Skip to main content

Bagaimana Usaha Toko Bisa Membawa Keuntungan?

Memulai usaha toko memang tidak mudah meski tidak sesulit yang dibayangkan pemula. Terlebih jika ada kisah-kisah yang tidak mengenakkan seperti toko bangkrut, dan sebagainya. Bahkan, toko besar pun terkadang tak luput dari badai keuangan.

Hal ini membuat pemula gamang saat hendak memulai toko kecil. Tetapi, alih-alih mengkhawatirkan masa-masa sulit, cara terbaik adalah bersikap proaktif. Terlalu banyak kekhawatiran akan memicu rasa takut berlebihan dimana nantinya muncul lah keputusan pengelolaan bisnis yang justru merugikan.

Memulai Usaha Toko Tanpa Khawatir

Memang, memulai bisnis membuka toko retail pastinya sangat menantang. Tetapi, perlu ada keinginan untuk selalu bersikap positif serta fokus menghadapi masa-masa sulit. Ada beberapa tips yang dapat menunjang para pelaku usaha untuk terus bersemangat.

Tips pertama adalah bergabung dengan komunitas tepat. Komunitas ini tidak hanya penting untuk menjaga semangat, tetapi juga dapat membantu promosi toko. Untuk pemilik toko retail, tentu komunitas lokal sangatlah penting untuk dijalin.

Tips kedua adalah menjaga hubungan dengan pelanggan. Pelanggan adalah pondasi untuk terus membangun bisnis. Memberikan reward atau sekedar memberi diskon untuk pembelian jumlah tertentu dapat dipertimbangkan.

Tips ketiga adalah dengan memanfaatkan display toko sebaik-baiknya. Display toko biasanya hadir melalui jendela besar di pintu masuk toko. Perlu diketahui bahwa display melalui jendela dapat meningkatkan keingintahuan siapapun untuk mampir ke toko.

Tips keempat yang tak kalah penting adalah tidak meniru diskon besar-besaran yang dilakukan oleh toko-toko retail raksasa. Pada dasarnya, mereka sudah memiliki hitungan tersendiri dengan diskon tersebut. Pemilik toko retail kecil mungkin dapat menawarkan diskon untuk produk tertentu yang tidak merugikan mereka.

Tips kelima adalah memanfaatkan setiap peluang yang ditawarkan supplier. Menjalin hubungan dengan sebanyak mungkin supplier dapat menunjang ketersediaan barang dalam toko. Pemilik toko pun dapat melakukan perbandingan sebelum kulakan barang.

Mencari Supplier dengan Tawaran Terbaik

Terkait dengan tips kelima, tentu pemilik toko berhak memilih supplier terbaik. Bisa jadi, supplier tersebut bukanlah supplier lokal. Internet telah memudahkan pemilik toko untuk memilih supplier yang dapat menawarkan harga terbaik.

Caranya adalah memasukkan kata kunci ‘grosir lengkap dan murah’. Kita juga dapat memasukkan kata kunci khusus seperti ‘grosir busana muslim’, ‘grosir baju anak murah’, ‘grosir lengkap mainan anak’ dan lain sebagainya.

Lakukan riset untuk menemukan sumber grosir yang paling dapat dipercaya. Banyak supplier tidak berusaha untuk menjangkau konsumen. Karena itulah, cari sumber grosir yang memang bersedia memasok untuk berbagai toko.

Media sosial adalah sarana terbaik. Kita dapat melihat review kepuasan pengguna. Dengan demikian, perbandingan dapat dilakukan dengan mudah.

Menyiapkan Metode Pemasaran Tercepat dan Terjangkau

Setelah memiliki banyak koneksi, terutama supplier, kini kita perlu memantapkan metode pemasaran. Pilihan untuk memasarkan produk dengan cepat tanpa harus menguras rekening bank adalah melalui media sosial. Memang, efektivitas iklan berbayar melalui media sosial jauh lebih tinggi. Tetapi, jumlah tersebut tidaklah terlalu besar.

Selain memanfaatkan media sosial, kita juga dapat memanfaatkan brosur jika toko kita berfokus pada pelanggan sekitar. Brosur dapat disebarkan di kompleks perumahan sekitar, atau ditempatkan pada display di area kasir. Hal ini cukup efektif, terlebih jika layanan pelanggan ditingkatkan seperti layanan antar, bonus untuk pembelian tertentu dan sebagainya.

Jangan salah, usaha toko dengan target pasar tetangga sekitar masih dapat meraih untung besar. Terlebih jika toko tersebut hadir dengan ragam barang yang dibutuhkan masyarakat. Yang terpenting adalah kita dapat memilih supplier yang dapat diajak bekerja sama serta fokus pada promosi efektif tetapi tetap efisien.

Berbagi itu peduli:

Comment Policy:

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk komentar out of topics silahkan masuk ke Forum Kompi Ajaib
Buka Komentar
Buka Komentar
Jangan Diklik!

Menarik Untuk Dibaca Juga:


PrivacySitemap
©2021 KOMPI AJAIB