Skip to main content

Blog Sebagai Tempat Belajar Matematika Dasar SMA

Blog Sebagai Tempat Belajar Matematika Dasar SMA - Matematika merupakan salah satu pelajaran yang "ditakuti" oleh banyak siswa. Oleh karena itu, pelajaran matematika sering jadi beban dan banyak siswa yang merasa tersiksa karenanya. Salah satu hal yang membuat pusing siswa adalah menghafal sistem dan tabel perkalian yang dianggap sebagai hal yang tidak menyenangkan. Ditambah lagi dengan suasana kelas yang kurang mendukung untuk siswa belajar dan memahami matematika. Untuk itu perlu dibuatkan sarana lain untuk membantu para siswa untuk belajar matematika lebih menyenangkan dan kekinian.

Kemudian sekarang ini juga muncul banyak keluhan dari para siswa untuk cara mengajar guru-guru yang dianggap kuno. Karena itu, banyak siswa yang justru tidak mengacuhkan kegiatan pembelajaran di kelas yang mereka rasa membosankan.

Mereka malah lebih asyik sendiri dengan memainkan hp, atau malah bercerita dengan temannya, atau malah ada yang tertidur ketika guru mengajar di kelas.

Blog sebagai Media Alternatif

Untuk itu, perlu dibuatkan solusi untuk alternatif pembelajaran siswa yang dapat membuat siswa merasa senang dan tidak bosan untuk mengikuti pembelajaran. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan blog sebagai sarana pembelajaran alternatif, sebagai tempat belajar yang menyenangkan, termasuk untuk belajar matematika dasar SMA.

Perkembangan internet yang cukup pesat, bisa dimanfaatkan sebagai sarana penunjang untuk meningkatkan minat belajar dan prestasi para siswa khususnya dalam belajar matematika.

Blog sebagai Tempat Menyimpan Materi

Sebagai media alternatif, blog atau web pribadi dapat dijadikan sebagai tempat untuk menyimpan materi-materi atau bahan-bahan pengajaran yang dapat diakses dengan mudah oleh seluruh siswa dan tidak terbatas oleh ruang dan waktu.

Di sini guru dapat mengisi blog dengan berbagai informasi yang dibutuhkan siswa yang berkenaan dengan kegiatan pembelajaran. Beberapa materi yang dapat dibuat di blog untuk pelajaran matematika di antaranya kisi-kisi materi belajar matematika dasar sma, kisi-kisi soal ulangan matematika, materi tugas matematika siswa, soal dan pembahasan UTBK SBMPTN, dan lain-lain.

Dengan kata lain, blog atau web pribadi ini bisa kita jadikan sebagai media pembelajaran matematika alternatif yang menyenangkan bagi para siswa, sekaligus meringankan tugas guru tentunya.

Belajar Matematika Menjadi Lebih Menarik

Guru juga dapat mengunggah materi pembelajaran berupa multimedia seperti gambar, animasi, suara, dan video agar menjadi lebih menarik dan tentunya akan lebih mudah untuk dipelajari oleh para siswa.

Bahkan guru dapat menambahkan game secara online untuk menambah ketertarikan siswa dalam mempelajari grafik, menghafal tabel perkalian dan juga pembagian, persamaan pecahan atau mungkin trik menghitung cepat dengan berbagai pola yang berbeda dan lebih menantang.

Dengan begitu, siswa pun bisa mengunduh materi pembelajaran untuk dipelajari secara offline di mana pun dan kapan pun juga tanpa terbatas oleh ruang kelas yang mereka anggap sudah membosankan. Dan tentunya bisa mengisi waktu bermain dengan game-game pembelajaran yang menarik.

Dengan itu pula, belajar matematika tidak lagi monoton dan menakutkan, justru ini akan dapat memotivasi siswa dalam mempelajari sesuatu, khususnya pelajaran matematika.

Berbagi itu peduli:

Comment Policy:

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk komentar out of topics silahkan masuk ke Forum Kompi Ajaib
Buka Komentar
Buka Komentar
Playlist tutorial Blogger
Playlist tutorial AMP HTML
Playlist Serba-serbi
Jangan lupa SUBSCRIBE
Jangan Diklik!

Menarik Untuk Dibaca Juga:


PrivacySitemap
©2021 KOMPI AJAIB