Skip to main content

Mitos CCTV Yang Paling Banyak Dipercaya

Mitos CCTV Yang Paling Banyak Dipercaya - Kamera CCTV saat ini menjadi barang elektronik yang telah banyak digunakan, tidak hanya di instansi pemerintah, tempat umum, maupun perkantoran. Namun juga hunian pribadi telah banyak dipasang CCTV demi keamanan.

Dengan adanya CCTV di suatu tempat, tindak kejahatan yang merugikan dapat diminimalisir karena aksi kejahatan yang dilakukan dapat terekam sehingga memudahkan kerja polisi untuk menangkap pelaku.

Meskipun demikian, belum semua orang mengerti lebih jauh mengenai teknologi CCTV ini, sehingga masih banyak beberapa mitos yang dianggap benar mengenai CCTV. Apa saja? Simak yuk!

CCTV Memiliki Harga Yang Mahal

Banyak orang yang masih beranggapan bahwa apabila hunian pribadi telah dipasang CCTV, maka orang tersebut termasuk golongan menengah ke atas karena mereka beranggapan memasang CCTV itu memiliki harga yang mahal.

Padahal hal tersebut tidaklah selalu benar. Yang menentukan mahal atau tidaknya sebuah kamera CCTV bukan hanya dilihat dari luarnya saja, tapi banyak faktor yang menyebabkan harganya mahal.

Misalnya saja fitur yang lengkap. CCTV dengan fitur PTZ atau kamera yang bisa memutar ke segala arah tentu harganya lebih mahal dibanding dengan kamera CCTV yang hanya berpusat pada satu titik saja.

Begitu pula jika Anda memilih CCTV dengan fitur day and night, yang bisa mengenali siang dan malam secara otomatis.

Memasang CCTV pun dianggap rumit dan mahal karena tidak sembarang orang bisa memasangnya. Ini memang fakta, namun Anda bisa lebih detil mencari tahu agen pemasangan CCTV yang terbaik namun memiliki harga yang terjangkau di kota Anda.

Kamera CCTV Hanya Merekam Video

Mitos kedua yang masih dipercaya banyak orang ialah mengenai keunggulan CCTV yang hanya bisa merekam video.

Hal ini tentulah tidak benar. Saat ini teknologi kamera pengawas semakin canggih yaitu bisa merekam suara/audio sekaligus video secara bersamaan.

Anda perlu mencari produk CCTV yang memiliki fitur internal microphone yang bisa mereka suara di wilayah jangkauan CCTV.

Produk ini sangatlah bermanfaat untuk mengawasi rumah Anda karena selain bisa merekam video namun juga merekam suara.

Teknologi CCTV makin canggih, Anda juga bisa memilih produk ini dengan fitur motion detection, di mana CCTV bisa menganalisa gerakan yang ada di depan lensa kamera, menentukan apakah yang bergerak tersebut manusia, hewan atau angin.

Memasang CCTV Berarti Harus Memiliki Banyak Monitor Untuk Mengawasi

Saat Anda melihat film aksi, kebanyakan Anda pasti akan melihat seseorang mengawasi gerak-gerik orang lain melalui CCTV dengan banyak monitor.

Karena itulah Anda beranggapan bahwa memasang CCTV berarti harus mempunyai ruangan untuk pengawasan seperti yang ada di kebanyakan film. Hal tersebut memang benar, namun tidak seratus persen benar.

Teknologi CCTV yang dikembangkan saat ini dibuat untuk makin mempermudah mobilitas Anda, seperti misalnya IP kamera yang tidak memerlukan ruang pengawasan serta tidak memerlukan banyak kabel untuk pemasangannya.

Anda bahkan bisa melihat kembali video hasil rekaman melalui ponsel. Hal ini bisa terjadi asalkan Anda terhubung dengan internet dan memiliki kamera CCTV dengan jenis IP kamera yang akan memudahkan Anda mengawasi rumah Anda dari manapun dan kapanpun.

CCTV Hanya Untuk Tempat Eksklusif Dengan Tingkat Rawan Yang Tinggi

Tempat-tempat seperti bank, kantor pemerintahan dan pertokoan memang menjadi tempat yang selalu ada CCTV karena dapat mengawasi banyak kegiatan orang-orang di dalamnya.

Namun hal itu tidaklah selalu benar. Anda pun juga bisa memasang CCTV di dalam rumah karena sebenarnya CCTV tidak hanya berfungsi merekam aksi kejahatan, namun juga misalnya mengawasi anak Anda yang sedang di rumah dengan pengasuhnya, atau Anda bisa memasang CCTV hanya untuk sekedar mencegah kecerobohan di dalam rumah.

Tidak ada salahnya jika Anda ingin memasang CCTV di rumah, karena saat ini banyak sekali merk CCTV yang ditujukan untuk dipasang di hunian pribadi. Anda tinggal mencari merk CCTV yang tepat untuk hunian Anda.

Menghabiskan Banyak Bandwith Kuota Internet

Anda yang ingin memasang IP kamera pasti kebanyakan ragu karena banyak yang bilang memasang IP kamera hanya membuang-buang kuota internet saja.

Hal ini adalah mitos, karena saat ini sudah banyak pilihan pemasangan internet di rumah dengan kapasitas besar.

Jika rumah Anda terpasang internet dengan kapasitas besar, maka penggunaan IP kamera tidaklah menjadi masalah.

Pemakaian IP kamera yang berdampak pada penggunaan bandwith yang besar adalah apabila IP kamera tersebut merekam video dengan kualitas HD atau resolusi tinggi jadi tentu akan memakan banyak kuota.

Anda bisa mengatur IP kamera Anda untuk merekam pada kualitas biasa sehingga tidak memakan banyak bandwith.

Nah itulah mitos-mitos mengenai CCTV yang masih banyak dipercaya orang-orang. Memang mitos-mitos di atas tidaklah seratus persen salah, namun yang pasti memasang CCTV itu dapat dilakukan oleh siapa saja termasuk Anda.

Anda bisa menentukan budget pemasangan sendiri yang paling sesuai dengan dana Anda sehingga tidak boros nantinya.

Selain itu Anda perlu memilih jasa CCTV Profesional yang terpercaya untuk menghasilkan pemasangan yang baik.


Berbagi itu peduli:

You Might Also Like:

Comment Policy:

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk komentar out of topics silahkan masuk ke Forum Kompi Ajaib
Buka Komentar
Buka Komentar


PrivacySitemap
©2020 KOMPI AJAIB