Skip to main content

Pengaturan Sellers.json Adsense Untuk Blogger

Pengaturan Sellers.json Adsense Untuk Blogger - Baru-baru ini muncul sebuah notif di dashboard Adsense tentang sellers.json Google. Banyak para blogger, khususnya sebagai publisher Adsense belum mengerti apa yang harus dilakukan dengan sellers.json Adsense ini.

Sellers.json ini secara sederhana adalah standar IAB Tech Lab untuk masalah transparansi dalam ekosistem iklan dengan tujuan untuk memerangi penipuan.

Sebagai penayang Adsense, kita diberikan pilihan untuk membagikan informasi nama atau merahasiakannya.

Dengan file sellers.json ini, maka ini akan memberi informasi tentang identitas penerbit iklan kepada pengiklan sehingga membantu pengiklan untuk dapat memverifikasi inventaris publisher.

Jika informasi kita sebagai publisher tidak dibuat transparan atau dirahasiakan, maka nantinya pengiklan tidak akan dapat melihat nama publisher, dan hal ini mungkin akan memengaruhi pendapatan publisher.

Jadi kalau dilihat dari fungsinya, mungkin sellers.json ini mirip dengan ads.txt, namun bedanya yaitu sellers.json Adsense ini tidak perlu dihosting di domain kita seperti halnya dengan ads.txt (sementara itu yang saya temukan saat ini).

Pengaturan Sellers.json Adsense

Lalu bagaimana cara untuk mengatasi notif sellers.json yang muncul di dashboard Adsense?

Notif sellers.json Google yang muncul di dashboard Adsense akan tampak seperti gambar di atas. Untuk mengatur sellers.json ini, silahkan klik pada tautan Action atau Aksi untuk menuju ke halaman informasi akun Adsense Anda.

Membuat Informasi Penjual Anda menjadi Transparan

Seperti yang saya terangkan di atas, bahwa kita harus memberi informasi tentang identitas penerbit iklan kepada pengiklan. Untuk itu, publisher harus menjadikan informasi penjual ini menjadi transparan sehingga pengiklan dapat memverifikasi inventaris publisher.

Untuk itu, silahkan pilih Transparent untuk Seller information visibility seperti tampak pada gambar berikut ini.

Ya, cukup itu saja yang kita lakukan untuk mengatasi notif sellers.json yang muncul di dashboard Adsense.

Untuk domain bisnis sendiri silahkan abaikan saja atau tidak perlu diisi karena di sini kita bertindak sebagai publisher. Yang saya ketahui untuk domain bisnis ini untuk saat ini hanya untuk domain broker saja yang akan disertakan (seperti untuk akun Google Ad Manager). Jadi untuk publisher Adsense tidak perlu memberikan domain bisnis.

Jika ke depannya ada info lainnya tentang sellers.json Adsense ini, maka akan saya update juga informasinya di halaman ini.

Untuk lebih jelas mengenai sellers.json Adsense ini, silahkan simak langsung di halaman bantuan Adsense.

Semoga bermanfaat.


Berbagi itu peduli:

You Might Also Like:

Comment Policy:

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk komentar out of topics silahkan masuk ke Forum Kompi Ajaib
Buka Komentar
Buka Komentar


PrivacySitemap
©2020 KOMPI AJAIB