereka akhirnya merilis ads.txt di dashboard Blogger tepat pada tanggal 31 Januari 2018 ini.

Anda bisa melihatnya di dashboard >> Setting >> Search Preferences >> Monetization >> Custom ads.txt.


Seperti yang saya katakan pada postingan sebelumnya, ads.txt atau Authorized Digital Sellers adalah konsep inisiatif dari Interactive Advertising Bureau (IAB) untuk membantu memastikan inventaris iklan digital Anda hanya dijual melalui penjual resmi (seperti AdSense) yang telah Anda identifikasi. Artinya bahwa kita memberikan izin pada pihak tertentu seperti Adsense untuk menjual iklan di situs kita sehingga dapat mencegah invalid activity.

Penggunaan ads.txt ini sebenarnya tidak diharuskan, tetapi direkomendasikan untuk digunakan khususnya bagi penayang AdSense.

Bagi Blogger penayang AdSense, jika Anda ingin mengaktifkan ads.txt, silahkan ikuti langkah berikut:

Silahkan masuk ke di dashboard >> Setting >> Search Preferences >> Monetization >> Custom ads.txt lalu klik edit dan pilih Yes.

Kemudian di kotaknya silahkan simpan kode berikut:


google.com, pub-0000000000000000, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Silahkan ganti kode pub-0000000000000000 dengan ID Penayang AdSense Anda lalu Save.

Jika bingung dengan ID Penayang AdSense Anda, silahkan lihat di dashboard Adsense >> Setting >> Account >> Account Information seperti gambar berikut:


Untuk mengecek apakah ads.txt sudah aktif di blog kita, silahkan cek dengan URL berikut:


http://www.domainAnda.com/ads.txt

UPDATE

(1/2/2018)
Sebenarnya untuk blog yang mendaftar Adsense melalui menu Earning di dashboard blogger, sekarang ads.txt sudah otomatis aktif walaupun tidak diaktifkan manual seperti pada tutorial di atas.

Namun jika sebelumnya Anda mendaftar Adsense melalui menu Earning di dashboard blogger namun ditolak (disapproved) dan sekarang Anda menampilkan iklan dari akun Adsense lain yang non hosted, silahkan alihkan atau switch akun Adsense di menu Earning tersebut ke akun yang sekarang digunakan. Dengan begitu ads.txt akan otomatis aktif dengan akun yang sekarang digunakan walaupun tidak diaktifkan manual seperti pada tutorial di atas.


Namun saran saya, sebaiknya aktifkan saja ads.txt secara manual seperti pada tutorial di atas untuk semua blog yang menayangkan iklan Adsense untuk memastikan bahwa kita sudah benar-benar mengaktifkan ads.txt dengan akun yang sedang digunakan.

You Might Also Like:


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar