Skip to main content

Kini Blogger Sudah Mendukung HTTPS Untuk Custom Domain

Sebenarnya Blogger sendiri belum mengumumkan fitur HTTPS untuk custom domain secara resmi saat postingan ini dibuat (24/12/2017), namun ternyata di dashboard blogger dengan custom domain sudah muncul menu untuk mengaktifkan HTTPS untuk custom domain.

Untuk blogger yang mengakses dashboard Blogger melalui www.blogger.com, menu HTTPS untuk custom domain ini belum muncul.

Agar menu HTTPS untuk custom domain Blogger ini muncul, silahkan akses dashboard Blogger melalui draft.blogger.com lalu silahkan lihat di bagian Setting > Basic seperti gambar di bawah ini.


Silahkan aktifkan HTTPS Availability dengan memilih YES, setelah itu halaman dashboard akan me-refresh sendiri yang kemudian masuk ke proses propagasi atau pengalihan url dari HTTP ke HTTPS atau menunggu HTTPS aktif.

Dalam masa ini untuk sementara blog tidak bisa diakses. Namun jangan khawatir, propagasi atau pengalihan url dari HTTP ke HTTPS ini tidak butuh waktu lama, jadi silahkan tunggu saja beberapa menit saja. Proses propagasi HTTPS ini akan tampak seperti gambar di bawah ini.


Setelah beberapa menit silahkan coba refresh halaman dashboard Blogger, jika proses propagasi atau pengalihan url dari HTTP ke HTTPS ini sudah selesai, maka akan tampak seperti gambar di bawah ini.


Jika sudah seperti ini maka blog sudah kembali bisa diakses, tentunya url blog juga sudah berubah menjadi HTTPS.

Aktifkan juga HTTPS redirect agar blog diakses hanya menggunakan HTTPS saja. Jika ada link di blog dengan menggunakan url HTTP maka otomatis akan dialihkan ke HTTPS, begitu juga jika ada pengunjung yang mengakses dengan url lama yang masih menggunakan HTTP maka akan otomatis dialihkan ke HTTPS.

Dan setelah mengaktifkan HTTPS di custom domain ini, untuk beberapa saat iklan Adsense akan blank dulu. Adsense perlu waktu beberapa saat untuk menyiapkan ketersediaan iklan yang mendukung HTTPS. Jadi tidak perlu khawatir karena nantinya iklan akan tampil kembali.

Setelah HTTPS di blog kita aktif, ada beberapa hal yang harus dilakukan, di antaranya:
  • Sebaiknya ganti semua url lama dengan HTTP di edit HTML dengan HTTPS. Caranya cukup mudah, silahkan tekan Ctrl + Shift + R di edit HTML lalu masukan url lama blog Anda (contoh: http://www.domainAnda.com/) di kotak yang muncul di pojok kanan atas di Edit HTML lalu klik Enter. Lalu masukan url baru blog Anda yang menggunakan HTTPS (contoh: https://www.domainAnda.com/) lalu klik Enter. Dengan begitu maka semua url lama akan berubah menjadi url baru dengan HTTPS.
  • Memeriksa template blog untuk mixed content. Jika HTTPS blog berwarna abu-abu itu menandakan template blog memiliki mixed content dan itu harus diperbaiki agar HTTPS berwarna hijau. Pastikan semua url js menggunakan HTTPS dan dapat diakses. Pastikan juga semua url gambar menggunakan HTTPS.
  • Tambahkan properti baru di Search Console untuk HTTPS. Hal ini sudah saya bahas sebelumnya, silahkan simak postingan submit semua jenis url ini.
  • Dan jangan lupa rubah url sitemap di robots.txt menjadi HTTPS.

HTTPS atau Hypertext Transfer Protocol Secure adalah protokol komunikasi internet yang melindungi integritas dan kerahasiaan data pengguna antara komputer pengguna dan situs. Pengguna menginginkan pengalaman online yang aman dan bersifat pribadi saat menggunakan situs. HTTPS berfungsi untuk melindungi koneksi pengguna ke situs Anda, terlepas isi konten situs tersebut.

Ada beberapa manfaat utama jika kita menggunakan HTTPS dibandingkan HTTP, di antranya:
  • Membantu memeriksa bahwa pengunjung blog membuka situs yang benar dan tidak dialihkan ke situs berbahaya.
  • Membantu mendeteksi jika ada penyerang yang mencoba mengubah data yang dikirim oleh Blogger ke pengunjung.
  • Menambahkan langkah-langkah keamanan yang membuat lebih sulit bagi orang lain untuk melacak aktivitas atau mencuri informasi pengunjung blog.

Dan dengan tegas Google mengatakan bahwa HTTPS merupakan sinyal peringkat situs di hasil pencarian.

Dengan HTTPS memastikan semua orang berselancar dengan aman. Dengan itu Google terus mendorong semua webmaster untuk beralih menggunakan HTTPS, salah satunya dengan menyediakan fitur HTTPS ini di Blogger baik untuk blogspot maupun custom domain.

Jika sebelumnya Anda menggunakan SSL gratis dari CloudFlare, silahkan ganti dengan SSL gratis dari Blogger ini, jangan lupa pindahkan lagi setting DNS domain dari CloudFlare ke setting DNS asalnya di penyedia domainnya. Dengan SSL Blogger maka semua url termasuk url canonical dan feed blog juga otomatis berubah menjadi HTTPS sehingga ini mendukung widget recent post dan lainnya pada blog yang menggunakan HTTPS.

Berbagi itu peduli:

Comment Policy:

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk komentar out of topics silahkan masuk ke Forum Kompi Ajaib
Buka Komentar
Buka Komentar
Jangan Diklik!

Menarik Untuk Dibaca Juga:


PrivacySitemap
©2021 KOMPI AJAIB