Skip to main content

Kiat Memulai Bisnis Aqiqah dengan Omset Ratusan Juta Rupiah

Aqiqah bisa menjadi ide bisnis yang bisa mendatangkan omset cukup tinggi dan terbukti sudah banyak pengusaha yang sukses. Untuk memulai bisnis aqiqah Anda tidak harus memiliki ternak kambing atau sukses di bisnis catering.

Selama Anda sudah memiliki niat berbisnis dan terus tekun melakukannya maka usaha pasti berhasil. Kunci keberhasilannya tidak jauh berbeda dengan ide bisnis lainnya. Hanya saja bagi Anda yang pemula, untuk bisa memulai usaha ini ada beberapa tips yang bisa diikuti.

5 Tips Memulai Bisnis Aqiqah yang Sukses

Permintaan daging aqiqah setiap tahunnya selalu meningkat di Indonesia. Mengingat kebanyakan masyarakat Indonesia adalah beragama Islam dan tingkat kelahiran pun tinggi. Perayaan aqiqah yang menyambut kelahiran anak pun bisa mendatangkan cuan bagi pemilik bisnis ini.

Tidak heran banyak orang yang banting stir untuk bisa berkecimpung dalam bisnis ini. Namun bukan tanpa perencanaan, supaya usaha aqiqah bisa sukses perlu ikuti tips berikut:

1. Belajar Langsung dari Pakarnya

Tidak langsung menerima pesanan, Anda harus belajar dahulu dari bisnis aqiqah yang sudah berkembang. Anda perlu tahu bagaimana alur pekerjaannya dengan benar. Penting sekali untuk mengetahui alur pekerjaannya supaya Anda tidak salah dalam menjalani usaha.

Bisa dengan bertanya dengan ulama atau ustadz supaya tahu bagaimana cara pemotongan kambing, pemilihannya sampai dengan cara memasaknya. Pastikan semua alur pekerjaan sudah sesuai dengan aturan syariat Islam.

2. Mencari Peternak Kambing

Selanjutnya adalah memperluas jaringan di peternak kambing. Anda harus bisa menemukan supplier yang notabene adalah peternak kambing ini. Tinggal datang langsung saja ke peternak terdekat atau pasar hewan.

Anda harus bisa memilih kambing dengan benar, dan dengan cara ini tidak perlu mempersiapkan peternakan sendiri. Setidaknya kambing harus memenuhi syarat seperti sehat, tidak cacat, berat minimal 16 kg dan usia minimal 6 bulan.

3. Membuat Paket Aqiqah

Ilmu dan suplier sudah didapatkan, sekarang saatnya Anda membuat paket aqiqah yang variatif. Semakin banyak variannya, masyarakat bisa memilih dengan mudah yang sesuai dengan kebutuhannya.

Anda bisa menentukan soal harga dengan memperhatikan paket dari kompetitor. Begitu juga dengan isi paket milik kompetitor. Tambahkan layanan yang kompetitor miliki sehingga menjadi nilai tambah dalam usaha Anda.

4.Rajin Melakukan Promosi

Bagi usaha yang baru berdiri, promosi adalah kunci keberhasilannya. Anda harus bisa menetapkan modal khusus untuk promosi di awal. Bisa jadi modal yang dibutuhkan lebih besar untuk promosi dengan tujuan menarik banyak pelanggan.

Anda bisa membuat promosi potongan harga atau penambahan nasi box jika memesan dalam jangka waktu tertentu. Pastikan Anda melakukan promosi ini melalui berbagai media sehingga lebih banyak dikenal.

5. Mempertahankan Standar Pelayanan

Hal ini yang sering sulit untuk dilakukan yaitu mempertahankan standar pelayanan kepada konsumen. Anda akan mendapat lebih banyak konsumen jika bisa menerapkan hal ini dengan benar. Bahkan ketika sudah memiliki banyak karyawan sekalipun.

Jangan biarkan konsumen lama Anda kabur ke bisnis kompetitor karena Anda tidak menerapkan paket sesuai yang ditawarkan. Begitu juga dengan harga, sebaiknya tidak terlalu mahal sehingga bisa bersaing dengan kompetitor.

Sekarang Anda sudah mengenali apa saja yang harus dilakukan untuk memulai bisnis aqiqah. Mulai sekarang Anda bisa belajar atau membagi modal ke masing-masing kebutuhan sehingga manajemen keuangan menjadi lebih baik.

Dalam bisnis Anda juga harus terus belajar, meskipun usaha sudah maju. Tujuannya supaya Anda bisa mempertahankan usaha di tengah persaingan yang cukup ketat ini.

Berbagi itu peduli:

Comment Policy:

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk komentar out of topics silahkan masuk ke Forum Kompi Ajaib
Buka Komentar
Buka Komentar
Jangan Diklik!

Menarik Untuk Dibaca Juga:


PrivacySitemap
©2021 KOMPI AJAIB