Skip to main content

Cara Melakukan Tangkapan Layar atau Screenshot di Windows 10

Cara Melakukan Tangkapan Layar atau Screenshot di Windows 10 - Melakukan tangkapan layar atau screenshot tentunya sering dilakukan oleh pengguna, salah satunya untuk menyimpan atau mendokumentasikan suatu informasi yang ditampilkan pada layar perangkat.

Fitur untuk melakukan screenshot pun tentunya sebuah hal yang sudah lazim ditemukan di berbagai perangkat, termasuk pada laptop. Pada laptop yang berbasis sistem operasi Windows 10 pun sudah tersedia aplikasi khusus untuk melakukan tangkapan layar, yaitu Snipping Tool.

Tangkapan Layar atau Screenshot di Windows 10

Selain dengan menggunakan fitur Snipping Tool, pengguna juga dapat melakukan screenshot dengan menggunakan fitur lain bawaan dari laptop dengan OS Windows 10 dengan menggunakan beberapa kombinasi tombol.

Dilansir dari situs eNews Daily, jika Anda ingin melakukan screenshot atau menangkap tampilan layar di laptop Windows 10, silahkan simak beberapa cara yang dapat Anda lakukan berikut ini.

Menggunakan Snipping Tool

  1. Silahkan cari aplikasi Snipping Tool di laptop Anda lalu jalankan aplikasinya.
  2. Setelah aplikasi terbuka, Anda bisa menyesuaikan tangkapan layar yang ingin diambil. Anda dapat memilih screenshot di menu Mode, dengan bentuk yang sudah tersedia di antaranya full screen, persegi panjang, dan bentuk bebas.
  3. Untuk mulai melakukan tangkapan layar, silahkan klik New dan selanjutnya layar laptop akan freeze (membeku) secara otomatis.
  4. Kemudian gerakan kursor pada bagian layar yang ingin ditangkap atau diambil.
  5. Setelah bagian layar ditangkap, akan muncul jendela baru dari hasil screenshot di Snipping Tool.
  6. Jendela baru tersebut juga memiliki fungsi untuk mengedit screenshot. Setelah selesai, klik Save atau Ctrl + S untuk menyimpan screenshot di folder laptop Anda.

Menggunakan Tombol Windows + PrtSc

Anda juga bisa melakukan tangkapan layar atau screenshot di laptop dengan operasi sistem Windows 10 dengan cara lain yaitu dengan menekan tombol Windows dan PrtSc secara bersamaan. Dengan ini Anda tidak perlu membuka aplikasi lain untuk melakukan tangkapan layar.

Setelah Anda menekan tombol Windows + PrtSc secara bersamaan, maka layar laptop Anda akan berkedip. Kedipan tersebut adalah merupakan tanda bahwa screenshot sudah berhasil dilakukan dan tersimpan di laptop dengan baik.

File hasil tangkapan layar dengan cara ini akan otomatis tersimpan di folder "ScreenShot" yang ada di laptop Anda.

Anda tidak dapat memilih atau menentukan bagian layar yang mana yang ingin diambil, karena dengan kombinasi tombol ini akan otomatis menangkap layar secara penuh.

Menggunakan Tombol Windows + Shift + S

Selain dua cara seperti di atas tadi, screenshot atau tangkapan layar di laptop Windows 10 juga bisa menggunakan cara dengan menekan kombinasi tombol Windows + Shift + S secara bersamaan. Dengan cara ini juga Anda tidak perlu membuka aplikasi lain untuk screenshot di laptop.

Namun berbeda dengan cara menekan kombinasi tombol sebelumnya, ketika menekan kombinasi tombol ini maka selain layar laptop Anda akan freeze atau membeku, Anda juga akan disajikan tampilan menu untuk memilih bentuk tangkapan layar, seperti bentuk kotak atau bentuk bebas.

Setelah memilih bentuk yang diinginkan, Anda dapat mengambil screenshot atau tangkapan layar dengan cara menggerakkan kursor pada bagian layar yang ingin diambil. Selanjutnya Anda akan disajikan tampilan jendela baru untuk melakukan edit screenshot.

Apabila screenshot telah sesuai dengan keinginan Anda, maka screenshot tersebut bisa disimpan di laptop dengan menekan tombol Save atau Ctrl + S.

Pada dasarnya, cara kombinasi tombol ini merupakan cara lain untuk cepat membuka fitur Snipping Tool dengan tanpa harus membuka aplikasinya terlebih dahulu.

Demikian cara untuk melakukan tangkapan layar atau screenshot pada laptop dengan operasi sistem Windows 10, semoga dapat bermanfaat.

Berbagi itu peduli:

Comment Policy:

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk komentar out of topics silahkan masuk ke Forum Kompi Ajaib
Buka Komentar
Buka Komentar
Jangan Diklik!

Menarik Untuk Dibaca Juga:


PrivacySitemap
©2021 KOMPI AJAIB