Skip to main content

Cara Menggunakan Google dan CloudFlare Public DNS Pada Windows

Cara Menggunakan Google dan CloudFlare Public DNS Pada Windows - Sebenarnya saya sudah pernah membagikan postingan tentang Public DNS yaitu PureDNS. Dan kali ini saya akan share cara menggunakan Google dan CloudFlare Public DNS pada Windows.

Apa itu DNS dan mengapa penting?

Domain Name System (DNS) merupakan komponen dasar komunikasi Internet. Ketika seseorang mengunjungi sebuah website, maka komputer yang digunakan akan melakukan pencarian DNS untuk menerjemahkan alamat agar dapat dibaca manusia dan dapat diakses melalui jaringan.

Mungkin kalau diartikan secara sederhana agar mudah dimengerti yaitu DNS bisa diartikan seperti halnya sebuah buku telepon untuk internet.

Apa itu public DNS?

Public DNS merupakan layanan DNS yang dapat digunakan oleh semua orang untuk mengganti DNS bawaan dari Internet Service Protocol (ISP) sehingga penjelajahan internet menjadi lebih cepat dan aman.

Ada beberapa penyedia layanan Public DNS ini, di antaranya PureDNS yang sudah saya bahas di postingan sebelumnya, lalu ada Google dan CloudFlare yang juga umum digunakan.

Untuk menggunakan Public DNS pada Windows khususnya, ternyata tidak bisa dilakukan langsung pada Network Connections, tetapi bisa dengan bantuan sebuah aplikasi yaitu YogaDNS.

Dengan YogaDNS, kita dapat mengolektif beberapa public DNS di satu tempat dan dapat memilih public DNS mana yang akan digunakan. Jadi kita bisa dengan mudah mengalihkan penggunaan public DNS satu ke yang lainnya.

Aplikasi YogaDNS ini dapat digunakan untuk Windows 7, 8, 8.1, 10, Windows Server 2012, 2016, 2019 untuk 32-bit dan 64-bit. Silahkan unduh YogaDNS kemudian install sampai selesai.

Google Public DNS:

8.8.8.8
8.8.4.4

CloudFlare Public DNS:

1.1.1.1
1.0.0.1

Silahkan jalankan aplikasi YogaDNS, lalu klik pada DNS Servers dan klik Add lalu isikan Public DNS dari Google dan ClodFlare di atas seperti pada gambar berikut.

  1. Silahkan kasih nama, misal: Google
  2. Type: DNS over HTTPS
  3. IP address and optional port: 8.8.8.8
  4. Centang DNSSEC Supported
  5. Lalu masukan URL: https://dns.google/dns-query

Dan lakukan hal yang sama untuk IP 8.8.4.4 dengan nama Google 2

Begitu juga buat DNS server untuk CloudFlare 1.1.1.1 dan CloudFare 2 dengan IP 1.0.0.1 dengan URL untuk DNS over HTTPS options-nya https://cloudflare-dns.com/dns-query

Setelah selesai membuat 4 buah DNS server, silahkan klik lagi DNS server lalu klik tombol Server Pool untuk kolom di bawahnya lalu Create dengan nama Google dan drag kedua DNS Servers Google dan Google 2 yang kita buat tadi dan masukan ke Pool Google yang kita buat. Buat juga Pool untuk CloudFlare.

Pool ini dibuat agar nantinya DNS Servers nya dapat digunakan secara random dengan mudah.

Kemudian klik Rules lalu klik tombol Add.

  1. Kasih nama: Google
  2. Untuk Hostname cukup dikasih *
  3. Dan pilih Proses untuk Action.
  4. Lalu untuk DNS Server pilih Pool Google yang tadi sebelumnya kita buat.

Buat juga Rules untuk CloudFlare.

Selesai.

Untuk menggunakannya, silahkan pilih Rules dengan centang Google atau Cloudflare. Jika pilih Google maka yang digunakan tentunya Google Public DNS 8.8.8.8 dan 8.8.4.4 secara random. Begitupun jika centang CloudFlare berarti menggunakan CloudFlare Public DNS 1.1.1.1 dan 1.0.0.1 secara random.

Sekarang silahkan coba test di DNS Leak, nanti di situ akan tertera ISP yang tengah digunakan Google atau CloudFlare.

Oh iya, dengan menggunakan Public DNS ini, kita dapat membuka web yang diblock seperti reddit.com dan vimeo.com

Semoga bermanfaat.

Berbagi itu peduli:

Comment Policy:

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk komentar out of topics silahkan masuk ke Forum Kompi Ajaib
Buka Komentar
Buka Komentar
Playlist tutorial Blogger
Playlist tutorial AMP HTML
Playlist Serba-serbi
Jangan lupa SUBSCRIBE
Jangan Diklik!

Menarik Untuk Dibaca Juga:


PrivacySitemap
©2021 KOMPI AJAIB