Skip to main content
KOMPI AJAIB

follow us

Membuat Sub Domain Dari Custom Domain Blogspot

Membuat Sub Domain Dari Custom Domain Blogspot - Bagi Anda yang sudah memiliki blog di Blogger atau Blogspot dan sudah menggunakan TLD atau custom domain, Anda bisa membuat sub domain dari custom domain blogspot untuk digunakan pada blog lain.

Ini berguna jika Anda ingin membuat blog dengan niche khusus yang dikembangkan dari domain utama blog Anda. Selain itu, hal ini tentu saja dapat menghemat pengeluaran Anda untuk membeli domain untuk blog baru.

Dengan begitu Anda bisa membuat banyak blog dengan niche-niche tertentu yang terpisah dari blog utama Anda.

Misalkan Anda sudah memiliki blog dengan domain https://www.domain.com dan Anda ingin membuat blog niche techno maka Anda bisa membuat sub domain https://techno.domain.com

Nah jika Anda ingin mencoba membuat sub domain dari domain blogspot yang sudah Anda punyai, silahkan lakukan langkah-langkah berikut ini.

1. Silahkan masuk ke dashboard atau client area domain Anda, jika ada beberapa domain silahkan pilih domain yang ingin dibuatkan sub domain lalu pilih manage DNS. Biasanya tampilan dashboard domain berbeda-beda, namun pada dasarnya fungsinya sama. Yang penting Anda masuk ke panel manage DNS domain Anda.

2. Setelah masuk di panel manage DNS, silahkan tambahkan record baru. Pilih CNAME untuk Type-nya lalu masukan sub domain yang diinginkan pada kolom Name (misalkan techno) kemudian masukan ghs.google.com pada kolom Target. Setelah itu silahkan save perubahannya.


Pada contoh gambar di atas, saya menambahkan 1 sub domain pada domain kompiajaib.com yaitu template.kompiajaib.com untuk Kompi Template.

Cukup itu saja yang Anda lakukan di panel manage DNS untuk membuat sub domain. Selanjutnya kita tunggu dulu waktu propagasinya, biasanya ada yang cepat ada yang lambat sampai 1-2 jam.

Setelah itu silahkan masuk ke dashboard Blogger untuk memasangkan sub domain yang tadi kita buat. Masuk ke dashboard blog yang ingin menggunakan sub domain, pilih Settings > Basic > Blog Address dan klik tulisan + Set up a third-party URL for your blog untuk mulai memasang sub domain.


Anda cukup memasukan sub domain pada kolom yang disediakan seperti pada contoh di atas lalu save.

Selesai, kini blog tersebut sudah menggunakan sub domain. Selanjutnya Anda juga bisa mengaktifkan HTTPS pada blog tersebut untuk memastikan keamanannya.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar