Skip to main content

Fungsi dan Manfaat Struktur Organisasi Bagi Perusahaan yang Perlu Diketahui

Kinerja sebuah perusahaan dapat ditentukan oleh keberadaan struktur organisasi pada perusahaan tersebut. Struktur organisasi perusahaan memiliki peranan penting serta tanggung jawab pada budaya kerja di dalam perusahaan tersebut. Budaya kerja ini tentunya mencakup segi lingkungan kerja, sistem pelaporan, hierarki atau susunan kerja, dan lainnya.

Setiap struktur organisasi perusahaan biasanya mempunyai sistem yang berbeda-beda. Salah satu struktur organisasi perusahaan yang dapat dijadikan contoh adalah Struktur organisasi Mayora. Berikut ini rangkuman dari berbagai sumber tentang fungsi struktur organisasi yang ada di dalam sebuah perusahaan serta manfaatnya yang perlu diketahui.

Struktur Organisasi Perusahaan

Struktur organisasi perusahaan memiliki empat fungsi yaitu di antaranya:

Fungsi Perencanaan

Fungsi yang pertama adalah fungsi perencanaan yang berfungsi sebagai kemampuan untuk mengalokasikan sumber daya yang ada, menetapkan tenggat waktu dan juga melakukan visi jangka pendek maupun visi jangka panjang.

Fungsi Pengorganisasian

Fungsi dari struktur organisasi yang berikutnya adalah fungsi pengorganisasian di mana ketika tiba pada saatnya untuk merealisasikan semua ide ke dalam rencana tindakan dengan memberikan tugas pada orang-orang yang paling sesuai dengan keahliannya untuk melaksanakan tugasnya.

Fungsi Kepemimpinan

Fungsi kepemimpinan ini adalah fungsi untuk memberikan arahan, bantuan, serta dukungan yang tentunya dibutuhkan oleh sebagian besar karyawan, yang tentunya memiliki kecakapan motivasi.

Fungsi Kontrol

Fungsi kontrol ini memastikan bahwa denyut nadi perusahaan tetap berjalan dan dilakukan dengan efisien, cepat, dan efektif.

Manfaat Struktur Organisasi Perusahaan

Memiliki struktur organisasi yang tepat tentunya sangat bermanfaat bagi kemajuan sebuah perusahaan. Struktur organisasi tersebut tentu saja tidak hanya untuk menentukan hierarki perusahaan, namun juga berguna untuk mengatur besaran upah untuk setiap karyawannya sesuai dengan tugas dan posisinya.

Struktur organisasi perusahaan juga berguna untuk membuat operasional perusahaan menjadi lebih efisien dan tentunya menjadi jauh lebih efektif. Dengan memisahkan karyawan sesuai dengan tugas dan fungsinya ke dalam departemen yang berbeda, maka perusahaan akan bisa melakukan operasional yang berbeda-beda secara teratur dan terencana untuk mencapai tujuan.

Selain itu, struktur organisasi perusahaan juga memberitahukan secara jelas pada setiap karyawan tentang tugas dan tanggung jawab masing-masing sesuai dengan posisinya.

Dalam struktur organisasi perusahaan yang terdesentralisasi, setiap karyawan harus memiliki lebih banyak inisiatif serta dapat memberikan pemecahan masalah secara kreatif ke perusahaan.


Berbagi itu peduli:

Comment Policy:

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk komentar out of topics silahkan masuk ke Forum Kompi Ajaib
Buka Komentar
Buka Komentar
Playlist tutorial Blogger
Playlist tutorial AMP HTML
Playlist Serba-serbi
Jangan lupa SUBSCRIBE
Jangan Diklik!

Menarik Untuk Dibaca Juga:


PrivacySitemap
©2021 KOMPI AJAIB