Skip to main content

Apa itu Konten Marketing? Jelajahi Strateginya

Apa itu Konten Marketing? Jelajahi Strateginya - Konten adalah Raja. Dengan lebih dari setengah miliar website aktif yang tersedia, peselancar web dibanjiri dengan berbagai informasi yang semua berupaya menarik perhatian mereka.

Orang-orang menjadi sangat jenuh dengan iklan. Di mana pada titik tertentu, mereka dengan sengaja mengabaikan iklan sidebar, iklan pop up, dan berbagai jenis iklan lainnya. Termasuk kotak masuk email mereka.

Mereka buru-buru menekan "skip this ad," sambil menonton YouTube atau mendengarkan music kesukaan mereka.

Sementara, kunci yang memungkinkan terjadi dalam strategi pemasaran online, adalah menjangkau perhatian konsumen. Dan, ide konten marketing bermula dari sini.

Apa itu konten marketing?

Para pelaku bisnis, memberikan informasi yang berkualitas dan berguna untuk pengguna internet. Secara gratis. Dan melalui ini, mereka menyisipkan pesan pemasaran. Bentuk strategi ini disebut sebagai konten marketing.

Jadi, konten marketing itu adalah konten yang dibuat untuk tujuan pemasaran.

Konten yang kuat tidak hanya menarik pembaca ke website, tetapi juga menguntungkan dari sisi peringkat website di mesin pencari seperti Google.

Google dan mesin pencari lainnya secara teratur menggeser algoritme mereka untuk menjaga konten yang otentik dan berharga, untuk kemudian ditempatkan pada halaman hasil pencarian (SERP).

Pemasaran konten adalah praktik penerbitan konten segar, relevan, dan bermanfaat untuk menarik perhatian konsumen. Tujuannya jelas menarik mereka menjadi potensi prospek.

Konten marketing yang berkualitas biasanya merupakan pendekatan strategi penjualan dengan cara halus. Bahkan, ini hampir tidak terlihat seperti pemasaran sama sekali. Tetapi sebaliknya terlihat seperti informasi otentik yang dibutuhkan konsumen.

Strategi pemasaran melalui konten informasi adalah strategi memberi dan menerima — Anda memberikan informasi berkualitas kepada pelanggan potensial, dengan harapan mampu menarik perhatian pengguna untuk membeli atau menggunakan layanan Anda.

Website, blog, majalah, buletin, aplikasi seluler, media sosial, progress reports, artikel berita, dan banyak media lainnya dapat menjadi sumber hebat untuk menerapkan strategi konten marketing. Salah satu contoh pemasaran konten-ke-perdagangan adalah ZN Magazine, sebuah webazine yang diterbitkan oleh Zappos, raksasa ritel sepatu yang telah memperluas dirinya ke berbagai produk fashion.

ZN Magazine membagikan informasi tentang tren mode terkini kepada pelanggan — dan juga menyediakan tautan ke produk di toko online-nya, termasuk fasilitas pembelian langsung melalui iPad.

Perusahaan mana pun dengan produk atau pesan yang menciptakan konten yang menarik dapat menggunakan strategi pemasaran konten.

Melalui apa konten marketing diterapkan?

Misalnya, banyak perusahaan membuat buletin yang mengumumkan produk baru, menginformasikan tentang tren bisnis dan industri, menyoroti orang-orang luar biasa di dalam perusahaan mereka, dan meyakinkan pelanggan untuk membeli produk mereka.

Beberapa yang lainnya, menggunakan blog atau media sosial untuk dapat terhubung dengan basis pelanggan mereka.

Bisnis raksasa seperti Harpo (mis., Oprah Winfrey) menjual konten dalam cara hebat melalui acara televisi, buku, website, aplikasi digital, dan majalah. Konten kemudian menarik jutaan konsumen, yang pada gilirannya menarik pengiklan dan penjualan produk.

Ribuan blogger dan pemasar Internet memproduksi konten yang menarik, dan seringkali sangat personal.

Kemudian, banyak yang menjual ruang iklan di blog mereka dan meng-host review berbayar sebagai sumber pendapatan; kedua sumber ini berfungsi sebagai pemasaran konten untuk blog mereka sendiri dan juga untuk pengiklan mereka.

Selain itu, blogger dan pemasar internet menjual buku, kerajinan, atau produk mereka sendiri di blog mereka, menggunakan konten mereka untuk menarik pembeli potensial. Baca juga: Apa itu internet marketing?

Susan G. Komen for the Cure adalah contoh dari organisasi nirlaba yang telah sukses secara fenomenal dengan pemasaran konten. Di website mereka, para penyintas kanker payudara dan keluarga yang kehilangan orang yang dicintai karena kanker payudara dapat berbagi kisah perjuangan dan kehilangan yang memilukan, memotivasi sumbangan untuk kesadaran dan penelitian kanker payudara.

