Skip to main content

Cara Mudah Screenshot Full Halaman Tanpa Aplikasi

Cara Mudah Screenshot Full Halaman Tanpa Aplikasi - Ada kalanya kita memerlukan screenshot atau tangkapan layar dari sebuah halaman website untuk berbagai keperluan. Jika tangkapan layarnya hanya sebatas tampilan layar, itu sudah biasa dan bisa dilakukan dengan hanya pijit tombol Print Screen di keyboard.

Namun, bagaimana jika kita ingin tangkapan layar penuh dari sebuah halaman website tanpa aplikasi?

Nah, untuk itu kini saya bagikan cara screenshot full halaman website tanpa menggunakan aplikasi. Caranya cukup mudah, tetapi mungkin belum banyak orang yang mengetahuinya.

Untuk mengambil tangkapan layar penuh dari sebuah halaman website tanpa aplikasi ini, kita hanya melakukan "inspect element" dengan browser Chrome. Jika ingin mencobanya, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini.

Silahkan buka halaman website yang dimaksud dengan browser Chrome, lalu pastikan semua element website tersebut sudah termuat semua. Kemudian silahkan klik kanan di halaman tersebut lalu pilih "Inspect".

Setelah kotak inspect atau developer tools muncul di bagian bawah browser, silahkan klik atau aktifkan ikon ponsel di pojok kiri atas kotak tersebut menjadi berwarna biru.

Kemudian di bilah atas halaman, pilih option "Responsive" lalu sesuaikan ukurannya dengan resolusi layar komputer Anda dengan klik kotak-kotak di bagian bawahnya.

Klik gambar untuk memperbesar.

Setelah sesuai, silahkan klik ikon 3 titik di pojok kanan atas lalu pilih option "Capture full size screenshot".

Klik gambar untuk memperbesar.

Selanjutnya silahkan tunggu proses tangkapan layarnya. Setelah proses tangkapan layarnya selesai, maka kita tinggal simpan file gambarnya di komputer kita.

Selesai, mudah bukan? Dengan cara ini kita tidak memerlukan aplikasi ataupun ekstensi Google Chrome yang biasa digunakan untuk melakukan screenshot.

Selamat mencoba, mudah-mudahan berguna.

Berbagi itu peduli:

Comment Policy:

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk komentar out of topics silahkan masuk ke Forum Kompi Ajaib
Buka Komentar
Buka Komentar
Jangan Diklik!

Menarik Untuk Dibaca Juga:


PrivacySitemap
©2021 KOMPI AJAIB