Skip to main content

Apakah Guru Berpotensi Mendapatkan Penghasilan Tambahan Dari Blog?

Apakah Guru Berpotensi Mendapatkan Penghasilan Tambahan Dari Blog? Mungkin itu merupakan salah satu pertanyaan dari banyak guru yang tengah mencari penghasilan tambahan selain pendapatannya dari gaji yang sudah diterimanya.

Guru adalah seseorang yang bekerja sebagai pengajar di suatu instansi serta mendapat penghasilan dari tempatnya bekerja. Dan sama seperti pekerja lainnya, tentunya ada sebagian dari guru yang juga merasa kalau pendapatannya masih kurang untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Karena itu, mereka juga ingin mendapat penghasilan tambahan.

Dan banyak contoh guru-guru yang bisa mendapatkan penghasilan tambahan selain dari bayaran sebagai tenaga pengajar, salah satunya dengan membuat blog.

Guru dan Blog

Sebagai seorang pengajar, tentunya akan lebih menguasai di bidang pendidikan. Untuk itu, sebagai guru akan lebih mudah membuat blog sesuai dengan materi pendidikan yang dikuasainya.

Tentu saja ini sangat berguna dan sangat membantu para siswa untuk belajar.

Dan tentunya konten-konten tersebut tidak hanya untuk siswa-siswa di sekolah tempatnya mengajar, namun juga untuk semua siswa di seluruh Indonesia bahkan di seluruh dunia.

Dengan blog, para siswa tidak terbatas oleh ruang dan waktu dalam belajar, karena blog bisa diakses kapan saja dan di mana saja.

Lalu, dari mana guru bisa mendapatkan penghasilan dari blog?

Sebagai Publisher Iklan

Sebagaimana blogger lainnya, guru yang mengelola blog tentu saja membuat konten atau menulis artikel atau materi sesuai dengan niche blog yang ditargetkannya.

Semakin banyak konten atau artikel yang dibuat, maka semakin banyak juga kemungkinan blognya ditemukan orang lain.

Semakin banyak blognya ditemukan orang, maka semakin banyak peluang untuk mendapatkan uang. Salah satunya bisa mendapatkan uang dari periklanan. Banyak penyedia jasa periklanan yang membayar penerbit iklan, salah satu yang populer adalah Google Adsense.

Ketika blognya memenuhi syarat sebagai penerbit iklan Adsense, maka kita dapat menampilkan iklan Adsense di blog dan akan mendapatkan bayaran ketika blognya dikunjungi dan ketika pengunjung blog mengklik iklannya.

Selain itu, kita juga bisa menyediakan slot-slot iklan banner dan link untuk para advertiser atau pemilik produk untuk mengiklankan produknya di blog kita dengan harga pemasangan iklan yang kita tentukan. Sebagai blog niche pendidikan, tentunya ini akan cocok dengan produk buku, misalnya buku-buku pelajaran, novel, dan lainnya. Jika blognya populer dan banyak pengunjungnya, maka tidak menutup kemungkinan banyak penerbit buku yang tertarik untuk memasang iklan di blognya.

Menjual eBook dan Jasa

Selain menjadi publisher iklan seperti yang kita bahas tadi di atas, guru juga bisa menjual ebook di blognya jika Anda bisa membuat ebook untuk materi-materi pembelajaran misalnya.

Atau bisa juga menawarkan jasa penulis blog, atau bisa juga menawarkan jasa guru private jika memiliki waktu luang, misal untuk membahas materi pelajaran secara privat.

Dan banyak lagi produk-produk pendidikan yang bisa dijual di blog, misalnya perangkat pembelajaran yang dibuat dan dijual dalam bentuk soft file, seperti RPP, silabus dan lain-lain.

Kesimpulan

Dari pembahasan singkat di atas mengenai pertanyaan "Apakah guru berpotensi mendapatkan penghasilan tambahan dari blog?" maka kita mendapat kesimpulan bahwa guru juga dapat menghasilkan uang atau pendapatan tambahan dari blog.

Namun seperti pekerjaan lainnya, mengelola blog juga memerlukan kerja yang konsisten agar blognya bisa populer dan memiliki banyak pengunjung.

Untuk itu, jika guru ingin mengelola blog juga agar bisa mendapat penghasilan tambahan, maka harus pandai juga dalam mengatur waktu agar semua pekerjaan dapat dilakukan dengan baik.


Berbagi itu peduli:

Comment Policy:

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk komentar out of topics silahkan masuk ke Forum Kompi Ajaib
Buka Komentar
Buka Komentar
Playlist tutorial Blogger
Playlist tutorial AMP HTML
Playlist Serba-serbi
Jangan lupa SUBSCRIBE
Jangan Diklik!

Menarik Untuk Dibaca Juga:


PrivacySitemap
©2021 KOMPI AJAIB