Skip to main content

Cara Menambahkan Channel Youtube ke Google News

Cara Menambahkan Channel Youtube ke Google News - Selain menambahkan blog ke Google News, kita juga bisa menambahkan channel Youtube, sehingga video-video di channel kita bisa langsung ditonton melalui aplikasi Google News.

Hal ini sangat berguna untuk perkembangan channel Youtube jika kita memiliki channel Youtube yang se-niche dengan blog kita atau video-videonya merupakan bagian dari blog kita.

Untuk menambahkan channel Youtube ke Google News, tentunya kita harus menambahkan dulu blognya. Jika belum menambahkan blognya ke Google News, silahkan ikuti caranya ini untuk menambahkan blog ke Google News.

Setelah berhasil menambahkan blog ke Google News, silahkan ikuti langkah-langkah berikut untuk menambahkan channel Youtube ke Google News.

Klik gambar untuk memperbesar.

Gambar di atas adalah contoh penampakan channel Youtube yang sudah ditambahkan ke Google News.

Di sini kita bisa menambahkan 2 jenis URL, yaitu menambahkan URL channel Youtube dan URL playlist.

Jika kita menambahkan URL channel Youtube, maka Google News akan menampilkan video upload terbaru. Dan jika kita menambahkan URL playlist, maka Google News akan menampilkan video-video dari playlist tersebut.

Untuk mulai menambahkannya, silahkan edit bagian "Content" dari blog Anda di Publishercenter Google News. Kemudian silahkan tambahkan "Section baru" dan pilih "Video".

Isikan URL channel atau playlist di bagian "Youtube channel or playlist URL (required)", seperti berikut.

URL channel:

http://www.youtube.com/channel/ID-CHANNEL

Contoh:

http://www.youtube.com/channel/UCpUPmNF51X-8jfMfSxCiLVA

 

URL playlist:

http://www.youtube.com/playlist?list=ID-PLAYLIST

Contoh:

http://www.youtube.com/playlist?list=PLXkJdoU2VsqkttzvHdQIY-a9waGGJ4xGz

Klik gambar untuk memperbesar.

Kemudian silahkan simpan perubahannya dan cek penampakannya di Preview di bagian Review & Publish.

Tips: Jika video Youtube belum tampil di Preview, silahkan masuk lagi ke bagian Content, silahkan refresh feed blog yang sebelumnya sudah ditambahkan lalu reload halaman tersebut. Kemudian cek lagi untuk Preview-nya atau cek langsung di halaman Google News.

Sebagai contoh, silahkan cek Kompi Ajaib di Google News di tab Video Tutorial (playlist) dan tab Video for You (channel).

Berbagi itu peduli:

Comment Policy:

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk komentar out of topics silahkan masuk ke Forum Kompi Ajaib
Buka Komentar
Buka Komentar
Playlist tutorial Blogger
Playlist tutorial AMP HTML
Playlist Serba-serbi
Jangan lupa SUBSCRIBE
Jangan Diklik!

Menarik Untuk Dibaca Juga:


PrivacySitemap
©2021 KOMPI AJAIB