Skip to main content

Cara Mendaftarkan Blogger Ke Google News

Cara Mendaftarkan Blogger Ke Google News - Dengan mendaftarkan blog kita ke Google News, maka blog kita akan mendapatkan peluang mendapatkan traffic tambahan selain dari Google Search.

Google News sendiri secara sederhana adalah aplikasi agregator berita yang tentunya dikembangkan oleh Google untuk menampilkan artikel dari ribuan penerbit dan majalah, khususnya artikel-artikel berita.

Namun tentunya tidak hanya artikel-artikel berita saja yang ditampilkan di Google News. Dan tidak harus berupa situs berita atau majalah saja, blog-blog pribadi pun memiliki peluang untuk tampil di Google News.

Mendaftarkan Blogger Ke Google News

Jika Anda memiliki blog di Blogger, baik itu dengan konten berita ataupun konten lainnya, ada baiknya untuk mencoba mendaftarkan blognya ke Google News.

Ada beberapa langkah untuk mendaftarkan blog kita ke Google News, jika Anda ingin mencobanya silahkan ikuti langkah-langkah berikut di bawah ini.

Langkah-langkah Mendaftarkan Blogger Ke Google News

1. Langkah yang pertama, pastikan blog Anda sudah didaftarkan di Google Search Console, karena nantinya ada verifikasi URL/domain. Juga sudah didaftarkan ke Google Analitycs karena nanti dimintai kode ID tracking Google Analitycs juga.

2. Buat logo persegi dan persegi panjang. Logo yang persegi bisa disamakan dengan logo favicon dan ukurannya 512x512. Untuk logo persegi panjang, cantumkan nama blog di logo tersebut seperti di bawah ini. Buat 2 buah logo untuk tampilan light dan dark.

3. Setelah itu silahkan masuk ke dashboard publisher Google News, lalu klik tombol +Add publication. Silahkan isi dengan data blog Anda seperti gambar berikut ini.





4. Setelah semua terisi, silahkan klik tombol Next dan akan masuk ke bagian Content. Klik tombol +New Section dan isi dengan data blog Anda seperti gambar berikut ini. Untuk URL feed isi dengan URL https://www.domainbloganda.com/feeds/posts/default atau menggunakan https://www.domainbloganda.com/feeds/posts/default?max-results=999999&alt=json-in-script&callback=loadtoc.

Catatan: Agar gambar postingan tampil di Google News, pastikan feed blog kita sudah disetting Full. Ini pengalaman saya tentang gambar postingan tidak muncul di Google News.

Untuk Site-wide content labels: isi dengan Blog lalu klik tombol +New content labels dan isi dengan URL feed tadi dan jika pakai blog AMP silahkan pilih AMP untuk rendering preferences, jika tidak silahkan pilih Use feed content.



5. Selanjutnya klik Next dan masuk ke bagian Image, silahkan upload logo yang tadi sudah disiapkan pada langkah kedua di atas.

6. Langkah selanjutnya di bagian Ads, jika Anda sudah memiliki akun Adsense silahkan masukan di situ dengan klik kolom yang disediakan.

7. Untuk bagian Advanced silahkan skip saja.

8. Masuk ke bagian Review & Publish, jika ada bagian yang dianggap belum benar silahkan klik tombol review untuk memperbaikinya. Jika yang masih bermasalahnya bagian Feed, silahkan refresh seperti gambar berikut ini dan cek lagi di bagian Review & Publish dan jika sudah tidak ada masalah klik tombol Review dan silahkan Isi data diri Anda kemudian Publsh. Di bagian ini pula akan muncul preview feed blog kita di sisi kanan.




Selanjutnya dalam waktu 2-4 hari blog kita akan direview, silahkan cek secara berkala. Jika blog kita sudah disetujui, maka akan tampak seperti gambar berikut, tulisan IN REVIEW akan berubah jadi LIVE. Kompi Ajaib sendiri butuh 3 hari untuk disetujui.

Selanjutnya silahkan tunggu traffic dari Google News ke blog Anda. Jika memiliki beberapa blog, Anda dapat menambahkanya di dalam 1 akun.

Semoga bermanfaat.

Berbagi itu peduli:

Comment Policy:

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk komentar out of topics silahkan masuk ke Forum Kompi Ajaib
Buka Komentar
Buka Komentar
Jangan Diklik!

Menarik Untuk Dibaca Juga:


PrivacySitemap
©2021 KOMPI AJAIB