Skip to main content

Tips Membeli Laptop Baru Dengan Budget Terbatas

Tips Membeli Laptop Baru Dengan Budget Terbatas - Kalian ingin membeli laptop baru tapi bingung menentukan pilihan karena variasi produknya terlalu banyak? Atau harganya yang enggak masuk anggaran? Itulah sebagian hal yang sering dikeluhkan oleh banyak calon pembeli laptop.

Bagi kebanyakan orang, membeli laptop baru rasanya seperti membeli mobil baru. Meski harganya tidak terlalu tinggi, namun tetap bikin pusing. Belum lagi jika budget yang tersedia untuk membeli laptop baru tidak begitu banyak. Oleh karena itu, sebaiknya kalian mencoba memaksimal produk laptop impian sesuai dengan biaya yang akan dikeluarkan.

Berikut ini ada beberapa tips sederhana membeli laptop baru dengan budget terbatas untuk kalian.

Tips Membeli Laptop Baru

Lakukan riset secara mendalam

Sama seperti mobil, laptop juga punya spesifikasi teknis yang beragam. Belum lagi, komponen hardware dan software yang juga bermacam-macam. Bagi pengguna awam, hal ini tentu akan sangat meyulitkan saat memilih produk laptop yang tepat.

Di sini sebaiknya kalian melakukan riset sebelum memutuskan produk laptop yang akan dibeli. Yang paling utama yaitu menentukan budget dan kebutuhan penggunaan laptop. Pastikan produk laptop kalian sesuai dengan kebutuhan dan anggaran yang tersedia. Kalian akan sangat beruntung jika mendapatkan laptop berkualitas tinggi namun harganya tidak terlalu mahal.

Riset dapat dilakukan dengan berbagai cara. Misalnya, membaca deskripsi atau spesifikasi produk laptop, memahami review produk, bergabung dengan grup atau komunitas, atau yang paling mudah yaitu berkonsultasi dengan orang yang ahli di bidang ini.

Pilih laptop dengan teknologi lama

Kita semua tahu jika teknologi komputer berkembang cukup cepat. Hampir setiap hari, produk laptop dengan teknologi terbaru juga selalu muncul di pasaran. Terkadang, produk laptop terbaru ini biasanya dibanderol dengan harga yang cukup mahal.

Adanya laptop generasi baru tentu bertujuan untuk menggantikan laptop generasi lama. Namun, bukan berarti laptop baru dengan teknologi lama akan hilang. Justru produk laptop tersebut seringkali dijual dengan harga yang jauh lebih terjangkau. Bahkan, ada pula laptop generasi lama yang punya spesifikasi setara dengan laptop generasi baru.

Kalau ingin mendapatkan laptop baru dengan harga yang lebih ramah di kantong, kalian dapat memilih produk laptop baru yang masih menggunakan teknologi lama. Banyak pembeli tidak menyadari bahwa mereka sebetulnya tidak terlalu membutuhkan teknologi terbaru. Untuk jangka waktu sekitar 3-5 tahun, laptop dengan teknologi lama juga masih sanggup untuk digunakan bekerja sehari-hari.

Cari toko dengan penawaran menarik

Seperti halnya toko-toko lainnya, toko komputer/laptop kadang menarik calon pembeli dengan memberikan penawaran khusus. Misalnya memberikan potongan harga (diskon) atau membagikan paket dan bonus tertentu. Tentu saja ada syarat dan ketentuan yang mesti kalian penuhi untuk mendapat penawaran tersebut.

Kalian dapat memanfaatkan penawaran tersebut agar mendapatkan laptop incaran dengan biaya yang sedikit lebih murah. Memang, potongan harga hanya diberikan pada waktu-waktu tertentu saja. Di sini, riset pasar juga sangat penting dilakukan. Kalian dapat memantau harga produk laptop baru dan menyesuaikannya dengan budget yang ada.

Selain memantau harga, kalian juga bisa mencari toko laptop yang mungkin direkomendasikan oleh banyak orang. Jika membeli laptop pada toko "terpercaya", kalian mungkin akan mendapatkan layanan yang lebih nyaman atau bonus yang cukup bermanfaat. Contohnya pemasangan pelindung layar dan keyboard, paket USB mouse, atau bonus pendingin laptop secara cuma-cuma.

Manfaatkan "ekstra" produk atau product bundling

Saat ini, banyak produk laptop dipasarkan sepaket dengan software premium. Misalnya, sistem operasi Microsoft Windows 10 atau paket aplikasi Microsoft Office. Kita tahu jika kedua software tersebut paling banyak dipakai dan "wajib" terinstal pada komputer desktop atau laptop.

Dengan bundling produk laptop dan paket software premium, harga jualnya tentu jadi lebih mahal. Namun, sebenaranya hal ini cukup bermanfaat bagi kalian yang ingin menghemat uang. Apalagi jika OS Windows atau Office yang terpasang sudah berlisensi (OEM).

Kalian tak perlu lagi mengeluarkan biaya tambahan untuk membeli software tersebut secara mandiri. Kalian hanya membutuhkan internet untuk mengaktifkan lisensinya. Bahkan, ada juga toko atau vendor laptop yang memberikan paket aplikasi tambahan lain secara gratis, misalnya antivirus dan games.

Beberapa toko atau vendor juga menjual produk laptop yang "kosong" tanpa software apapun. Hal ini bertujuan untuk lebih menekan harga. Namun, jika memutuskan untuk memasang aplikasi premium seperti OS Windows atau aplikasi Microsoft Office secara terpisah, biaya yang harus dikeluarkan justru akan lebih tinggi. Bagi banyak orang, lisensi ritel OS Windows dan aplikasi Microsoft Office dirasa masih cukup mahal.

Kecuali, jika kalian memutuskan untuk memasang aplikasi dengan lisensi bebas seperti platform Linux.

Semoga tips ini bermanfaat buat kalian dan selamat berburu laptop impian..!

Postingan ini dikirim oleh:

Blog membahas tentang teknologi informasi, gadget, komputer/PC, hardware, software, serta tips dan trik.

Berbagi itu peduli:

Comment Policy:

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk komentar out of topics silahkan masuk ke Forum Kompi Ajaib
Buka Komentar
Buka Komentar
Playlist tutorial Blogger
Playlist tutorial AMP HTML
Playlist Serba-serbi
Jangan lupa SUBSCRIBE
Jangan Diklik!

Menarik Untuk Dibaca Juga:


PrivacySitemap
©2021 KOMPI AJAIB