Skip to main content

Tertarik Untuk Memulai Bisnis? Cobalah Usaha Cuci Mobil Panggilan

Tidak dapat dipungkiri, membuka usaha cuci mobil memang terlihat menggiurkan. Seiring berkembangnya zaman dan bertambahnya jumlah penduduk, semakin banyak juga masyarakat yang memiliki kendaraan bermotor roda empat. Karena itu, usaha ini bisa dikatakan tidak sepi pelanggan.

Namun, membuka bisnis cuci mobil cukup sulit, karena memerlukan area yang luas serta peralatan-peralatan khusus seperti mesin steam high pressure untuk dapat menyemprotkan air tekanan tinggi dan mesin hidrolik. Jadi modal yang dibutuhkan cukup besar.

Usaha Cuci Mobil Panggilan

Menariknya, karena teknologi sudah semakin maju, layanan-layanan online juga sudah semakin banyak berserakan di internet. Melalui internet ini dapat dilakukan bisnis cuci mobil panggilan.

Ada pelanggan-pelanggan yang malas untuk membawa kendaraannya ke tempat cuci mobil dan menunggu beberapa jam hingga mobil mereka selesai dicuci. Karena itu, menyediakan layanan cuci mobil panggilan memiliki peluang yang besar untuk sukses. Berikut ini tips dan trik untuk memulai sebuah bisnis cuci mobil panggilan.

1. Siapkan Alat

Walaupun ini usaha panggilan, membuka usaha ini tetap perlu menyediakan alat-alat mencuci mobil yang tepat. Alat-alat yang dibutuhkan antara lain adalah high pressure jet, selang, kanebo, spons, sabun mobil, vacuum cleaner, dan wax mobil.

Ketahuilah, walaupun ada alat-alat yang harus disediakan, modalnya masih tetap lebih murah daripada harus menyewa lokasi luas untuk dapat membuka bisnis cuci mobil.

2. Tarif Jasa

Setelah berhasil menyediakan modal untuk membeli peralatan cuci mobil, tentukanlah tarif dari jasa yang ditawarkan. Pastikan bahwa tarif tersebut dapat mencukupi dana yang dibutuhkan untuk maintenance alat-alat cuci, dan juga membayar kerja keras penyedia jasa. Jadi, jangan hanya menentukan tarif untuk pekerjaan mencucinya saja.

3. Tentukan Wilayah

Tentunya akan sangat sulit jika usaha dibuka di daerah Jakarta, tetapi layanan panggilan tersedia hingga ke daerah yang berbeda pulau seperti Kepulauan Riau. Jadi perlu ditentukan juga wilayah-wilayah penyediaan jasanya.

Pastikan bahwa lokasi pelanggan memanggil dapat dijangkau dengan mudah agar biaya transportasi tidak termakan banyak. Apabila nantinya usaha tersebut sudah semakin laku dan besar, maka silahkan coba membuka cabang di wilayah-wilayah lain.

4. Promosi di Media Sosial

Ini yang menjadi poin penting ketika memulai bisnis panggilan untuk cuci mobil. Agar usaha tersebut bisa dikenal orang banyak, maka perlu menyediakan akun media sosial untuk bisnis ini dan mempromosikannya.

Promosi media sosial juga dapat dilakukan dengan membayar influencer agar semakin banyak yang tertarik untuk menggunakan jasa panggilan cuci mobil. Selain itu, memiliki akun media sosial akan mempermudah pelanggan mencari tahu lebih banyak terkait harga dan jasa yang disediakan oleh cuci mobil panggilan.

5. Optimalkan WhatsApp

WhatsApp pasti akan digunakan untuk berkomunikasi dengan pelanggan, jadi pastikanlah penggunaan WhatsApp sudah optimal. Buat WhatsApp khusus untuk panggilan cuci mobil, daftarkan akun sebagai akun bisnis, gunakan logo bisnis pada foto profil, dan data pelanggan-pelanggan yang sudah mengontak melalui WhatsApp tersebut.

Membuat WhatsApp terpisah untuk usaha akan sangat membantu kelancaran jalannya usaha, karena pesan-pesan panggilan dari klien tidak akan bercampur dengan pesan-pesan yang bersifat pribadi. Rasanya akan jadi lebih profesional.

Mudah, Murah, dan Prospektif

Jadi, jika tertarik ingin memulai suatu bisnis, cobalah memulai usaha cuci mobil panggilan. Selain tidak memerlukan sewa area yang luas, bisnis ini mudah untuk dimulai, murah secara modal, dan prospektif karena banyak pengguna mobil yang tidak dapat meluangkan waktu untuk mencuci mobil.

Berbagi itu peduli:

Comment Policy:

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk komentar out of topics silahkan masuk ke Forum Kompi Ajaib
Buka Komentar
Buka Komentar
Jangan Diklik!

Menarik Untuk Dibaca Juga:


PrivacySitemap
©2021 KOMPI AJAIB