Skip to main content

Mengenal Jenis-Jenis Usaha Laundry, Pilih Mana?

Laundry masih menjadi usaha yang digandrungi, apalagi jika Anda menemukan lokasi yang strategis. Sebelum mendirikan usaha laundry Anda harus paham bahwa bisnis ini memiliki banyak jenisnya.

Apa jenisnya yang tepat bisa disesuaikan dengan masing-masing kebutuhan masyarakat sekitar. Baik itu masyarakat anak kuliahan, ibu rumah tangga sampai dengan perkantoran. Apa saja pilihan jenisnya, bisa Anda simak di sini.

5 Jenis Usaha Laundry yang Bisa Dipilih

Kelebihan bisnis laundry bukan hanya permintaan yang tinggi tetapi juga mudah untuk dilakukan. Modal yang diperlukan tidak terlalu besar dan Anda tidak harus mengikuti tren layaknya bisnis kuliner.

Selama menemukan lokasi yang strategi maka usaha ini bisa menghasilkan keuntungan yang tinggi. Namun Anda perlu mencermati juga bahwa ada beberapa jenis bisnis laundry yang bisa dipilih. Berikut ini pilihan jenisnya.

1. Bisnis Laundry Kiloan

Pilihan yang pertama adalah laundry kiloan di mana sistemnya pakaian konsumen akan ditimbang dan dikenakan biaya sesuai yang sudah ditentukan. Berbagai jenis pakaian akan ditimbang menjadi satu dan ini menjadi bisnis yang paling simpel.

Anda bisa menyediakan satu atau dua mesin cuci saja untuk permulaan. Mahasiswa, karyawan bahkan ibu rumah tangga biasanya memilih ke laundry kiloan karena biayanya yang sangat murah. Mulai dari cuci hingga setrika merupakan paket yang didapatkan.

2. Bisnis Laundry Ekspres

Anda yang ingin memilih jenis bisnis ini Anda bisa menyediakan layanan cepat. Beberapa laundry ekspres menawarkan layanan cuci setrika mulai satu hingga dua hari. Biasanya biaya yang diberikan adalah per pakaian sehingga bisnis tidak rugi.

Beberapa bisnis ada juga yang menerapkan biaya dengan berat pakaian seperti kiloan namun harganya akan lebih mahal. Dalam menjalankan bisnis ini Anda harus bisa bekerja lebih cepat namun layanan maksimal. Ketahui berapa batas maksimal pakaian yang bisa diterima sehingga selesai tepat waktu.

3. Bisnis Laundry Hotel

Dibandingkan kedua jenis di atas, laundry hotel bisa dikatakan yang paling menguntungkan. Pasalnya Anda sudah bekerja sama dengan hotel tertentu untuk memberikan layanan laundry. Apalagi sekarang sudah banyak hotel yang tidak menyediakan laundry sendiri.

Ini adalah kesempatan Anda untuk mendapatkan kerja sama yang bagus. Anda sudah pasti akan mendapat pasokan pakaian, sprei, selimut dan semua fasilitas hotel yang membutuhkan laundry. Hanya saja Anda harus memastikan bahwa pelayanannya memuaskan.

4. isnis Laundry Dry Clean

Beberapa pebisnis mungkin lebih memilih laundry dry clean namun bisa juga dijadikan layanan tambahan. Biasanya layanan ini digunakan untuk pakaian khusus yang tidak bisa dicuci dengan mesin.

Contohnya saja seperti jas, pakaian berbahan sutra, kebaya, baju pengantin dan masih banyak lagi. Dibutuhkan ketelitian dan benar-benar bersih untuk sistem dry clean sehingga lebih baik Anda mempelajari cara kerjanya untuk memberikan layanan terbaik.

5. Bisnis Laundry Sepatu

Sekarang tidak sedikit bisnis laundry sepatu yang muncul, bahkan beberapa ada yang membuka stand di mall. Sepatu adalah alas kaki yang sekarang tidak murah harganya. Bahkan beberapa ada yang harganya jutaan sehingga membutuhkan laundry khusus.

Anda yang sudah memiliki pengalaman untuk membersihkan sepatu sesuai bahannya maka bisa membuka bisnis ini. Keuntungan yang didapatkan juga tidak sedikit karena rata-rata laundry ini harganya cukup tinggi.

Dalam mempersiapkan usaha laundry, selain jenis Anda juga harus memilih nama, perencanaan, lokasi hingga peralatan yang diperlukan. Anda bisa memberikan pelayanan terbaik selama memiliki keterampilan di bidang laundry dan alat yang mumpuni.

Berbagi itu peduli:

Comment Policy:

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk komentar out of topics silahkan masuk ke Forum Kompi Ajaib
Buka Komentar
Buka Komentar
Jangan Diklik!

Menarik Untuk Dibaca Juga:


PrivacySitemap
©2021 KOMPI AJAIB