Skip to main content

Akses Internet Yang Lebih Pribadi Dengan PureDNS

Akses Internet Yang Lebih Pribadi Dengan PureDNS - Ini adalah salah satu layanan gratis dari developer yang sama dengan Statically, yaitu mas Frans Allen. Adalah PureDNS, sebuah layanan DNS rekursif gratis untuk menggantikan pengaturan DNS penyedia layanan Internet pengguna dengan mengarahkan semua lalulintas melalui PureDNS, bukan melalui sistem DNS ISP.

Mengapa PureDNS? Ini adalah pertanyaan yang menarik, selama ini kita tidak menyukai situasi internet di Indonesia saat ini, terutama dalam hal keamanan. Yang terjadi saat ini adalah ISP mencegat akses DNS default dan menyuntikkan koneksi HTTP dengan iklan yang cukup mengganggu.

Karena itu PureDNS dibuat sebagai alat yang berguna untuk kondisi internet saat ini yang dapat digunakan oleh semua orang secara gratis untuk membantu mempercepat dan membuat akses internet menjadi lebih aman.

Ketika Anda terhubung ke PureDNS, maka komputer Anda akan meminta untuk menyelesaikan domain seperti example.com, dan kemudian PureDNS akan berfungsi dan hasilnya akan dikirim kembali kepada Anda dengan hanya memakan waktu 10-30ms, dan yang menariknya PureDNS tidak mencatat alamat IP atau situs web yang Anda kunjungi.

Dengan menggunakan server DNS dari PureDNS ini, maka Anda tidak perlu lagi mempertanyakan motif ISP Anda, dan koneksi Anda ke Internet tidak lagi disensor oleh server DNS ISP Anda.

Cara menggunakan PureDNS ini cukup mudah, ikuti langkah-langkahnya berikut ini.

  • Klik kanan pada Network Connections di panel ikon kanan bawah, lalu pilih "Open Network and Sharing Center".
  • Jendela baru akan muncul. Klik menu "Change adaptor setting" di sidebar kiri.
  • Kemudian klik kanan pada koneksi yang terhubung lalu pilih Properti.
  • Pilih Internet Protocol Version 4, lalu klik Properties lagi.
  • Klik Use The Following DNS Server Addresses dan ketik IP 117.53.44.238 di Preferred DNS server. Dan menggunakan 117.53.46.10 untuk Alternate DNS server.
  • Klik Oke, lalu klik Tutup, dan lagi Tutup.
  • Bersihkan cache DNS Anda. Klik di Start Menu kiri bawah lalu masukan cmd di kolom pencarian. Klik pada cmd pilih Run as Administrator. Setelah command prompt muncul, masukan ipconfig /flushdns lalu enter.
  • Uji pengaturan baru DNS dengan menjelajahi situs web apa pun melalui browser. Jika bisa masuk berarti kita sukses menggunakan server DNS publik gratis dari PureDNS.

Cara menggunakan PureDNS pada Android sebagai berikut:

Aplikasi resmi akan segera hadir. Saat ini Anda dapat menggunakan solusi di bawah ini untuk menggunakan PureDNS di Android untuk sementara.

Dalam skenario ini kita akan menggunakan aplikasi Intra dengan PureDNS sebagai server DNS khusus.

  • Unduh aplikasi Intra. Pastikan Anda mempercayai aplikasi ini, pelajari lebih lanjut tentang aplikasi Intra.
  • Buka aplikasi Intra, klik Menu, buka Pengaturan.
  • Tetapkan URL server khusus dengan https://puredns.org/dns-query.
  • Kembali ke dasbor Intra dan aktifkan.

Dan selanjutnya semua pencarian DNS yang dikirim oleh Android semua akan dilayani oleh Intra dengan PureDNS sebagai server DNS.

UPDATE:

Ternyata dengan penggantian DNS via Network Connections langsung dengan IP address DNS Resolver seperti cara di atas tidak jalan. Khususnya pengguna OS Windows, kita harus menggunakan bantuan aplikasi. Di sini kita bisa menggunakan aplikasi YogaDNS untuk Windows 7, 8, 8.1, 10, Windows Server 2012, 2016, 2019 untuk 32-bit dan 64-bit.

Silahkan unduh YogaDNS kemudian install sampai selesai.

Kemudian silahkan jalankan aplikasi YogaDNS, klik pada DNS Servers dan klik Add lalu isi seperti pada gambar berikut.

DNS1: 117.53.44.238
DNS2: 117.53.46.10

URL:


https://puredns.org/dns-query

Lakukan hal yang sama untuk DNS yang kedua, dengan Nama yang berbeda. Setelah selesai silahkan klik tombol Server Pool lalu Create dan drag kedua DNS Servers yang kita buat tadi dan masukan ke Pool yang kita buat. Ini dibuat agar nantinya DNS Servers nya digunakan secara random.

Kemudian klik Rules lalu klik Add lalu buat seperti gambar. Untuk Hostname cukup dikasih * dan pilih Proses untuk Action. Lalu untuk DNS Server pilih Pool yang tadi sebelumnya kita buat.

Selesai, sekarang silahkan test di DNS Leak, jika hasilnya sudah seperti gambar berarti kita sudah menggunakan PureDNS.

Sekarang coba untuk mengakses reddit.com, harusnya sekarang sudah bisa tanpa harus menggunakan VPN. Trik ini berlaku juga untuk DNS Google, Cloudflare, atau Namecheap. Untuk pengguna OS lainnya silahkan cek list aplikasinya di https://dnscrypt.info/implementations/

Jika Anda ingin memblock welcome page dan iklan yang disisipkan oleh provider Internet atau sebagai AdBlocker, Anda bisa menggunakan Filter PureDNS. Silahkan ganti URL pada DNS Over HTTPS dengan mengedit DNS Server dengan URL berikut pada kotak di gambar di bawah ini.


https://puredns.org/doh/filter:ad+tracker

Untuk selengkapnya bisa Anda pelajari di puredns.org

Semoga bermanfaat.


Berbagi itu peduli:

You Might Also Like:

Comment Policy:

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk komentar out of topics silahkan masuk ke Forum Kompi Ajaib
Buka Komentar
Buka Komentar


PrivacySitemap
©2020 KOMPI AJAIB