Skip to main content

Cara Membuat Thumbnail Postingan Dengan PhotoScape

Cara Membuat Thumbnail Postingan Dengan PhotoScape - Sebenarnya sah-sah saja mau pakai gambar apa pun dengan dimensi dan size berapa pun untuk dijadikan thumbnail postingan, namun tentunya akan menjadi lebih baik jika gambar untuk thumbnail postingan dibuat sesuai dengan ukuran thumbnail pada tema blog yang digunakan.

Dengan begitu, maka gambar untuk thumbnail postingan yang kita buat tidak akan terpotong. Namun satu hal yang terpenting dalam membuat gambar untuk postingan adalah ukuran size gambarnya. Karena size gambar ini akan mempengaruhi waktu pemuatan halaman, makin besar size gambar maka makin lama pula waktu pemuatan gambarnya dan sekaligus makin lama pula waktu pemuatan halamannya.

Gambar untuk thumbnail postingan

Dan perlu dipahami juga perbedaan antara ukuran dimensi dan size gambar. Dimensi gambar itu adalah ukuran lebar dan tinggi gambar (biasanya dalam satuan pixel), sementara size gambar adalah ukuran besarnya file gambar (biasanya dalam ukuran byte), dan yang menjadi masalah pada loading blog itu adalah dari ukuran size gambarnya bukan ukuran dimensi gambarnya.

Untuk ukuran dimensi gambar postingan, Google sudah merekomendasikan baik untuk halaman AMP maupun untuk halaman non AMP, khususnya untuk postingan dengan jenis schema.org berikut: Article, NewsArticle, BlogPosting. Untuk selengkapnya, bisa dibaca di halaman Google tentang image post.

Untuk halaman AMP, gambar postingan setidaknya memiliki ukuran lebar minimum 1200px. Dan untuk halaman non AMP, gambar postingan setidaknya memiliki ukuran lebar minimum 696px.

Tetapi menurut saya sebaiknya buat gambar dengan ukuran lebar minimun 1200px untuk AMP maupun untuk non AMP, untuk jaga-jaga ada perubahan dari aturan Google.

Dan juga tentunya untuk mendapatkan hasil pencarian yang terbaik, sebaiknya buatlah gambar dengan resolusi tinggi (minimal 800.000 piksel, yang merupakan hasil perkalian antara ukuran lebar dan tinggi gambar) dengan ukuran rasio untuk tinggi lebar berikut: 16x9, 4x3, dan 1x1.

Sementara untuk ukuran size file gambar, banyak pakar SEO merekomendasikan untuk membuat gambar dengan ukuran size sekitar 100kb dan lebih kecil lagi akan lebih baik.

Dan untuk gambar thumbnail postingan ini adalah diambil dari gambar pertama (jika terdapat beberapa gambar) yang ada di dalam postingan.

Membuat thumbnail postingan dengan PhotoScape

Nah, untuk membuat gambar thumbnail untuk dengan ukuran besar dengan minimal lebar gambar 1200px dan dengan ukuran size gambar yang kecil, tentunya kita harus memahami tool editing gambar yang kita gunakan agar gambar yang disimpan memiliki ukuran yang kecil namun tetap memiliki kualitas yang baik.

Sebelumnya saya sudah membagikan cara kompres gambar dengan Photoshop, dan kali ini saya akan membagikan cara membuat gambar postingan dengan PhotoScape.

Seperti kita ketahui bahwa PhotoScape merupakan sebuah tool image editing yang tersedia secara gratis untuk digunakan oleh semua orang. Selain itu, software olah gambar ini juga memiliki size yang cukup kecil yaitu sekitar 20MB dan mendukung bermacam operasi sistem.

Untuk membuat gambar thumbnail postingan, silahkan ikuti langkah-langkahnya berikut ini.

  1. Saya anggap Anda sudah meng-install PhotoScape, silahkan jalankan aplikasinya.
  2. Pilih menu Editor, lalu silahkan pilih gambar yang akan dijadikan thumbnail yang sudah disimpan di komputer. Usahakan ukuran gambar aslinya cukup besar.
  3. Lalu pilih menu Crop di bagian bawah. Nah di sinilah kita menyesuaikan rasio gambar dengan rasio thumbnail pada tema blog kita, apakah 16:9 atau 4:3 atau 1:1 agar nantinya gambar tidak terpotong. Silahkan pilih rasio untuk crop pada bagian drop down. Lalu klik pada pojok kiri atas gambar dan tahan klik sambil digeser ke arah kanan bawah gambar untuk menentukan daerah gambar yang di-crop. Selanjutnya silahkan klik 2 kali pada daerah yang dipilih tadi untuk cropping.
  4. Lalu pilih Resize di bagian Home, di sini kita akan menentukan lebar gambar agar tidak terlalu besar atau terlalu kecil dan agar sesuai dengan anjuran Google. Centang Preserve aspect ratio agar rasio gambar tidak berubah dan tinggi akan otomatis mengikuti. Pada bagian width silahkan isikan angka 1200, kalau untuk rasio 16:9 saya biasa menggunakan ukuran lebar 1280 dan tinggi 720 seperti thumbnail untuk video Youtube.
  5. Kemudian silahkan Save gambar dengan JPEG Quality sebesar 70%. Setelah saya coba, dengan ini kualitas gambar tetap baik dan size gambar yang dihasilkan cukup aman untuk gambar postingan.

Untuk gambar-gambar postingan lainnya jika ada lebih dari 1 gambar di dalam postingan, Anda tidak perlu melakukan cropping, cukup dengan resize gambar saja.

Gambar merupakan sebuah faktor yang cukup banyak mempengaruhi loading sebuah halaman web, untuk itu perlu penanganan lebih lanjut agar gambar tidak terlalu menghambat loading blog sehingga halaman menjadi lebih optimal, salah satunya yaitu dengan cara yang sudah saya jelaskan di atas.

Semoga bermanfaat.


Berbagi itu peduli:

You Might Also Like:

Comment Policy:

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk komentar out of topics silahkan masuk ke Forum Kompi Ajaib
Buka Komentar
Buka Komentar


PrivacySitemap
©2020 KOMPI AJAIB