Skip to main content

Rekomendasi Paket Usaha Barbershop Terbaik

Rekomendasi Paket Usaha Barbershop Terbaik - Istilah franchise atau yang dikenal juga sebagai waralaba tentu bukan sesuatu yang asing di telinga khalayak. Secara sederhana, pengertian dari franchise adalah sistem usaha dengan memanfaatkan merek dagang dan ciri khas dari pihak lain.

Jadi, Anda dapat menjalankan sebuah bisnis tanpa perlu menciptakan merek dan melakukan branding sebab itu merupakan tugas pemilik jaringan waralaba terkait. Sebuah konsep yang menarik, bukan? Tidak heran bila sistem bisnis waralaba semakin digemari.

Mengulik Lebih Jauh Tentang Konsep Usaha Waralaba

Anda tertarik untuk menggeluti bidang bisnis berkonsep franchise? Sebagaimana diketahui masyarakat awam, membangun citra dan mengembangkan sebuah usaha bukan perkara yang mudah. Namun, waralaba bukan pembahasan sesederhana itu.

Rupanya, franchise terbagi dalam beberapa kategori berbeda. Bukan sekadar terjun saja, Anda juga wajib mengetahui ragam waralaba yang hendak digeluti, lho! Apa saja?

Waralaba Berdasarkan yang Ditawarkan

Pembagian jenis franchise yang pertama didasarkan pada apa yang ditawarkan kepada konsumen akhir:

Franchise Produk

Waralaba yang ditawarkan memiliki produk berupa barang atau makanan yang dijual untuk didistribusikan. Salah satu contoh bisnis franchise produk adalah kedai kopi kekinian yang semakin menjamur saat ini.

Franchise Jasa

Selanjutnya ada waralaba jasa, yaitu franchise yang menawarkan layanan kepada konsumen. Contohnya seperti penatu, agen ekspedisi, juga barbershop. Jenis waralaba yang satu ini menunjukkan perkembangan yang pesat.

Franchise Gabungan

Terakhir, ada jenis waralaba gabungan yang menawarkan produk dan jasa sekaligus. Contohnya seperti klinik kecantikan yang menawarkan treatment langsung dan tetap menjual produk-produknya pada klien yang berkonsultasi.

Waralaba Berdasarkan Asal Negara

Tidak hanya dibagi berdasarkan apa yang ditawarkan terhadap konsumen, tetapi waralaba juga diklasifikasikan atas asal negaranya:

Franchise Dalam Negeri

Waralaba dalam negeri berarti usaha yang dirintis dan sukses dikembangkan oleh pengusaha asli Indonesia hingga membuka kemitraan cabang di berbagai penjuru negeri. Contoh yang saat ini mudah Anda temui adalah bisnis ayam geprek dan martabak kekinian.

Franchise Luar Negeri

Kebalikan dari waralaba dalam negeri, franchise dari luar negeri merupakan bisnis yang telah melanglang buana. Usaha restoran cepat saji dan retail produk-produk fashion bermerek merupakan contoh yang paling populer dari jenis waralaba ini.

Memilih Bisnis yang Tepat untuk Ditekuni

Lantas, apakah Anda sudah menentukan model franchise yang ingin ditekuni berdasarkan pembagian kategori di atas? Atau… Anda justru masih belum memiliki pandangan atau menentukan pilihan terkait waralaba yang diinginkan?

Bagaimana jika mencoba waralaba barbershop? Ide ini mungkin akan membuat Anda berpikir, “Aah… pangkas rambut,” padahal konsep yang ditawarkan berbeda dengan sekadar tukang potong rambut saja. Sebagai sebuah usaha, barbershop memiliki banyak keunggulan:

Selalu Dibutuhkan

Anda juga pasti setuju bukan bahwa jasa barbershop yang meliputi pangkas, penataan gaya, dan perawatan rambut selalu dibutuhkan oleh kaum adam? Jadi, kemungkinan merugi ketika menggeluti usaha yang satu ini sangat kecil.

Modal Kecil dan Cepat Untung

Membuka usaha barbershop itu tidak membutuhkan modal yang besar karena perlengkapan yang dibutuhkan juga tidak terlalu banyak. Selain itu, karena tingkat kebutuhannya di masyarakat tinggi, maka modalnya juga cepat kembali. Bisnis yang asyik, ‘kan?

Mudah Dijalankan

Bisnis barbershop relatif mudah dijalankan, baik secara mandiri maupun dengan mempekerjakan karyawan. Sehingga bisa dijadikan sebagai usaha sampingan yang menjanjikan dan Anda tetap bisa menggeluti pekerjaan lain.

Mengapa Waralaba Barbershop Lebih Baik Dibandingkan Merek Sendiri?

