Blogger Akan Mengupdate Beberapa Fitur

Beberapa update yang akan dilakukan pada Blogger ini cukup menarik untuk ditengok sehingga kita dapat mengetahui apa saja yang mendapat perubahan, yang dihilangkan, dan yang segera hadir ke Blogger. Dengan begitu kita bisa lebih mudah dalam menyesuaikan keperluan pada blog yang kita kelola.

Update kali ini, Blogger bertujuan untuk lebih menyederhanakan platform untuk meningkatkan pengalaman blogging untuk semua penggunanya dan tentunya agar tetap sesuai dengan perkembangan zaman.

Berikut beberapa perubahan fitur yang akan dilakukan Blogger yang sepertinya akan dilakukan secara bertahap.

Fitur-fitur Yang Dirubah

  • Integrasi Google+ - Seperti kita ketahui, belakangan ini widget Google+ error tidak bisa digunakan, hanya menampilkan follower saja tanpa bisa klik untuk mengikuti atau menambhkan teman. Nah untuk itu kini Blogger akan mengubah widget Google+ menjadi widget HTML untuk memberikan pengguna menjadi lebih banyak fleksibilitas dalam menggunakannya.
  • OpenID - Blogger yang sebelumnya memungkinkan pengguna untuk mengomentari blog menggunakan identitas OpenID, kini fitur tersebut akan dirubah (lebih tepatnya dihapus) dengan alasan karena penggunaan fitur ini yang rendah sehingga dianggap tidak cukup bermanfaat. Ke depannya Blogger tidak akan lagi mendukung OpenID untuk membuat komentar, dan semua komentar yang sebelumnya digunakan OpenID akan dianonimkan. Untuk komentar baru pada komentar Blogger akan menggunakan akun Google atau sebagai "Anonymous" saja.
  • Redirect Country Domain Blogspot ccTLD - Seperti kita ketahui bahwa Blogger memberlakukan redirect country domain dengan ccTLD sehingga pengunjung akan mendapatkan domain blog sesuai negaranya, seperti blogspot.com.au untuk Australia. Nah kini hal ini akan dibalikkan ke semula lagi sehingga tidak akan mendapatkan redirect country domain namun semua pengunjung akan tetap mendapatkan blog dengan domain blogspot.com.

Back to Top ↑

Fitur-fitur Yang Dihapus

Seiring dengan beberapa perubahan di atas, fitur-fitur berikut akan segera dihapus atau ditiadakan dari Blogger karena alasan penggunaan yang sangat rendah sehingga dianggap tidak cukup bermanfaat bagi Blogger.
  • Gadget Pihak Ketiga - Selanjutnya pengguna tidak akan mendapati gadget pihak ketika di layout, namun pengguna tetap akan dapat menambahkan gadget pihak ketiga melalui gadget HTML/Javascript secara manual (ditambahkan sendiri).
  • Blog Berikutnya - Sebelumnya fitur ini memungkinkan untuk mengunjungi blog lain dengan mudah. Nah selanjutnya Pemilik blog masih dapat menggunakan widget serupa dengan menggunakan widget Daftar Blog.
  • Widget Polling - Widget jajak pendapat ini juga kurang mendapat sambutan sehingga tidak banyak digunakan oleh pemilik blog.
  • Widget Textcube

Back to Top ↑

Fitur-fitur Yang Ditambahkan

Selain beberapa perubahan di atas, Blogger juga akan menambahkan beberapa fitur-fitur lainnya, di antaranya:
  • HTTPS untuk Custom Domain - Sebelumnya fitur SSL untuk custom domain Blogger sudah bisa dinikmati tetapi hanya bisa diakses melalui draft Blogger untuk mengaktifkannya. Selanjutnya pemilik blog bisa mengakses fitur ini juga dengan blogger.com.
  • Multilogin - Fitur ini memungkinkan Pemilik blog dapat beralih di antara akun Google yang berbeda dengan mudah tanpa harus sign out. Pengguna tinggal mengalihkan akun pada daftar akun Google dengan klik foto di pojok kanan atas.
  • Spanner - Ini menyangkut penyimpanan semua data Blogger.
  • Manajemen Video - Dengan ini pengguna dapat dengan mudah men-download dan menghapus video yang telah diupload.
  • Google Takeout - Dengan ini penguna akan dapat dengan mudah untuk mengakses informasi semua data akun Google pengguna dari Google Takeout.

Back to Top ↑

Dari semua informasi update di atas, saya tidak melihat update untuk integrasi AMP HTML untuk Blogger, jadi bagi pengguna yang ingin mencoba blognya dengan AMP HTML sepertinya masih harus dilakukan manual tanpa support Blogger.

Happy Blogging!