Skip to main content

10 Aplikasi Pencatatan Keuangan untuk Android 2020

10 Aplikasi Pencatatan Keuangan untuk Android 2020 - Ternyata sampai saat ini masih banyak terdapat para pelaku UMKM yang belum sadar akan pentingnya melakukan pencatatan keuangan dan juga membuat pembukuan yang rapi. Padahal, tentunya dengan membuat pembukuan maka para pelaku usaha akan dapat mengetahui apakah usaha mereka itu sehat atau tidak.

Bahkan, di era digital seperti sekarang ini masih banyak para pelaku UMKM yang masih belum mengerti tentang akuntansi dan pemanfaatan teknologi keuangan. Masih banyak dari mereka tidak memiliki pembukuan yang baik, padahal bisnisnya memiliki potensi untuk makin membesar.

Masih banyak dari pelaku UMKM yang masih melakukan pencatatan keuangan dengan menggunakan buku, yang tentu saja memiliki banyak resiko seperti mudah hilang, rusak, atau robek.

Suksesnya sebuah UMKM tentu saja bukan hanya dari sekadar banyaknya menjual produk ataupun jasanya, namun juga dari strategi marketing yang mereka jalankan dan tentunya juga dengan disertai oleh rapinya pencatatan keuangan usaha.

Dan apabila para pelaku UMKM ini dapat beradaptasi pada penggunaan teknologi pencatatan keuangan yang pada saat ini terus berkembang, maka hal ini tentu saja dapat juga menghemat budget atau pengeluaran untuk membeli alat tulis, serta juga dapat lebih meminimalisir penyebaran virus melalui buku tulis yang kemungkinan bergantian disentuh.

10 Aplikasi Pencatatan Keuangan di Android

Dan untuk mengatur atau mencatat keuangan usaha, berikut ini rekomendasi beberapa aplikasi keuangan yang bagus melalui perangkat android.

1. BukuWarung - Aplikasi Pembukuan UMKM, Catat Hutang

Masalah yang sering dihadapi oleh para pelaku UMKM maupun warung salah satunya yaitu pencatatan transaksi. Padahal, pencatatan transaksi arus keuangan ini adalah hal yang sangat penting di dalam sebuah bisnis.

Untuk itulah maka terciptalah aplikasi BukuWarung ini yang dibuat untuk membantu mempermudah dalam pencatatan transaksi tersebut.

Aplikasi BukuWarung ini merupakan sebuah aplikasi yang tentunya dibuat untuk dapat lebih memudahkan dalam pencatatan semua transaksi, seperti pencatatan untuk utang dan piutang, pencatatan untuk pemasukan dan pengeluaran, serta yang lainnya yang tentunya semua hal yang berkaitan dengan kegiatan keluar masuk uang di dalam usaha.

Fitur Aplikasi BukuWarung

Sebagai sebuah alat yang dapat membantu untuk pembukuan bagi UKM, maka tentunya aplikasi BukuWarung ini memiliki fitur yang disediakan dan disuaikan pada kebutuhan penggunanya.

Ada fitur untuk melakukan pencatatan utang piutang, pencatatan penjualan, pencatatan pemasukan, pencatatan pengeluaran, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Unduh Aplikasi

Dan untuk bisa menggunakan aplikasi ini tentunya Anda harus memiliki smartphone. Caranya cukup mudah, Anda tinggal masuk ke laman bukuwarung.com dan Anda tinggal mengunduh aplikasinya melalui tombol Google Play atau App Store. Atau agar lebih mudah, Anda bisa download aplikasi BukuWarung melalui link Google PlayStore di bawah ini:

2. AndroMoney (Expense Track)

Aplikasi Andromoney ini dapat melacak arus pemasukan dan pengeluaran usaha Anda dengan tampilan yang sederhana dan juga rinci.

Aplikasi ini juga dapat menampilkan kustom anggaran usaha secara rinci, dengan grafik untuk menunjukkan pengeluaran Anda, dan juga untuk kapasitas penyimpanan bisa via Dropbox atau Google Docs.

3. Money Lover

Aplikasi Money Lover ini merupakan sebuah aplikasi yang dapat membantu untuk mengatur keuangan Anda yang sangat mudah digunakan dan praktis.

Beberapa fitur yang tersedia di dalam aplikasi Money Lover ini seperti budget, savings, dan events dapat bertugas untuk membantu mengatur pengeluaran Anda dalam setiap bulan.

