Skip to main content
KOMPI AJAIB

follow us

Pengalaman Memperbaiki Notifikasi ads.txt di Dashboard Adsense


Pengalaman Memperbaiki Notifikasi ads.txt di Dashboard Adsense - Ini adalah cerita pengalaman saya tentang notifikasi ads.txt yang sebelumnya selalu muncul di dashboard adsense saya dengan berbagai usaha untuk memperbaikinya yang saya lakukan.

Seperti kita tahu bersama bahwa blog yang menampilkan iklan adsense wajib memasang ads.txt, hal ini berguna untuk membantu memberikan kepastian kepada pengiklan bahwa blog kita hanya menampilkan iklan resmi adsense. Dan pemasangan file ads.txt harus sesuai dengan pedoman yang ada.

Dan saya termasuk salah satu blogger yang memiliki masalah dengan ads.txt, karena itu saya ingin cerita apa yang saya alami beberapa pekan terakhir, yaitu munculnya notifikasi atau peringatan ads.txt di Dashboard Adsense, padahal setting di blogger sudah betul seperti postingan kompiajaib yang lalu tentang ads.txt untuk blogger.

Saya terganggu dengan notifikasi ini karena saya merasa semuanya sudah benar (ups... berlagak sombong nih), bolak-balik ke setting blogger cek cek dan cek lagi, sudah sesuai dengan tutorial yang ada.

Sampai saya berpikir ada kesalahan pada template yang saya gunakan, takutnya ada kesalahan tanpa saya sadari saat edit html. Maklum lah saya termasuk orang yang sering otak-atik html untuk memodifikasi template sesuai selera saya.

Akhirnya saya bolak-balik konsultasi kepada dokternya coding (mas Adhy Suryadi) melalui email, saat itu masih 1 blog yang terdampak.

Kemudian mas Adhy memberikan solusi:

"Pengalaman saya, itu gak sengaja ke disable pas kebetulan bot adsense lagi crawl blog kita. Yang penting ads.txt aktif lalu coba inspect url di console dan minta index."

Lalu saya ikuti saran mas Adhy tersebut dengan besar harapan masalah selesai. Ehhh… bukannya selesai, malah blog satunya lagi ikut terdampak.

Ditambah lagi masalah sitemap ikut-ikutan error untuk 2 url (http non www dan https non www).

Kemudian saya chat email lagi ke mas Adhy tentang masalah ini, dan memberi pencerahan lagi ke saya:

"Masalahnya mungkin saja redirect nya tidak bekerja meski sudah dicentang juga, bisa jadi karena terganggu sama https, jadi perlu diulang dari awal untuk setting tld nya, coba ikuti seperti di video saya, banyak yg berhasil."

Lalu saya ikuti tips dari video mas Adhy guna memperbaiki masalah ads.txt dan error sitemap untuk kedua blog saya. Berikut videonya:

Alhamdulillah setelah saya coba trik dari video di atas dan menunggu 1x24 jam, dua masalah yang telah saya sebutkan selesai semua. Sitemap gak error lagi dan notifikasi ads.txt menghilang entah kemana, dan semoga gak balik lagi.

Itulah cerita yang saya alami, semoga bisa memberikan referensi untuk teman-teman blogger yang mungkin memiliki masalah yang sama. Intinya kesalahan tersebut datang dari domain blog saya yang redirect nya tidak berfungsi.

Terima kasih kepada mas Adhy Suryadi yang telah banyak dan sering membantu saya dalam berbagai masalah yang saya alami dalam dunia blogging. Semoga panjang umur, diberi rizeki yang mudah dan lancar, diberi kesehatan untuk terus berkarya dan berkarya guna memberikan manfaat kepada orang lain. Amin ya rabbal alamin…

Postingan ini dikirim oleh:

Hanya ahli tidur yang ingin berbagi saat bangun.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar