Skip to main content

Kelebihan Nginx Dibandingkan LiteSpeed Web Server

Agar sebuah situs website bisa berjalan lancar dan baik tentu saja pemilihan web server menjadi hal penting yang tidak boleh kamu sepelekan. Jadi, pastikan kamu memilih web server yang sesuai dengan kebutuhan pekerjaan. Nginx dan LiteSpeed Web Server merupakan salah satu server yang cukup populer digunakan hingga saat ini.

Sebelum masuk pada pembahasan selanjutnya mengenai kelebihan Nginx vs LiteSpeed Web Server, kamu juga bisa beli hosting gratis domain di DomaiNesia, lho.

Nginx vs LiteSpeed Web Server

Pengertian Nginx

Nginx merupakan web server yang memiliki performa andal. Selain itu, web server ini juga dilengkapi dengan beberapa fitur canggih yang mudah untuk dikonfigurasi. Hal tersebut membuat Nginx dapat membantu website menjadi lebih powerful dan canggih saat beroperasi.

Pengertian LiteSpeed Web Server

Server selain Nginx yang juga cukup sering digunakan hingga saat ini adalah LiteSpeed Web Server atau sering juga disebut LSWS. Dan, LSWS ini merupakan web server yang menduduki ranking keempat paling populer.

Perlu kamu ketahui bahwa server ini memiliki format seperti Apache. Alasannya karena memang ditujukan sebagai drop-in pengganti.

Web server ini juga mampu memberi control panel yang lebih mudah digunakan dan dapat menggantikan fungsi dari program Apache.

Perbandingan Nginx vs LiteSpeed Web Server

Apabila dilihat dari segi kepopulerannya, LiteSpeed Web Server memang masih kalah dengan Nginx. Tetapi, jika dilihat dari segi performa, LiteSpeed Web Server juga mampu bersaing dengan baik.

Ketika menggunakan LiteSpeed, kamu dapat memperoleh keunggulan dari Nginx dan juga Apache di dalam satu web server. Contoh yang memakai NginX adalah website percetakan Jakarta.

Adanya dua kombinasi web server tersebut dapat melahirkan skalabilitas event driven yang dimiliki Nginx serta berbagai macam tools manajemen.

Kelebihan Nginx

Salah satu solusi terbaik untuk pengiriman data website dengan trafik tinggi yaitu dengan menggunakan web server Nginx. Dan berikut ini beberapa keuntungan yang diberikan Nginx:

1. Nginx bisa menggantikan hardware load balancer

Nginx menjadi salah satu web server yang mudah untuk dikonfigurasikan dan memiliki desain modern.

Kemudian, web server ini juga sudah mendukung konfigurasi On The Fly serta terintegrasi dengan DevOps untuk proses monitoring yang lebih mudah.

2. Menjadi tool multifungsi

Nginx juga dapat digunakan untuk load balancer, server proxy dan juga cache konten. Kamu dapat melakukan semua konfigurasi yang berpusat di satu aplikasi.

Dan hal tersebut tentunya membuat proses pemantauan atau monitoring bisa dilakukan lebih mudah serta mengurangi pemakaian tool terlalu banyak.

3. Nginx dapat menyediakan berbagai dokumentasi lengkap

Bagi yang masih pemula dalam menggunakan web server, Nginx menyediakan banyak tutorial, dokumentasi hingga webinar sehingga dapat kamu pelajari secara lengkap.

4. Web server Nginx masih terus dikembangkan

Kelebihan lainnya yaitu Nginx ternyata masih terus mengalami pengembangan hingga saat ini, khususnya pada satu dekade terakhir.

Web server Nginx juga mendorong teknologi dari HTTP hingga dukungan layanan mikro. Da belum lama ini Nginx memberikan pengumuman bahwa mengimplementasikan JavaScript.

Kelebihan LiteSpeed Web Server

1. Tidak membutuhkan hardware yang tidak terlalu tinggi

Dengan penggunaan LiteSpeed Web Server kebutuhan akan hardware menjadi tidak terlalu tinggi. Tentu hal itu berarti biaya untuk kebutuhan website bisa diminimalisir dan hanya difokuskan untuk keperluan lain.

2. Lebih mudah dipelajari

LiteSpeed Web Server memakai format Apache, namun ditambah adanya panel control tentu akan mempermudah kamu untuk menggunakannya.

Tak hanya sekadar mudah digunakan, tetapi tampilannya pun mudah dipahami sehingga proses mengingat fungsi panel dan tombol pun lebih cepat bagi pengguna.

3. Memiliki transisi yang mudah dari format Apache

Selanjutnya, LiteSpeed Web Server juga memiliki kemampuan untuk menggunakan panel dan software yang lebih baik.

4. Kualitas keamanan yang terjamin

Web server yang satu ini juga dilengkapi dengan mode keamanan yang terjamin yaitu dengan mengaplikasikan mod_security.

Tujuan dari penggunaan mod untuk menghindari DDoS dan connection throttling agar penggunaan website bisa merasa nyaman.

5. Memiliki kecepatan proses dan stabilitas

Penggunaan event driven approach, ternyata membuat LiteSpeed Web Server memiliki stabilitas serta kecepatan di atas format lama. Kecepatan tersebut didapat karena menggunakan process based approach.

Jadi, meskipun keduanya memiliki kelebihannya masing-masing, tetapi Nginx lebih unggul karena masih terus dikembangkan hingga saat ini dan dapat digunakan sebagai tool multifungsi untuk mempermudah para pengguna website.

Berbagi itu peduli:

Comment Policy:

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk komentar out of topics silahkan masuk ke Forum Kompi Ajaib
Buka Komentar
Buka Komentar
Playlist tutorial Blogger
Playlist tutorial AMP HTML
Playlist Serba-serbi
Jangan lupa SUBSCRIBE
Jangan Diklik!

Menarik Untuk Dibaca Juga:


PrivacySitemap
©2021 KOMPI AJAIB