Skip to main content

Muncul Notif Ads.txt Di Adsense? Ini Yang Harus Dilakukan

Sekarang ini tengah ramai muncul notifikasi ads.txt pada akun Adsense, namun sebagian lagi tidak mendapatkan notif ads.txt ini.

Apa sih ads.txt? Jika ada notif ads.txt di adsense, apa yang harus dilakukan?

Ads.txt atau Authorized Digital Sellers adalah konsep inisiatif dari Interactive Advertising Bureau (IAB) untuk membantu memastikan inventaris iklan digital Anda hanya dijual melalui penjual resmi (seperti AdSense) yang telah Anda identifikasi. Artinya bahwa kita memberikan izin pada pihak tertentu seperti Adsense untuk menjual iklan di situs kita sehingga dapat mencegah invalid activity.

Penggunaan ads.txt tidak wajib, namun direkomendasikan. Anda bisa menyimpan (hosting) file ads.txt di root domain blog Anda. Untuk Adsense, silahkan buat file ads.txt dengan menyimpan kode google.com, pub-0000000000000000, DIRECT, f08c47fec0942fa0 (ganti pub-0000000000000000 dengan ID penayang Anda sendiri).

Namun tentu saja hal ini tidak bisa dilakukan di Blogger karena kita tidak memiliki hak akses ke hosting Blogger.

Jika memang muncul notifikasi ads.txt sementara Anda menggunakan Blogger, maka Anda tidak perlu menggunakan ads.txt, karena tidak akan memengaruhi pendapatan Anda jika tidak menerapkannya.

Namun silahkan buka halaman Situs saya di dashboard Adsense untuk melihat daftar situs yang terpengaruh. Jika situs yang terpengaruh bukan milik Anda, atau Anda tidak memonetisasinya, sebaiknya aktifkan fitur otorisasi situs, kemudian batalkan verifikasi situs tersebut.

Banyak Blogger yang mengeluhkan tidak bisa menggunakan ads.txt dan kabar baiknya hal ini sudah sampai di telinga developer Blogger. Salah seorang pegawai Google sudah menegaskan bahwa hal ini sudah menjadi isu di Blogger dan mudah-mudahan bisa dirilis di Januari 2018. Anda bisa membaca pesannya di sini.

Kita tunggu saja update-update Blogger di tahun 2018 mendatang.

UPDATE

Sekarang Blogger sudah support ads.txt, silahkan simak postingan berikut untuk setting ads.txt di Blogger.

Berbagi itu peduli:

Comment Policy:

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk komentar out of topics silahkan masuk ke Forum Kompi Ajaib
Buka Komentar
Buka Komentar
Jangan Diklik!

Menarik Untuk Dibaca Juga:


PrivacySitemap
©2021 KOMPI AJAIB