Skip to main content

Teknik Menghitung Soal Matematika tanpa Kalkulator

Teknik Menghitung Soal Matematika tanpa Kalkulator - Memecahkan soal eksak diperlukan kemampuan yang baik dalam berhitung sehingga hasilnya akurat sesuai dengan jawaban aslinya, selain itu metode ini juga dapat diajarkan kepada anak-anak yang masih duduk di sekolah dasar sampai ke jenjang lebih tinggi.

Untuk memperoleh jawaban yang akurat, tentu kita memerlukan sebuah alat hitung yang dimiliki. Namun apakah kamu tahu bahwa ternyata ada cara menghitung tanpa menggunakan alat hitung, yaitu menggunakan teknik perhitungan.

Baik, pada postingan ini saya akan sedikit berbagi pengetahuan mengenai teknik menghitung perkalian angka 9 tanpa kalkulator sehingga soal eksak dapat dikerjakan dengan mudah jika kamu menguasai tekniknya.

Anda mungkin akan berpikir tidak mungkin ada soal perkalian hanya to angka sembilan, saya katakan memang kemungkinannya kecil ada perkalian sembilan tapi paling tidak anda menemukan angka sembilan dalam suatu soal eksak, misalkan 75 kali 69.

Nah, dari soal di atas kita melihat terdapat angka sembilan, yang mana angka perkalian tersebut dapat dikerjakan dengan mudah tanpa memerlukan waktu banyak dan hanya dengan menggunakan teknik yang saya tulis pada postingan ini kamu akan menemukan jawabannya.

Selain pembahasan perkalian angka sembilan, saya juga akan membahas sedikit soal eksak lainnya seperti cara penjumlahan angka besar dan juga pengurangan yang pastinya tanpa menggunakan alat hitung atau kalkulator.

Berikut Teknik Menghitung Soal Matematika tanpa Kalkulator

Di bawah ini terdapat beberapa contoh soal sekaligus pembahasan teknik perhitungan mudah dan praktis, silahkan pelajari baik-baik.

1. Menghitung perkalian angka sembilan

Dalam perkalian sembilan, bisa dihapal melalui tabel perkalian tapi apakah kamu tahu bahwa perkalian tersebut bisa diketahui jawabannya tanpa dihapal.

Bagi anda yang akan tahu teknik cara menghitung perkalian sembilan ini tidak perlu merasa sia-sia dulu kamu sampai menghapal tabel matematika. Tapi paling tidak anda bisa mengajarkannya kepada teman dekat anda bahwa ini loh cara lain untuk mencari jawaban perkalian dari sembilan.

Baik, disini saya akan memberikan sebuah contoh 9 x 8 = ...., Jika kamu sebelumnya hapal tabel perkalian matematika tentu kamu tahu jawabannya, yaitu 72. Tapi apa kamu tahu bahwa ada cara teknik lain yang sangat mudah untuk mencari jawaban tersebut.

Kalau saya diminta menjawab dengan ada tulisan perkalian tersebut, maka terlintas didalam pikiran saya bahwa jawabannya 72. Dan jawaban tersebut bukan diperoleh dari tabel matematika yang pernah dihapal. Baiklah sahabat matematika, untuk lebih jelasnya silahkan coba perhatikan gambar berikut di bawah ini.

Perhatikan gambar yang ada di atas, langkah pertama bagi pemula yang harus dilakukan adalah menulis dahulu soal yang ada pada kertas. Setelah itu, perhatikan angka 8 yang dikurangi satu sehingga anda akan memdapatkan jawaban pertama.

Mungkin kamu akan bertanya darimana angka satu yang menjadi pengurang itu? Ini aturan yang mesti anda lakuan sebab pada konsepnya perkalian santuan dengan sembilan ada angka yang tugasnya mengambil, yaitu satu.

Baik, setelah kita tahu jawaban pertamanya, yaitu 7 selanjutnya kita cari jawaban keduanya. Kamu perhatikan angka delapan, kira-kira menurut kamu angka tersebut supaya menjadi sepuluh kurang berapa? Benar sekali, yaitu kurang 2. Nah, nilai itulah jawaban keduanya sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil perkalian 9 dan 8 adalah 72.

Bagaimana kawab? Sangat mudah bukan. Sekarang silakan coba dengan angka lain untuk melatih kepahaman sobat akan teknik yang saya berikan. Jika kamu sudah mahir, tentu kamu akan menjadi The master.

2. Menghitung penjumlahan angka puluhan

Menghitung penjumlahan angka puluhan pada umumnya dikerjakan pada kertas kemudian berjalan dari sebelah kanan ke kiri.

Tapi kalau teknik pengerjaan saya dari kiri ke kanan dan ini sangat mudah untuk dilakukan, coba sekarang perhatikan gambar di bawah ini dengan soal 67 + 86 = ....

Perhatikan gambar di atas, hasil coretan saya di buku. Dari awal saya sudah katakan bahwa saya akan menjumlahkan angka dari kiri ke kanan.

Kita fokus pada angka yang saya warnai, kita tahu bahwa 6 + 8 = 14, sehingga saya tulis 14 dibawah tepat barisan paling depan. Selanjutnya jumlahkan angka yang berwarna hitam dan hasilnya 13, mungkin hal ini akan terlihat aneh karena satunya ditulis kecil.

Jangan khawatir sobat, tulisa kecil itu akan membantu dalam hasil jawaban akhir. dan kita tahu hasil akhirnya adalah 153. Jika kamu bertanya darimana angka lima itu? Lima disana hasil penjumlahan Empat dan Satu angka kecil.

Bagaimana sangat mudah bukan? Silakan kamu coba dengan soal lainnya, bisa sampai ratusan bahkan sampai jutaan.

3. Menghitung pengurangan angka puluhan

Untuk penjelasan pengurangan ini tidak jauh berbeda dengan teknik pada bagian poin kedua, yaitu lakukan pekerjaanmu dari kiri ke kanan sehingga akan memudahkan kamu dalam mengetahui jawabannya.

Sebenarnya masih banyak lagi cara teknik yang saya miliki dan belum dipublikasikan, baru sebagian kecil dan berusaha meluangkan waktu untuk menshare atau berbagi, sehingga yang mempelajari metode perhitungan saya ini dapat bermanfaat bagi semuanya.

Jika anda ingin mempelajari lebih dalam lagi tentang beberapa teknik lainnya, maka tidak ada salahnya untuk membaca artikel postingan lainnya yang baru saya tuangkan di Sains301. Nah, di sanalah di mana saya menuangkan ide-ide pengetahuan yang berguna bagi semuanya.

Postingan ini dikirim oleh:

Saya adalah seorang pakar matematika yang baru terjun di dunia maya, semoga ilmu yang saya bagikan dapat memberikan manfaat banyak.

Berbagi itu peduli:

Comment Policy:

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk komentar out of topics silahkan masuk ke Forum Kompi Ajaib
Buka Komentar
Buka Komentar
Playlist tutorial Blogger
Playlist tutorial AMP HTML
Playlist Serba-serbi
Jangan lupa SUBSCRIBE
Jangan Diklik!

Menarik Untuk Dibaca Juga:


PrivacySitemap
©2021 KOMPI AJAIB