Skip to main content

Kelebihan Dome Camera CCTV

Kelebihan Dome Camera CCTV - Jika berbicara tentang CCTV, kebanyakan dari kita pasti sudah tidak asing dengan bentuk CCTV yang satu ini. Dome camera atau bisa disebut dengan kamera kubah adalah salah satu jenis CCTV yang paling banyak ditemui dan diminati karena bentuknya yang ringkas dan juga memiliki banyak fungsi yang optimal menjaga keamanan wilayah dimana kamera ini dipasang.

Karena bentuknya yang ringkas inilah, kamera kubah alias dome camera dapat menyatu dengan lingkungan sekitar serta pemasangan kamera CCTV ini pun juga terbilang cukup mudah serta terjangkau untuk hunian Anda.

Fitur Lengkap Dengan Berbagai Kemudahan

Kamera kubah alias dome camera ini tentu saja memiliki berbagai fitur bawaan yang menunjang kinerjanya.

Seperti adanya infrared untuk membuat kualitas video di malam hari lebih jelas dan maksimal, kualitas video HD hingga tahan terhadap berbagai perubahan cuaca (weatherproof).

Sebelum memilih merk dome camera yang Anda sukai, ada baiknya Anda memperhitungkan budget yang tersedia karena jenis kamera ini memiliki berbagai jenis yang disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Misalnya saja jika Anda ingin mengawasi rumah Anda di malam hari, maka Anda perlu memasang kamera ini yang dilengkapi dengan fitur infrared sehingga dapat menangkap gambar dengan lebih jelas.

Sementara jika Anda ingin memperbesar jarak pandang kamera sesuai keinginan Anda, Anda dapat memilih jenis kamera varifocal.

Begitu pula jika Anda khawatir adanya aksi vandalisme atau perusakan kamera CCTV, Anda dapat memilih kamera kubah dengan jenis vandal.

Dome CCTV Camera Indoor

Kamera kubah jenis ini dirancang khusus untuk mengawasi tempat di dalam ruangan karena kamera jenis ini tidak tahan terhadap cuaca.

Walaupun begitu, fitur yang ditawarkan pun juga tidak main-main, yaitu adanya sistem day/night yang akan otomatis menyesuaikan kualitas pencahayaan pada gambar pada siang dan malam, hingga memiliki kualitas kamera HD.

Lensa dome camera yang biasanya digunakan adalah 3.6 mm dan dipasang di sudut ruangan yang berukuran kecil hingga sedang.

Kamera ini akan merekam seluruh kegiatan di dalam ruangan dengan sedikit atau bahkan nyaris tanpa blind spot.

Kamera kubah indoor ini merupakan kamera kubah yang pemasangannya paling mudah karena dapat terhubung ke berbagai tipe DVR, DVD Recorder dan lain sebagainya.

Infrared Dome Camera

Kamera kubah dengan tipe infrared biasa disebut juga dengan IR atau night vision camera. Kamera kubah jenis ini dapat beradaptasi pada semua ruangan dengan berbagai tipe pencahayaan, mulai dari pencahayaan maksimal alias sangat terang hingga keadaan yang gelap tanpa cahaya sama sekali.

Namun demikian pastikan kamera CCTV jenis ini tidak menghadap langsung ke arah sinar matahari karena fungsinya tidak akan bekerja secara maksimal.

Kamera CCTV ini sangat sensitif terhadap cahaya bahkan di tempat gelap sekalipun. Ketika keadaan gelap atau memiliki penerangan yang minim, gambar yang dihasilkan menjadi hitam putih supaya memiliki detil dengan lebih jelas meskipun di dalam gelap.

Sedangkan apabila cahaya yang masuk ke dalam kamera sangat besar, maka secara otomatis fitur IR akan diminimalkan sehingga penangkapan gambar yang dihasilkan akan lebih jelas saat dilihat.

Vandalproof Dome Camera

Dome camera jenis ini memiliki casing/pelindung yang kuat sehingga sangat cocok dipasang di lingkungan yang rawan akan perusakan CCTV.

Kamera vandalproof akan tetap mereka gambar meskipun seseorang sedang berusaha merusak bodi kamera.

Sebagian besar kamera ini terbuat dari logam padat sedangkan penutup lensanya menggunakan penutup berjenis plasti poli karbonat yang tangguh dan tidak mudah pecah.

Aksi kejahatan yang telah terekam kamera vandalproof mustahil bisa dihilangkan karena lensa akan tetap merekam walaupun bodi sedang dirusak.

Begitu pula lensa kamera ini tahan terhadap pewarna permanen yang berusaha menutupi bagian depan lensa. Tempat-tempat seperti penitipan kendaraan, pabrik dan sebagainya yang memiliki tingkat kriminalitas tinggi menjadi tempat pemasangan yang cocok kamera kubah jenis ini.

Dome Pan Tilt Camera

Dome camera tipe ini tidak hanya berfokus pada satu titik saja, melainkan dapat memutar ke segala arah di dalam atau di luar ruangan.

Selain itu kamera ini juga bisa dikontrol dan dipantau melalui aplikasi apapun, baik melalui DVR, joystick hingga software remote viewing.

Fitur zoom memiliki kemampuan yang maksimal sehingga apabila kamera ini diletakkan di lampu lalu lintas, polisi dapat memperbesar layar untuk melihat plat nomor kendaraan yang dituju.

Pertokoan dan tempat umum lainnya cocok sebagai tempat pemasangan dome camera jenis ini, karena selain canggih juga dapat terhubung dengan internet.

Sebelum Anda memilih jenis-jenis dome camera yang sesuai untuk hunian, ada baiknya Anda mempertimbangkan budget yang Anda miliki serta berkonsultasi dengan jasa CCTV profesional yang tepat.

Memilih jenis kamera dan harga yang sesuai tentu akan memberikan kepuasan tersendiri demi keamanan hunian Anda.


Berbagi itu peduli:

You Might Also Like:

Comment Policy:

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk komentar out of topics silahkan masuk ke Forum Kompi Ajaib
Buka Komentar
Buka Komentar


PrivacySitemap
©2020 KOMPI AJAIB