Race for the Cure, organisasi yang dikelola secara nasional, menghasilkan pemasaran konten sukarela di ribuan blog, website, media berita, media sosial, dan portal donasi online — yang menghasilkan jutaan dolar setiap tahun.

Upaya mereka tidak hanya menarik donor individu; mereka juga menarik keberpihakan produk dengan sejumlah besar perusahaan yang menjanjikan sebagian penjualan untuk badan amal seperti ini.

Organisasi politik seperti Moveon.org menghasilkan konten yang membahas masalah pemilih, memainkan sentiment emosi, harapan, dan belas kasihan dengan elemen cerita dalam konten mereka.

Konten ini dirancang untuk memperoleh dana baik untuk kandidat dan gerakan politik, serta memotivasi tindakan pemilih melalui petisi, generasi cerita yang lebih menarik, dan tentu saja, lebih banyak suara.

Siapa pun yang memilih ikut serta dalam buletin, mengunjungi blog atau website dengan konten unggulan, mengklik tautan media sosial dengan konten, meneliti dan membaca tentang masalah, atau menjelajahi web untuk mendapatkan informasi adalah target dari strategi pemasaran konten.

Ada sesuatu yang berharga yang mereka butuhkan, dan mereka ingin seseorang untuk menyediakannya — apakah itu produk fashion dengan gaya terbaru atau kisah yang menyentuh emosi.

Orang tua yang mencari tahu tenang fenomena depresi remaja, mungkin terpaksa membeli buku, atau suplemen herbal, setelah membaca blog pengasuhan anak.

Seorang wanita berusia 20-an mungkin tertarik untuk membeli buku motivasi karena dia sering mengunjungi website dan menggunakan tips hubungan sosial atau tentang bagaimana untuk sukses.

Sebuah keluarga termotivasi untuk menjual harta bendanya, untuk mendukung sebuah keluarga yang menjadi bagian dari konflik di timur tengah, melalui organisasi badan amal, tentunya setelah mereka membaca tentang kengerian berada di kawasan perang. Dengan berbagai kisah pilu melalui konten yang diakses.

Seorang pelanggan membaca artikel fitur online tentang petani lokal, diterbitkan di website perusahaan, dan bersumpah untuk membeli ayam organik yang dibudidayakan secara alami.

Dalam setiap contoh, pelanggan dimotivasi oleh konten unik yang berharga untuk mendorong adanya tindakan — apakah itu pembelian, donasi, tindakan sosial-politik, atau kombinasi dari hal-hal di atas.

Cara menerapkan konten marketing

Saat mengembangkan strategi konten marketing, penting untuk selalu mengingat tindakan yang diinginkan. Apakah Anda ingin orang mengklik untuk membeli buku ini, menghadiri lokakarya, menyumbang untuk tujuan ini, mengunakan layanan/jasa ini dan itu atau memilih kandidat politik?

Ketika Anda mampu melihat secara objektif dalam pikiran, menganalisis jenis informasi atau "cerita" apa yang kemudian memaksa orang untuk mengambil tindakan yang diinginkan. Apakah Anda berharap membuat wanita merasa lebih menarik? Apakah Anda ingin memohon belas kasihan orang atau rasa keadilan sosial? Apakah Anda ingin memotivasi tindakan politik dengan mengatasi frustrasi atau ketakutan orang? Atau Anda ingin orang-orang memilih Anda daripada pesaing karena nilai-nilai perusahaan Anda?

Dengan kemampuan Anda melihat pola dari berbagai fenomena yang ada, Anda kemudian dapat merangkai cerita. Anda mampu menangkap nilai-nilai yang ingin Anda komunikasikan?

Strategi konten marketing

Di mana Anda bisa menceritakan kisah Anda dan mendapatkan paparan terbanyak? Jawabannya, tentu melalui internet.

Metode pemasaran konten baru, bisa dengan cara memposting tautan di Facebook, LinkedIn, Twitter, dan lainnya. Umpan berita dan RSS — juga situs agregator sosial seperti StumbleUpon, Technorati, Scribd, dan Digg — juga berfungsi untuk menarik pembaca ke sebuah website.

Anda juga harus mengukur efektivitas promosi pemasaran konten. Aplikasi seperti Google Analytics memungkinkan Anda untuk memeriksa statistik, melihat tampilan halaman, melihat posting mana yang mendapatkan hasil terbaik, dan mengamati demografi mana yang memberi respon terbaik untuk konten Anda.

Platform media sosial juga memungkinkan Anda untuk melacak hasil melalui aktivitas share, komentar, dan like.

Berbekal informasi ini, Anda dapat menyesuaikan strategi pemasaran konten sesuai dengan target dan tujuan yang Anda buat.

Banyak promosi pemasaran konten menggunakan berbagai platform untuk menyampaikan informasi. Newsletter, media sosial, blog, konten website, blog tamu, dan lainnya.

Strategi pemasaran konten yang baik, saat ini berubah dengan cepat, karena cara orang mengkonsumsi informasi berubah.

