Skip to main content

Potensi Besar-Besaran dari Toko Kelontong Kecil Kecilan

Jangan remehkan toko kelontong kecil kecilan yang mungkin ada di sekitar kita. Siapapun pun sering membutuhkan barang-barang yang ada di berbagai toko kelontong. Toko kelontong yang dikelola dengan baik dapat meraih untung besar.

Jika Anda adalah pemilik toko kelontong atau hendak mulai bisnis ini, Anda harus yakin bahwa Anda pasti memiliki basis pelanggan yang cukup lumayan. Terlebih jika Anda dapat mengelola toko dengan baik. Tidak hanya itu, penampilan toko sangatlah penting.

Perlu diketahui bahwa profit toko kelontong Anda bisa sangat menjanjikan karena beberapa alasan. Selain harga kompetitif, varian barang juga harus banyak. Yang tak kalah penting adalah tampilan toko yang menarik.

Tips Jitu Kelola Toko Kelontong Kecil Kecilan

Kita harus mengakui bahwa toko kelontong yang menjadi favorit warga sekitar atau mereka yang mampir untuk mencari kebutuhan harian harus hadir dengan barang yang banyak dibutuhkan. Tidak sedikit pembeli yang mengurungkan niat kembali ke sebuah toko karena mereka sering tidak mendapatkan barang yang mereka butuhkan. Hal ini jarang dipikirkan oleh banyak pemilik toko kelontong.

Padahal, penampilan toko kelontong sangat menunjang daya tariknya. Namun, tentunya penampilan harus juga seimbang dengan varian toko. Kita sering melihat banyak toko kelontong yang buka 24 jam di beberapa ruas jalan strategis. Toko tersebut selalu dihiasi lampu-lampu berwarna warni yang memang sangat menarik terutama di malam hari.

Pastinya, Anda juga harus memperhatikan perlengkapan display produk. Jika Anda menjual berbagai jenis makanan ringan, kopi instan, ataupun kebutuhan harian, penataan pun harus sangat cantik. Pilih rak bertingkat untuk mengklasifikasikan produk yang dijual. Satu rak dapat menampung makanan ringan, sedangkan rak lain dapat mewadahi kopi instan dalam bentuk sachet dan sebagainya.

Tentu display untuk barang yang bukan makanan atau minuman dapat dipisah. Apabila Anda juga menjual produk seperti roti ataupun kue-kue yang hanya bertahan sehari atau dua hari, tempatkan pada wadah khusus yang mudah dilihat dan dijangkau pembeli. Gunakan wadah akrilik atau kaca bening untuk menempatkan produk seperti kosmetik, sabun, shampoo dan sebagainya.

Klasifikasi barang yang ditampilkan akan membuat pengunjung nyaman. Mereka tidak ingin membuang waktu untuk mencari barang yang mereka butuhkan. Terlebih jika mereka sedang sangat membutuhkan barang tersebut sesegera mungkin.

Tunjang Penampilan dengan Strategi Pemasaran

Seapik apapun toko kelontong Anda, tentunya toko tersebut tidak mudah populer tanpa strategi pemasaran jitu. Pertama, Anda tetap harus mempromosikan toko dimana informasi ini penting bagi calon pelanggan untuk mengetahui keberadaan toko Anda. Selain lokasi, promosikan pula apa yang akan didapat pelanggan dari toko Anda tersebut.

Tentu, Anda juga harus berani berpromosi dengan cara memberi layanan gratis antar, ataupun bonus-bonus menarik. Toko kelontong dapat ditemui di banyak sudut sehingga persaingan pun semakin ketat. Anda harus berani berbeda untuk dapat menarik pelanggan.

Memang, bukan berarti Anda harus banting harga sehingga dapat merugi. Tetapi, Anda perlu memberi sedikit reward untuk pelanggan setia atau pelanggan baru. Sampel gratis untuk beberapa produk yang memang perlu dicoba pelanggan juga tidak salah.

Jangan Ragu Bisnis Toko Kelontong

Kesan yang muncul tentang bisnis toko kelontong memang ‘remeh’. Padahal, potensi omset toko kelontong tak kalah mentereng. Apalagi jika Anda menerapkan program pemasaran maksimal melalui media sosial yang tentunya tak boros anggaran. Tidak heran banyak pemilik toko kelontong kecil-kecilan akan mendapat untung ‘besar-besaran’.

Berbagi itu peduli:

Comment Policy:

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk komentar out of topics silahkan masuk ke Forum Kompi Ajaib
Buka Komentar
Buka Komentar
Jangan Diklik!

Menarik Untuk Dibaca Juga:


PrivacySitemap
©2021 KOMPI AJAIB