Skip to main content

Manfaatkan Google Question Hub Untuk Mendapatkan Ide Menulis



Manfaatkan Google Question Hub Untuk Mendapatkan Ide Menulis - Sekarang ini Google sebagai salah satu mesin pencari terbesar di dunia sepertinya memiliki tanggung jawab yang besar untuk bisa menjawab seluruh pertanyaan penduduk bumi ini.

Saat ini Google bukan hanya sebagai mesin pencari, tetapi juga menjelma sebagai mesin penjawab. Ya... Google kini telah menjadi mesin penjawab untuk seluruh pertanyaan yang diajukan oleh orang-orang di seluruh dunia.

Apalagi sekarang ini hampir semua orang memiliki ponsel yang terhubung ke internet, dunia dalam genggaman.

Pria, wanita, tua, muda, bahkan anak-anak sudah bisa mengakses dunia internet hanya dengan ponsel mereka.

Bekerja, berbelanja, nonton film, bersosial media, bahkan main game untuk sekedar membuang rasa suntuk.

Selain itu semua, kini para pengguna juga bisa dengan mudah mengajukan pertanyaan ke "internet" jika ada sesuatu yang mereka tidak mengerti atau tidak mengetahuiya.

Untuk itu, kini Google semakin memperluas kerjanya yang bukan hanya menjawab pertanyaan yang ditulis di kotak pencarian Google, tetapi juga pertanyaan yang diucapkan pengguna.

Untuk itu Google telah mengembangkan tool yang membantu menjawab pertanyaan-pertanyaan pengguna yang diajukan secara lisan seperti Google Assistent dan Google Home.

Namun tentu saja Google tidak selalu bisa menjawab semua pertanyaan dengan tepat jika memang tidak ada sumber jawaban yang tepat, atau jika pertanyaannya dengan kalimat atau ejaan yang salah.

Karena tidak semua pengguna paham cara menggunakan mesin pencari untuk mendapatkan jawaban yang tepat.

Sehingga di situ Google hanya bisa memberikan rekomendasi jawaban yang masih berhubungan dengan pertanyaan yang diajukan.

Dan sekarang ini memungkinkan semakin banyak pertanyaan-pertaanyaan yang mungkin tidak bisa dijawab Google, karena mungkin pertanyaannya kekanak-kanakan, pribadi, polos. lugu, jujur, dan sebagainya.

Sebagai contoh: "kenapa mesin cuci saya rusak padahal baru beberapa kali dipake?" atau "bagaimana membetulkan tivi yang tidak bisa nyala?" dan pasti banyak lagi pertanyaan-pertanyaan seperti itu yang mungkin tidak bisa Google jawab.

Jangankan Google, kita sendiri saja bingung untuk menjawabnya, bukan?

Google Meluncurkan Question Hub

Nah untuk mengatasi pertanyaan-pertanyaan seperti tadi yang Google tidak bisa menjawabnya, maka kini dibuatlah Google Question Hub.

Question Hub dibuat untuk mengumpulkan pertanyaan-pertanyaan "tidak terjawab" seperti tadi di atas yang dikirimkan oleh pengguna pada pencarian Google.

Google kemudian mengatur mengelompokan pertanyaan-pertanyaan tersebut berdasarkan topik agar lebih mudah dicari dan kemudian memberikannya kepada publisher untuk dijawab.

Sehingga dengan begitu publisher seperti blogger dan jurnalis web bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut dengan membuat konten yang dapat menjawab pertanyaan dengan lebih baik dan menunjukannya. Sehingga kontennya akan lebih relevan dan lebih bermanfaat.

Cara Menggunakan Google Question Hub

Untuk mulai menggunakan Google Question Hub, kita bisa mengaksesnya di tautan Question Hub ini.

Kemudian silahkan masuk dengan akun Google Search Console, lalu kita harus menghubungkan akun tersebut ke properti situs kita yang sudah diverifikasi di Search Console.

Kenapa pakai akun Search Console?

Karena nantinya kita akan memberikan hak akses pada Question Hub untuk mengakses data situs kita untuk menunjukan performance konten kita setelah menjawab pertanyaan-pertanyaan di Question Hub. Sehingga kita akan lebih tahu apakah konten-konten kita "laku" atau malah tidak ada yang mengaksesnya.

Di halaman Question Hub silahkan pilih kategori pertanyaan yang sesuai dengan niche blog kita atau yang kira-kira kita kuasai. Kemudian selanjutnya silahkan pilih topik yang lebih spesifik.

Secara default, Question Hub akan menampilkan 10 pertanyaan terkait topik tersebut.

Saran saya, jangan dulu borong topik, tapi pilih 1 topik dulu lalu silahkan simak pertanyaannya. Jika ada yang bisa dijawab dan menurut Anda cukup menarik, maka silahkan jawab pertanyaannya dengan membuat konten di blog Anda kemudian tunjukan URL postingannya. Jika ternyata sebelumnya sudah ada postingan yang sesuai, maka tinggal simpan URL postingannya.

Untuk pertanyaan-pertanyaan yang tidak menarik atau tidak bisa jawab maka silahkan reject pertanyaan-pertanyaan tersebut.

Kemudian silahkan pilih topik lainnya untuk mencari pertanyaan yang bisa kita jawab.

Dan pasti Anda akan terheran-heran dengan pertanyaan-pertanyaan yang tidak kita perkirakan sebelumnya, mungkin Anda akan tersenyum-senyum sendiri, hehehe....

Seperti berikut ini tentang acara televisi.

Klik gambar untuk memperbesar. Klik Esc di keyboard untuk kembali.

Manfaat Google Question Hub Bagi Blogger

Dengan Question hub ini tentu saja sangat menguntungkan blogger. Kita bisa mendapatkan keyword-keyword yang benar-benar dicari pengunjung.

Kita tidak lagi menduga-duga apakah keyword yang kita gunakan benar-benar ada pencarinya atau tidak.

Karena keyword-keyword dari pertanyaan-pertanyaan tersebut memang ditanyakan pengguna.

Dan keuntungan lainnya, kita juga tentu saja akan mendapatkan backlink dari halaman tersebut atas URL yang kita cantumkan ketika menjawab pertanyaan.

Jadi double manfaat yang kita dapatkan dari Google Question Hub, yaitu kita mendapatkan ide menulis postingan kita dan juga kita sekaligus mendapatkan backlink berkualitas dari Google.

Yuk kita mulai menjawab pertanyaan-pertanyaan di Question Hub!

Anda juga bisa menyimak dan menonton video yang saya buat ini untuk cara menggunakan Google Question Hub untuk mendapatkan ide menulis berikut ini.


You Might Also Like:

Comment Policy:

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Buka Komentar
PrivacySitemap
©2019 KOMPI AJAIB