Skip to main content

Tips Agar Mudah Belajar Bermain Gitar Untuk Pemula

Tips Agar Mudah Belajar Bermain Gitar Untuk Pemula - Alat bermain musik gitar tentu saja sudah sangat populer dari zaman dahulu kala hingga saat ini, dari kaum pria sampai para wanita baik tua maupun muda. Karena itu banyak sekali yang ingin belajar gitar dengan mencari tips belajar gitar untuk pemula agar belajar bermain gitar menjadi lebih mudah, salah satunya dengan chord atau kunci gitar dengan mencoba kumpulan chord gitar lalu-lagu populer.

Gitar dapat dimainkan pada berbagai genre musik mulai dari musik pop, jazz, rock, metal, sampai dengan musik klasik, yang tentunya suara musik dari gitar sudah tidak asing lagi di telinga kita.

Selain dari itu, ketika seseorang memainkan gitar akan terlihat lebih keren. Banyak dari para pemuda menggunakan gitar untuk memikat hati wanita idamannya dengan menyanyikan sebuah lagu di depannya. Gitar juga dapat menghangatkan suasana ketika kumpul bersama teman atau keluarga, tentunya dengan bernyanyi bersama dengan diiringi petikan gitar.

Pada dasarnya alat musik gitar ini memiliki 6 buah senar atau dawai, dimulai dari senar dengan posisi paling bawah dengan ukuran yang paling kecil, sampai dengan senar yang paling besar di posisi paling atas.

Meski alat musik gitar memiliki 2 jenis yaitu gitar akustik dan gitar elektrik, namun keduanya memiliki nada yang mirip pada setiap dawainya. Dan yang membedakan dari keduanya adalah terletak pada tuningnya.

Kunci dasar gitar pada umumnya dibagi menjadi 2 jenis, yakni kunci dasar biasa dan kunci dasar minor. Kunci dasar gitar yang populer dimainkan yaitu C mayor, G mayor, A mayor, E mayor, dan D mayor. Dari setiap kunci tersebut tentunya masing-masing memiliki penempatan jari yang berbeda-beda.

Tips Mudah Belajar Gitar Untuk Pemula

Dalam belajar gitar ini tentunya ada beberapa hal yang harus diperhatikan terlebih dahulu yaitu dalam belajar gitar tentu saja tidak bisa instan, tetapi kita harus melalui proses yang panjang untuk dapat memainkannya yang tentunya harus banyak berlatih dan pantang menyerah.

Dan berikut di bawah ini ada beberapa tips dalam belajar gitar bagi pemula yang harus diperhatikan, di antaranya:

1. Mencari referensi belajar gitar.

Kita bisa mencari referensi belajar bermain gitar dari internet ataupun buku lagu. Seperti kita ketahui kalau di internet terdapat banyak sekali hal yang berguna yang tentunya kita butuhkan untuk belajar gitar.

Kita dapat mencari dan menggunakan chord atau kunci gitar dari lagu-lagu populer di internet untuk belajar gitar dengan memperbanyak latihan menyanyikan lagu. Sebagai contoh, agar dapat mempermudah kita dalam belajar gitar, kita bisa mencoba berlatih dengan menggunakan chord rizky febian - cuek.

2. Melatih jari-jari tangan.

Ketika kita baru belajar gitar, biasanya tangan dan jari-jari kita akan merasa tidak nyaman pada senar gitar dengan memainkan kunci-kunci gitar yang lumayan terasa sulit. Agar kita bisa bermain gitar, maka kita harus membiasakan posisi jari dari setiap kunci gitar.

Kita juga harus melatih kekuatan jari-jari tangan, yaitu salah satunya dengan cara meremas-remas barang apa saja selama 5 menit dan dilakukan berulang-ulang agar nantinya jari-jari tangan tidak kaku saat memainkan gitar.

Setelah nantinya kita terbiasa dengan posisi jari pada senar dan fret, maka selanjutnya kita dapat dengan mudah memainkan lagu dengan kunci gitar, bahkan dengan tanpa melihat chord sekalipun.

3. Mulai dengan belajar memainkan lagu.

Mulailah berlatih gitar dengan belajar memainkan lagu. Cobalah untuk memilih lagu-lagu yang mudah dahulu dengan kunci-kunci gitar yang simple. Terus pelajari chord dari satu lagu dan lakukan secara berulang sampai terasa lancar.

Hal yang paling penting dalam belajar gitar yaitu kita harus berlatih secara rutin dan pantang menyerah. Usahakan untuk terus berlatih secara rutin setiap hari agar jari tangan kita tidak kaku dan terbiasa memainkan gitar. Coba mainkan lagu-lagu dari kumpulan chord gitar rizky febian untuk melatih memainkan chord atau kunci gitar.


Berbagi itu peduli:

Comment Policy:

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk komentar out of topics silahkan masuk ke Forum Kompi Ajaib
Buka Komentar
Buka Komentar
Playlist tutorial Blogger
Playlist tutorial AMP HTML
Playlist Serba-serbi
Jangan lupa SUBSCRIBE
Jangan Diklik!

Menarik Untuk Dibaca Juga:


PrivacySitemap
©2021 KOMPI AJAIB