Skip to main content

Begini Adab Yang Benar Dalam Membaca Alquran Digital

Tahukah kamu bahwa Rasulullah pernah bersabda, “Sebaik-baiknya ibadah umatku adalah membaca Al-Qur’an.”? Ini diriwayatkan dalam hadits riwayat al-Baihaqi. Mengenai membaca alquran juga banyak disebutkan dalam alquran itu sendiri, beberapa di antaranya adalah dari ayat-ayat berikut ini :

  • “Orang-orang yang telah kami berikan Al Kitab kepadanya, mereka membacanya dengan bacaan yang sebenarnya, mereka itu beriman kepadanya, dan barangsiapa yang ingkar kepadanya, maka mereka itulah orang-orang yang rugi.” (QS. Al-Baqarah : 212)
  • “Bacalah apa yang telah diwahyukan kepadamu, yaitu Al Kitab dan dirikanlah shalat. Sesungguhnya shalat itu mencegah dari keji dan mungkar. Dan sungguh mengingat Allah lebih besar. Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (QS. Al-Ankabut : 45)

Di zaman yang makin canggih seperti sekarang ini, alquran juga hadir dalam bentuk digital. Hadirnya alquran digital ini tentu mempermudah umat Islam dalam beribadah tanpa harus khawatir tempat atau waktu. Tapi mungkin kamu jadi bertanya-tanya, apakah adab membaca alquran digital sama dengan membaca kitab suci fisik pada umumnya?

Untuk menjawab pertanyaanmu, ustaz Rakhmad Zailani Kiki selaku kepala Lembaga Peradaban Luhur (LPL) pada Republika menyebutkan bahwa sebenarnya adabnya sama saja. Apa saja adab dalam membaca alquran?

  1. Membaca dengan tajwid. Dalam kitab Iqdul Juman dijelaskan bahwa alquran baik mushaf atau digital wajib dibaca dengan tajwid. Dan apabila seseorang membaca alquran tanpa tajwid maka dikhawatirkan menjadi fasik. Fasik adalah mereka yang keluar dari ketaatan Allah dan rasul-Nya.
  2. Bersungguh-sungguh dan disunnahkan untuk membaca alquran dalam keadaan berwudhu. Menghadap kiblat, serta menundukkan kepala. Ini dimaksudkan sebagai tanda penghormatan kepadaNya. Selain itu, sebaiknya tidak dilakukan ketika duduk bersandar atau duduk dengan posisi seperti orang takabur.
  3. Rendah diri dan lemah lembut. Yang dimaksudkan di sini adalah membaca alquran sebaiknya tidak dengan perilaku berangasan atau merasa lebih baik dari orang lain. Selain itu, dianjurkan untuk membaca dengan suara yang lembut dan tidak berlebihan.
  4. Dilakukan dengan sedih hati. Ternyata, meski tak mengetahui arti dari surat-surat alquran yang dibaca, seorang muslim dianjurkan untuk membaca dan mendengarkan alquran dengan sedih hati. Tujuannya adalah untuk menghayati serta memahami isi dari alquran tersebut.
  5. Dengan hati yang ikhlas. Tahukah kamu bahwa ada banyak sekali tujuan dan keutamaan melakukan hal-hal dengan ikhlas? Salah satunya adalah membuat amal ibadah yang dilakukan diterima oleh Allah SWT. Sebab itulah, membaca alquran itu sebaiknya dilakukan dengan hati ikhlas.
  6. Diwajibkan mengamalkan amalan ibadah yang ada di dalam alquran. Ada banyak sekali amalan atau ibadah yang disebut dalam alquran seperti sholat, puasa dan lainnya. Jika kamu membaca alquran dengan sungguh-sungguh, harapannya kamu jadi makin terpacu untuk melakukan amal ibadah lainnya yang disebutkan dalam kitab suci.
  7. Membaguskan suara atau membaca dengan langgam atau gaya. Hal ini merupakan sunnah dalam membaca alquran. Namun perlu diperhatikan, meski dengan langgam sebaiknya tidak menggunakan musik atau lagu seperti dangdut. Pilih musik atau lagu yang sesuai dan sopan.
  8. Berdoa yang sesuai dengan isi dari surat yang dibaca. Misalnya, kamu membaca ayat tentang siksa neraka, maka dianjurkan untuk memanjatkan doa agar dijauhkan dari siksa neraka. Begitu pula jika ayat tentang rahmat, maka dianjurkan untuk memanjatkan doa memohon rahmat dari Allah.
  9. Apabila dibaca Innallah wa malaikatahu hingga akhirnya, disunahkan untuk membaca shalawat kepada Nabi Muhammad SAW.
  10. Membaca dengan perlahan-lahan. Membaca alquran digital sunnah hukumnya untuk dilakukan secara perlahan. Tidak perlu terburu-buru.
  11. Membaca takbir di setiap akhir surat. Mulai dari surat ad-Dhuha hingga akhir surat alquran, sunnah hukumnya untuk membaca Allahu akbar di tiap akhir surat.
  12. Melakukan sujud tilawah. Sesudah membaca atau mendengarkan ayat alquran, sunnah hukumnya untuk melakukan sujud tilawah. Atau bisa juga mendengarkan ayat yang berhubungan dengan sunnah sujud.

Memang benar jika membaca alquran digital membuat seseorang bisa melakukan ibadah ini di mana dan kapan saja. Namun ada poin yang perlu diperhatikan seperti gadget atau gawai itu sendiri. Sebaiknya, dengan ada aplikasi alquran digital seperti MAQMUR di ponsel, kamu jadi lebih hati-hati dalam menyimpan file atau aplikasi lain yang pantas.


Berbagi itu peduli:

Comment Policy:

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk komentar out of topics silahkan masuk ke Forum Kompi Ajaib
Buka Komentar
Buka Komentar
Playlist tutorial Blogger
Playlist tutorial AMP HTML
Playlist Serba-serbi
Jangan lupa SUBSCRIBE
Jangan Diklik!

Menarik Untuk Dibaca Juga:


PrivacySitemap
©2021 KOMPI AJAIB