Skip to main content

Mau Mulai Usaha Café Modal 5 Juta? Ikuti Langkah Ini

Meskipun kini sudah banyak cafe yang bermunculan, usaha ini masih terus diminati karena perkembangan tren. Anda bahkan bisa memulai usaha café modal 5 juta saja lho. Sayangnya masih banyak yang tidak percaya akan hal ini.

Selama Anda tahu bagaimana cara untuk membagi modal tersebut maka tidak masalah. Selain itu Anda tidak harus membuka cafe di tempat yang luas dan menu yang menggunakan bahan mahal. Bagaimana caranya, cek langsung hingga akhir.

Langkah Mudah Memulai Usaha Café Modal 5 Juta

Apa sih yang para anak nongkrong di cafe? Apakah menu yang murah? Tempat yang asal asyik? Atau cafe yang Instagramable? Anda bisa melakukan riset terlebih dahulu dengan mengamati jenis cafe yang laris sesuai lokasi bisnis yang ingin dibuat.

Riset ini nantinya akan membantu untuk menemukan ciri khas cafe Anda. Setelah itu kenali pengalaman-pengalaman pebisnis cafe yang laris sampai sekarang. Jika sudah Anda bisa memulainya dengan beberapa langkah berikut:

1. Membuat Target Konsumen Menengah ke Bawah

Tentukan siapa target konsumen Anda. Mengingat budget adalah 5 juta rupiah artinya Anda tidak bisa menyasar konsumen menengah ke atas bukan? Oleh karena itu menyasar konsumen menengah ke bawah akan lebih realistis.

Apabila target konsumen ini sudah diketahui maka Anda bisa lebih mudah menentukan jenis menu, harga sampai dengan interior cafe. Sesuaikan dengan hasil riset di cafe kompetitor tadi.

2. Kreatif dalam Menentukan Menu

Langkah selanjutnya adalah penentuan menu. Sesuai dengan target konsumen, Anda harus bisa menentukan menu yang tidak terlalu mahal, namun tetap bisa terlihat menarik. Caranya adalah dengan berkreasi dalam menciptakan menu.

Mulai dari jenis menunya sampai dengan penamaan yang jadi keunikan tersendiri. Penyajian makanan pun sebaiknya dibuat semenarik mungkin sebagai daya tarik. Jangan lupa Anda bisa membuat menu makanan dan minuman ketika membuat promo.

3. Membuat Interior Cafe yang Tidak Mahal

Kini banyak cara untuk membuat ruangan yang Instagramable namun tidak mahal. Anda tidak harus mengeluarkan banyak biaya untuk dekorasi. Sama seperti pemilihan menu makanan, Anda juga harus kreatif dalam membuat interior.

Memanfaatkan barang bekas yang murah sebagai dekorasi, membuat gambar di dinding bisa jadi alternatif yang paling pas. Beberapa desain interior yang murah seperti gaya vintage, industrial, recycle bisa jadi pilihan yang tepat.

4. Melakukan Promosi di Sosial Media

Promosi yang murah meriah adalah melalui sosial media. Anda tidak perlu repot mengeluarkan uang untuk mencetak brosur atau poster. Tinggal buat foto-foto menarik dari cafe serta menu-menu yang menggugah selera.

Anda bisa posting foto-foto yang menarik tersebut di akun sosial media dan membagikannya ke teman terdekat. Jika perlu pasang iklan di sosial media sehingga cafe semakin banyak dikenal.

5. Memberikan Pelayanan Terbaik

Tidak kalah penting dengan keempat langkah sebelumnya, Anda harus bisa memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen. Meskipun targetnya adalah kelas menengah ke bawah bukan berarti Anda bisa sembarangan.

Mengingat dana terbatas, Anda bisa mempekerjakan pekerja paruh waktu sebagai server. Namun jika ruangan cafe berukuran kecil tidak masalah jika Anda melakukannya semua sendiri. Dengan begitu biaya operasional ke depannya akan terjaga.

Inilah langkah yang bisa Anda ikuti untuk membuka usaha café modal 5 juta. Tidak perlu takut apalagi malu untuk bisa membuka usaha ini sendiri. Justru dengan memulai dari modal kecil Anda bisa mengembangkannya selama sukses.

Berbagi itu peduli:

Comment Policy:

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk komentar out of topics silahkan masuk ke Forum Kompi Ajaib
Buka Komentar
Buka Komentar
Jangan Diklik!

Menarik Untuk Dibaca Juga:


PrivacySitemap
©2021 KOMPI AJAIB