Skip to main content

Tips Mengelola Bisnis Kos Kosan bagi Pemula

Kos-kosan menjadi salah satu aset properti yang menguntungkan dan bisa mendatangkan uang setiap bulannya. Hanya saja penting bagi pemilik mengetahui bagaimana mengelola bisnis kos kosan dengan benar.

Salah pengelolaan membuat Anda justru tekor dengan biaya perawatan yang berlebihan. Apalagi jika Anda tidak hanya memiliki satu kos-kosan saja. Simak bagaimana cara untuk mengelola bisnis ini dengan baik supaya untung.

5 Tips Mengelola Bisnis Kos Kosan agar Sukses

Selama Anda sudah berhasil mendirikan kos-kosan di area strategis seperti di daerah perkantoran atau universitas, bisnis ini sangat menjanjikan. Anda hanya perlu mengembangkan bisnis ini menjadi lebih sukses lagi dan tidak pernah kosong dari penghuni kos.

Berikut ini beberapa tips dalam mengelola kos-kosan yang bisa diperhatikan.

1. Menjaga Kebersihan Kos-Kosan

Pengelolaan yang harus dijaga adalah kebersihan. Baik itu Anda membuka kos-kosan untuk keluarga, pria maupun wanita. Apalagi yang menyediakan dapur bersama. Biasanya area-area seperti dapur, ruang tamu, halaman menjadi perhatian utama.

Kebanyakan penghuni kos biasanya tidak acuh terhadap kebersihan. Oleh karena itulah sudah menjadi tugas Anda sebagai pemilik untuk tetap menjaga kebersihannya. Kontrol kebersihan setidaknya satu minggu sekali. Tujuannya supaya penghuni kos nyaman dan saat ada orang baru yang melihat mereka tertarik untuk tinggal di sana.

2. Mempersiapkan Keamanan yang Baik

Selain kebersihan, keamanan adalah hal penting yang harus diperhatikan. Keamanan adalah sumber kenyamanan penghuni kos. Anda bisa membuat pagar yang kokoh dengan kunci yang diberikan ke setiap penghuni.

Jika memiliki kos eksklusif maka lebih baik untuk mempekerjakan petugas keamanan. Terjaminnya keamanan nisa meningkatkan keinginan penghuni kos untuk tetap tinggal. Apalagi jika rata-rata penghuni adalah pekerja dengan jam kerja yang tidak tentu.

3. Meningkatkan Fasilitas yang Tersedia

Apa saja fasilitas kos yang sekarang Anda tawarkan? Fasilitas selalu menjadi daya tarik calon penghuni kos. Misalnya Anda menawarkan kos dengan kamar mandi dalam, ruangan ber ac, dapur bersama, parkir luas dan juga wifi.

Penawaran yang Anda berikan tersebut sangat cocok bagi para pekerja, sehingga tidak masalah jika menyesuaikan harga dengan fasilitas yang diberikan. Anda pun bisa mendapat keuntungan jika fasilitas yang diberikan semakin lengkap.

4. Menetapkan Peraturan Kos

Sebagai pemilik Anda memiliki hak dan juga kewajiban untuk mengelola dengan baik. Penghuni kos dan pemilik perlu bekerja sama demi ketertiban, oleh karena itu Anda bisa menetapkan beberapa peraturan kos sehingga menjadi lebih aman dan nyaman.

Contohnya saja Anda meminta agar penghuni kos selalu menggembok pintu gerbang setelah menggunakannya. Begitu juga soal penggunaan area parkir, kendaraan harus terparkir dalam posisi yang rapi.

5. Selalu Promosikan Kos Anda

Adanya lokasi yang strategis membangun kos membuat Anda memiliki begitu banyak kompetitor. Supaya Anda tidak kehilangan calon penghuni kos, maka selalu promosikan bisnis ini. Anda bisa memanfaatkan brosur, poster dan paling mudah adalah melalui sosial media.

Jangan sampai menunggu terdapat kamar kosong. Jika salah satu penghuni tidak akan memperpanjang masa tinggalnya, maka beberapa hari sebelumnya Anda sudah melakukan promosi di berbagai media.

Selalu ciptakan suasana kos yang nyaman. Jika ada kerusakan segera perbaiki karena hal inilah yang jadi penilaian para penghuni kos. Jadi Anda harus siap siaga jika terjadi permasalahan kecil.

Mengelola bisnis kos kosan memang mudah tapi jangan dianggap enteng. Anda harus bisa mengatur waktu keluar dan masuk penghuni dengan benar. Dengan begitu tidak akan ada kamar yang kosong.

Berbagi itu peduli:

Comment Policy:

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk komentar out of topics silahkan masuk ke Forum Kompi Ajaib
Buka Komentar
Buka Komentar
Jangan Diklik!

Menarik Untuk Dibaca Juga:


PrivacySitemap
©2021 KOMPI AJAIB