Jadi, dengan aplikasi Money Lover ini maka Anda tidak perlu repot untuk menulis laporan keuangan Anda pada sebuah kertas lagi.

4. Cash Droid

Aplikasi Cash Droid ini merupakan aplikasi yang dapat membantu untuk pengatur keuangan usaha Anda dengan tampilan grafik untuk menganalisis keuangan dan juga file CSV impor.

Aplikasi Cash Droid juga dapat mengelompokkan jenis arus pemasukan dan pengeluaran Anda, seperti sumber dana dan juga pengeluaran untuk membayar asuransi dan lainnya lagi.

5. Monefy

Aplikasi Monefy ini memiliki tampilan yang cukup bagus dan juga simpel dan sederhaan sehingga aplikasi pengatur keuangan sangat mudah untuk digunakan.

Aplikasi Monefy ini memiliki beberapa kategori yang dapat digunakan untuk mengatur anggaran. Anda cukup dengan memasukkan jumlah dana, dan kemudian silahkan pilih kategori yang tepat. Aplikasi Monefy ini menawarkan kemudahan di dalam upaya untuk mengatur keuangan Anda.

6. Catatan Keuangan Harian

Aplikasi Catatan Keuangan Harian ini menawarkan kemudahan bagi Anda untuk membantu mencatat semua pengeluaran bulanan Anda.

Aplikasi Catatan Keuangan Harian memiliki beragam fitur yang lumayan lengkap, seperti mencatat pengeluaran, pendapatan, menghitung selisih, laporan perbulan, dan juga masih banyak fitur lainnya lagi.

7. Financial Calculators

Aplikasi Financial Calculator ini tidak hanya digunakan untuk membantu mengatur anggaran, namun juga dapat menjadi alat bantu untuk pengatur keuangan yang tentunya sangat bermanfaat.

Aplikasi Financial Calculator ini menawarkan beberapa fitur, seperti fitur Auto Loan, Auto Lease Calculator, Return on Invesment, Commercial Loan Calculator, dan juga masih banyak fitur yang lainnya lagi.

Dengan aplikasi Financial Calculators ini maka Anda akan dapat menentukan efisiensi keuangan Anda seperti antara membeli atau memutuskan untuk menyewa sesuatu.

8. Financisto

Aplikasi Financisto ini merupakan sebuah aplikasi dengan multi-akun yang dapat membantu mengatur keuangan dalam berbagai mata uang.

Financicto dapat membantu Anda untuk melihat seberapa baik atau buruknya siklus keuangan usaha Anda saat ini. Anda dapat mencatat semua jenis pemasukan dan pengeluaran, menampilkan jenis pengeluaran sesuai dengan tanggal transaksinya.

9. Mint

Aplikasi Mint berfungsi untuk membantu menyegarkan kembali siklus keuangan usaha Anda, dan dapat digunakan untuk multi akun, melakukan kategorisasi secara otomatis, untuk pengingat tagihan, dan juga untuk pelacakan tujuan keuangan Anda.

Mint juga dapat membantu Anda dalam menyusun budgeting agar pengeluaran tidak melebihi pemasukan Anda.

10. 1Money

Aplikasi 1Money dapat berguna untuk mengatur keuangan harian, mingguan, sampai keuangan bulanan.

1Money ini merupakan sebuah aplikasi gratis untuk mengatur pemasukan dan pengeluaran, sehingga Anda juga dapat menentukan budget pengeluaran yang nantinya dapat disesuaikan dengan pemasukan Anda.

Kesimpulan

Memiliki aplikasi pencatatan keuangan untuk android ini tentunya merupakan sebuah hal yang tepat. Namun dalam memilih aplikasi pencatat keuangan di smartphone ini memang sebuah hal yang gampang-gampang susah.

Tetapi dengan artikel 10 Aplikasi Pencatatan Keuangan untuk Android 2020 ini diharapkan dapat membuat Anda lebih bisa memilih aplikasi pencatat keuangan mana yang terbaik dan sesuai untuk Anda.


Berbagi itu peduli:

You Might Also Like:

Comment Policy:

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk komentar out of topics silahkan masuk ke Forum Kompi Ajaib
Buka Komentar
Buka Komentar


PrivacySitemap
©2020 KOMPI AJAIB