Skip to main content

Aktifkan Fitur AMP Real URL dari CloudFlare Untuk Blog AMP HTML

Aktifkan Fitur AMP Real URL dari CloudFlare Untuk Blog AMP HTML - Salah satu masalah AMP HTML yang sampai saat ini masih jadi perbincangan yaitu URL dari halaman hasil pencarian Google.

Seperti kita ketahui bahwa ketika pengunjung datang dari halaman pencarian Google menuju blog AMP HTML, maka URL-nya akan seperti berikut:

google.com/amp/s/www.domainanda.com

Hal tersebut karena Google bertujuan menggunakan cache Google untuk blog AMP sehingga blog dapat dibuka secara instant tanpa harus memuatnya terlebih dahulu.

Sebenarnya Google sendiri sebagai penggagas AMP menyadari bahwa hal tersebut tidak ideal dan dapat membingungkan pengguna, maka mereka berusaha untuk memperbaikinya. Google berupaya agar URL AMP dari halaman hasil pencarian dapat disajikan sesuai dengan URL aslinya. Namun tampaknya sampai saat ini Google belum menemukan cara yang tepat untuk memperbaiki hal ini.

Untuk itu, CloudFlare berinisiatif memberikan solusi teknis untuk masalah ini yang memungkinkan halaman AMP disajikan dari cache namun tetap menggunakan URL halaman aslinya.

Adalah AMP Real URL yang merupakan sebuah fitur dari CloudFlare yang memungkinkan halaman AMP disajikan dari Google cache namun tetap mempertahankan URL halaman asli.

Dan saya sudah mencoba mengaktifkan fitur AMP Real URL pada salah satu blog AMP saya dan berhasil. Untuk membuktikannya, silahkan coba Anda cari "Blog Gue" di pencarian Google dengan menggunakan Google Chrome dengan smartphone Anda. Maka ketika masuk ke blog akan menggunakan URL https://www.bloggue.web.id/?amp=1&m=1 tidak lagi menggunakan URL https://www.google.com/amp/s/www.bloggue.web.id/%3famp=1

Nah, jika Anda ingin mencobanya, hal pertama yang harus dilakukan adalah menghubungkan domain blognya dengan CloudFlare. Jika blog Anda belum terhubung dengan CloudFlare, silahkan ikuti postingan Tingkatkan Performa Blog Dengan DNS Cloudflare ini, dan yang harus diperhatikan yaitu biarkan awan proxy tetap menyala untuk CNAME www, yang lainnya menggunakan awan abu-abu atau DNS only.

Kemudian untuk SSL/TLS silahkan pilih Full (strict) agar blog tidak error, dan untuk Firewall pastikan tidak ada Firewall Rules yang aktif.

Kemudian pada bagian Speed silahkan pilih Optimization lalu scroll ke bawah dan aktifkan AMP Real URL seperti pada gambar berikut.

Fitur ini akan aktif maksimal dalam satu minggu, dan saat saya coba bisa aktif setelah 5 hari. Jadi tiap orang bisa berbeda-beda.

Namun saat ini fitur AMP Real URL ini hanya berlaku pada browser Chrome saja.

Dan yang cocok menggunakan ini adalah blog AMP HTML dengan URL terpisah seperti AMP dengan parameter ?amp=1

Jika diaktifkan pada blog AMP FULL seperti blog Kompi Ajaib ini, maka ketika blog diakses di desktop maka URL nya akan menggunakan URL mobile ?m=1

Yang menariknya, jika blog AMP Anda sudah menggunakan PWA untuk AMP dan sudah diinstall pengguna, maka dari pencarian Google akan langsung terbuka melalui PWA.

Berbagi itu peduli:

Comment Policy:

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk komentar out of topics silahkan masuk ke Forum Kompi Ajaib
Buka Komentar
Buka Komentar
Playlist tutorial Blogger
Playlist tutorial AMP HTML
Playlist Serba-serbi
Jangan lupa SUBSCRIBE
Jangan Diklik!

Menarik Untuk Dibaca Juga:


PrivacySitemap
©2021 KOMPI AJAIB