Skip to main content

Perbedaan Agensi Branding dengan Biro Iklan yang Perlu Diketahui

Perbedaan Agensi Branding dengan Biro Iklan yang Perlu Diketahui - Umumnya ada kesalahpahaman di tengah-tengah masyarakat mengenai hubungan antara dua lembaga, agensi branding atau branding agency (bahasa Inggris) dengan biro iklan. Banyak yang mengira bahwa agensi branding dan agensi periklanan dipandang memiliki kesamaan sebagai yang dipertukarkan badan. Namun hal ini tentunya tidak tepat dan perlu adanya penjelasan, karena meskipun mereka (agency branding dan agensi iklan) seperti yang tumpang tindih dalam beberapa hal, namun kenyataannya mereka memiliki ruang lingkup dan fokus yang berbeda.

Perbedaan Branding dengan Iklan

Secara sederhana, branding adalah strategis sementara iklan merupakan sebuah taktis. Jadi, pada dasarnya perbedaan di antara keduanya adalah antara strategi (branding) dan taktik (iklan). Di dalamnya terdapat merek yang memiliki peran integral dalam sebuah perusahaan sebagai strategi bisnis. Dan sekarang ini pada kenyataannya bahwa istilah "perusahaan" dan "merek" sering dipergunakan secara sinonim untuk kepentingan satu sama lainnya.

Agensi iklan memiliki fokus pada serangkaian kegiatan secara taktis dalam upaya untuk mendapatkan konsumen. Sementara agency branding memiliki fokus untuk membangun strategi dalam upaya untuk mendapatkan sebanyak-banyaknya konsumen dan mempertahankannya.

Peranan iklan ini lebih difokuskan pada upaya perusahaan dalam proses menjangkau pasar serta berkomunikasi dengan pelanggan yang ada dan berpotensial menjadi konsumen setia. Sementara branding agency memiliki peranan lebih dari sekedar menjangkau pasar dan konsumen, lembaga ini akan memastikan bahwa sumbar dana dan sumber daya yang dialokasikan akan benar-benar digunakan untuk menjalankan strategi yang sesuai agar mencapai pasar yang sesuai.

Peranan Branding Agency untuk Bisnis Anda

Branding agency ini tentunya akan dibutuhkan dengan peranannya untuk melakukan branding untuk merek produk ataupun jasa dari perusahaan Anda.

Percaya atau tidak, bahwa semua bisnis tentunya memerlukan branding, baik untuk usaha kecil ataupun perusahaan besar, baik usaha yang baru dimulai ataupun perusahaan yang telah bertahun-tahun dijalankan.

Branding agency akan membantu perusahaan dalam membangun salah satu aset yang paling penting yang harus dimiliki, yaitu reputasi. Karena sekarang ini semua konsumen akan cenderung memilih produk dari perusahaan-perusahaan yang memiliki reputasi baik.

Selain membangun reputasi yang baik, lembaga ini juga membantu menciptakan branding perusahaan Anda berbeda dari pesaing. Sekarang ini, persaingan di pasar tentunya sangat ketat dan tentu saja bukan tidak mungkin jika banyak pesaing dengan produk dan layanan yang serupa dengan perusahaan Anda. Jika perusahaan Anda ingin jadi pemenang pasar, maka harus tampil berbeda agar mudah mendapatkan perhatian pelanggan.

Selanjutnya, dengan adanya strategi merek maka hal ini tentunya akan memperjelas visi dan misi dari bisnis Anda itu sendiri, sehingga dapat membantu Anda untuk lebih fokus menjalankan bisnis. Karena sebenarnya jika sebuah bisnis tidak memiliki visi dan misi yang jelas, maka bisnisnya akan cenderung stagnan bahkan cenderung menurun karena mereka tidak tahu arah mana yang menjadi target mereka.


Berbagi itu peduli:

Comment Policy:

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk komentar out of topics silahkan masuk ke Forum Kompi Ajaib
Buka Komentar
Buka Komentar
Playlist tutorial Blogger
Playlist tutorial AMP HTML
Playlist Serba-serbi
Jangan lupa SUBSCRIBE
Jangan Diklik!

Menarik Untuk Dibaca Juga:


PrivacySitemap
©2021 KOMPI AJAIB