Perlu diingat bahwa frekuensi posting merupakan elemen penting untuk memberi makan rasa lapar konsumen untuk konten segar. JIka Anda menerapkan strategi konten marketing melalui internet.

Google juga menyukai angka-angka produktif; menghargai kuantitas dan kualitas.

Membumbui konten dengan kata kunci strategis dan menggunakan teknik optimisasi mesin pencari (SEO), ketika diterapkan dengan benar, juga dapat meningkatkan hasil signifikan.

Memilih judul yang jelas, juga berpontensi meningkatkan lalu lintas dan peringkat Google. Tautan balik menarik pembaca ke artikel pemasaran konten, dimana membuat pengguna akan bertahan lamam di website Anda. Google merespons dengan baik setiap tautan pada website. Mendapat tautan dari website besar yang mengarah ke konten Anda, juga membantu meningkatkan peringkat Google.

Kenapa SEO menjadi bagain penting dari srtategi konten marketing?

Anda dapat menerbitkan materi yang fantastis, tetapi jika tidak ada yang dapat menemukannya, itu sia-sia.

SEO memungkinkan konten yang dipublikasi melalui website/blog di internet dapat dengan mudah ditemukan orang-orang melalui mesin pencari.

Sebuah website yang memiliki konten hebat dan mendapat peringkat di mesin pencari mungkinkan mendapat traffic atau kunjungan dalam jumlah besar.

Pentingnya Konten Hebat pada SEO

Konten marketing dan SEO seperti bagian yang tak terpisahkan. Walau pun, strategi konten marketing sendiri dapat dilakukan melalui cara iklan berbayar.

SEO dan konten marketing adalah strategi bisnis yang saling melengkapi.

Tanpa konten berkualitas tinggi, Anda tidak dapat menyadari manfaat penuh dari SEO – konten yang relevan dan bermanfaat di website Anda, memotivasi pengunjung website untuk tinggal lebih lama, dan ini dapat berdampak positif pada peringkat pencarian Anda.

Menutur Dedi, tim SEO Expert dari Garuda Website salah satu penyedia layanan jasa SEO di Jakarta, SEO memerlukan konten yang hebat untuk berhasil. Konten yang hebat berdampak pada konversi dalam dunia marketing.

Konten hebat tanpa SEO, cenderung tidak mendapat banyak pemirsa. Karena biasanya tidak mendapat peringkat di di halaman hasil pencarian. Sebaliknya, SEO tanpa konten hebat, juga omong kosong. Karena salah satu faktor utama keberhasilan SEO adalah kualitas konten itu sendiri.

Berikut adalah beberapa keterkaitan antara SEO dan konten;
  • Konten Berkualitas Menghasilkan RKPT Tinggi – Google menganggap RKPT Anda sebagai faktor penting untuk menentukan peringkat website Anda – semakin banyak Anda membuat pengguna mengklik tautan Anda, semakin besar peluang Anda untuk mendapatkan peringkat yang lebih baik di mesin pencari.
  • Konten Berkualitas Membantu Anda Menghasilkan backlink – Salah satu strategi SEO terbaik adalah untuk mendapatkan tautan balik berkualitas tinggi dari website otoritas tinggi. Untuk Google, backlink berkualitas tinggi menunjukkan kredibilitas dan kepercayaan. Semakin banyak backlink yang Anda miliki, semakin tinggi peringkat Anda di Google.
  • Konten Memungkinkan Anda Memasukkan Kata Kunci – Konten berkualitas adalah satu-satunya cara untuk memastikan bahwa Anda dapat menggunakan kata kunci secara strategis. Ini akan membantu Anda bersaing dengan merek lain dari industri Anda.
  • Konten Berkualitas Memberikan Manfaat Bagi Pengguna – SEO melibatkan berbagai strategi seperti menghasilkan backlink, menulis posting blog yang berkualitas, dan menggunakan kata kunci yang baik. Ini juga melibatkan pembuatan website yang memiliki struktur yang baik. Sehingga pengguna dapat menavigasi dengan mudah, mengoptimalkan file robots.txt Anda, dan menulis tag meta yang baik.

Pada dasarnya, SEO dan konten tidak dapat bekerja dengan sukses secara terpisah. Pemasar perlu memahami bahwa kedua elemen saling melengkapi satu sama lain, jadi Anda perlu fokus untuk menciptakan konten yang hebat jika Anda ingin peringkat Anda meningkat.

Lalu, ketika SEO berhasil. Dan website mendapat peringkat dimesin pencari, itu untuk apa. Jawabanya, akan kembali itu untuk menerapkan strategi marketing melalui konten yang ada di website itu sendiri. Strategi untuk menjual produk atau layanan jasa. Sumber: https://www.garuda.website/


Berbagi itu peduli:

You Might Also Like:

Comment Policy:

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk komentar out of topics silahkan masuk ke Forum Kompi Ajaib
Buka Komentar
Buka Komentar


PrivacySitemap
©2020 KOMPI AJAIB