Skip to main content

Ketahui Apa yang Harus Disiapkan Sebelum Membuka Usaha Bengkel

Jika Anda ingin memiliki bisnis dan berinvestasi untuk sesuatu yang menantang, usaha bengkel adalah salah satu alternatif paling bagus. Terlebih jika memang Anda punya bisnis sampingan yang serupa dengan bengkel, seperti jual beli mobil misalnya.

Tetapi, sebelum Anda memulainya, Anda harus terlebih dahulu mengetahui strategi pemasaran yang tepat. Hal ini penting karena Anda bisa yakin bahwa apa yang Anda rencanakan untuk investasi tidak akan gagal. Bahkan, bisnis bengkel menjadi sukses.

Sejak dulu hingga sekarang, industri otomotif adalah salah satu bisnis paling mapan secara global. Pasalnya, setiap orang pasti menggunakan mobil atau motor untuk aktivitas kesehariannya. Bisnis bengkel dapat memberikan peluang bisnis terbaik.

Tawaran Terbaik Usaha Bengkel Anda

Jangan khawatir dengan strategi bisnis usaha servis kendaraan bermotor ini. Strategi yang ada sangat mudah diikuti. Yang penting adalah Anda mengikuti tren pemasaran yang paling jitu.

Strategi pemasaran yang paling tepat untuk bengkel otomotif Anda adalah promosi dari mulut ke mulut, brosur, dan media sosial. Untuk usaha jenis ini, tentu pemasaran sederhana tidak cukup. Persaingan cukup ketat dimana Anda harus memberikan tawaran menarik untuk klien.

Klien membutuhkan bengkel yang menawarkan lebih dari sekedar perbaikan motor atau mobil mereka. Tak jarang, mereka membutuhkan bengkel yang dapat menjadi langganan. Dalam hal ini, bengkel dapat memberikan layanan spesial dengan saran-saran yang sangat diperlukan oleh pengguna kendaraan.

Berikan Layanan Memuaskan

Pemilik bengkel, baik motor dan mobil perlu merekrut jasa profesional yang memenuhi syarat untuk melakukan servis, baik perbaikan dan pemeliharaan. Beberapa bengkel mempekerjakan karyawan yang sudah memiliki sertifikasi khusus terkait dengan otomotif. Dengan demikian, pemilik bengkel dapat meyakinkan pengguna bahwa pemilik menyediakan pengawasan layanan yang tinggi.

Sertifikasi rutin untuk karyawan bengkel atau teknisi sangat penting. Mobil atau motor selalu hadir dengan teknologi terbaru. Dengan sertifikasi rutin, maka teknisi telah up-to-date dengan teknologi terbaru dari kendaraan terkini. Keunggulan ini akan menaikkan citra bengkel tersebut.

Hal kedua yang harus diperhatikan adalah penampilan bengkel. Terlepas dari risiko kondisi bengkel yang mungkin ada noda oli ataupun lainnya, namun bengkel tetap harus rapi. Bengkel dengan tata letak rapi dimana klien dapat menunggu dengan nyaman adalah hal utama.

One Stop Shop

Tak jarang kita melihat banyak bengkel yang hadir dengan lengkap. Pemilik bengkel melengkapi area servis mobil atau motor dengan layanan cuci mobil, supermarket, café dan toilet umum yang nyaman.

Klien yang datang untuk melakukan servis atau perbaikan tentunya berharap dapat duduk dengan nyaman. Kenyamanan yang didapat tidak hanya duduk di bengkel dan menunggu antrian, tetapi juga adanya toko yang menjual berbagai macam produk. Café yang dilengkapi jaringan nirkabel gratis seringkali menjadi daya tarik sebuah bengkel, misalnya.

Harga Kompetitif

Jangan salah, pemilik kendaraan pasti memikirkan tarif servis sekaligus layanannya. Mereka akan melakukan perbandingan antar bengkel. Jika bengkel Anda menawarkan servis standar dengan patokan harga mahal dibandingkan bengkel selevel, maka tidak akan ada pelanggan yang kembali kecuali kendaraan mereka mengalami kerusakan darurat.

Meski tidak mematok harga terlalu mahal, Anda pun tidak disarankan untuk mengobral servis dan harga suku cadang. Alih-alih takut tidak populer, Anda justru akan merugi. Hal ini perlu diperhatikan karena akan berpengaruh secara jangka panjang.

Jadi, usaha bengkel sebenarnya merupakan usaha paling stabil. Anda tidak perlu khawatir dengan suku cadang atau perlengkapan berkendara yang pasti dapat digunakan dalam jangka panjang. Anda hanya perlu mempertahankan kualitas servis dan kapabilitas teknisi untuk melayani pelanggan.

Berbagi itu peduli:

Comment Policy:

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk komentar out of topics silahkan masuk ke Forum Kompi Ajaib
Buka Komentar
Buka Komentar
Jangan Diklik!

Menarik Untuk Dibaca Juga:


PrivacySitemap
©2021 KOMPI AJAIB