Poin keunggulan yang dijabarkan di atas mungkin justru menimbulkan keraguan dalam benak Anda untuk memilih konsep waralaba untuk bisnis barbershop yang hendak ditekuni. Wajar saja, sebab usaha ini bukan sesuatu yang tampak rumit untuk dirintis dengan merek pribadi.

Sekilas, profit yang didapatkan jika membuka barbershop sendiri tampak menggiurkan karena Anda tidak perlu menyetor royalti sebagai imbal balik penggunaan merek dagang. Namun, ketika menimbang secara saksama, franchise barbershop tetap lebih aman dan menguntungkan.

Bagaimana bisa demikian?

Tidak Kesulitan Branding

Sebagaimana keuntungan umum dalam memilih usaha berkonsep waralaba, branding bukan jadi masalah untuk franchise barbershop. Di antara menjamurnya pengusaha di bidang bisnis yang sama, Anda tentu diuntungkan jika memilih kemitraan dengan barbershop terkenal.

Memang sekuat apa peranan branding hingga patut menjadi pertimbangan utama? Citra dan nama besar sebuah merek dapat memudahkan Anda menggaet pelanggan, mengurangi biaya promosi, serta lebih gampang memenangkan persaingan.

Tidak Kebingungan Soal SDM

Barbershop menawarkan jasa, di mana keterampilan pekerja berpengaruh besar terhadap kepuasan pelanggan. Tentu merepotkan jika Anda harus menjalani training sendiri atau melatih karyawan. Sistem waralaba membantu menyediakan SDM terbaik bagi Anda tanpa kesulitan.

Lebih Efektif dan Efisien

Memilih kemitraan barbershop juga lebih efektif dan efisien dalam berbagai aspek. Anda hanya perlu menyetorkan dana. Selanjutnya, semua sudah tersedia sehingga bisnis bisa langsung dijalankan. Menghemat waktu, tenaga, pikiran, dan anggaran.

Tips Memilih dan Menjalankan Kemitraan Barbershop

Tidak berlebihan bukan jika menyebutkan franchise merupakan pertimbangan terbaik bagi Anda yang ingin menekuni bisnis di bidang layanan barbershop? Dewasa ini, semakin banyak pula vendor yang menawarkan waralaba untuk jasa pangkas rambut kekinian tersebut.

Namun, bukan berarti Anda bisa sembarang memercayakan dana yang dimiliki pada pemilik merek dagang barbershop. Sebab, memilih mitra yang tepat juga merupakan kunci utama kesuksesan sebuah usaha dengan konsep waralaba.

Apa saja sih sebaiknya yang dipersiapkan jika ingin menjalankan franchise barbershop?

  • Pastikan calon mitra Anda bukan merupakan vendor bodong, di mana alamat dan legalitas usahanya wajib dapat diverifikasi. Lagi pula, Anda sudah bisa memeriksa keabsahan data yang dicantumkan secara daring.
  • Vendor tersebut wajib memiliki reputasi yang baik, khususnya di kalangan konsumen akhir. Sebab, jika tidak mempunyai kredibilitas terpuji, kebutuhan branding usaha Anda tidak akan terpenuhi.
  • Pastikan soal transparansi vendor, khususnya terkait rincian anggaran dan pembagian profit. Kesuksesan kerja sama model waralaba sangat bergantung pada hal ini.
  • Pilih vendor yang tidak hanya menerima setoran dana Anda kemudian membiarkan bisnis berjalan tanpa pendampingan alias sekadar mencari keuntungan belaka.

Rekomendasi Vendor Waralaba Barbershop Terbaik untuk Anda

Pusing mencari dan mengumpulkan informasi terkait vendor franchise barbershop untuk dijadikan sebagai mitra bisnis? Padahal, jawabannya sudah ada di depan mata Anda, yaitu Giovani Barbershop.

Waralaba di bidang barbershop yang satu ini tidak sekadar menjual merek untuk melebarkan sayap bisnis, namun memiliki kepedulian nyata untuk para mitra yang bergabung, lho. Pendampingan hingga operasional franchise dapat dijalankan mewakili mitra. Keren, ‘kan?

Selain itu giovanibarbershop juga memberikan fasilitas kursus potong rambut yang profesional. Apabila anda ingin memperdalam skill potong rambut bisa deh datang ke giovani barbershop.

Bila Anda tertarik untuk mengetahui lebih jauh tentang penawaran waralaba yang satu ini, Anda bisa menghubungi nomor kontak yang tersedia atau mendaftar langsung di website resminya. Saatnya bergerak merintis bisnis waralaba yang mudah dan menguntungkan.


Berbagi itu peduli:

You Might Also Like:

Comment Policy:

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk komentar out of topics silahkan masuk ke Forum Kompi Ajaib
Buka Komentar
Buka Komentar


PrivacySitemap
©2020 KOMPI AJAIB