Skip to main content
KOMPI AJAIB

follow us

Satu Lagi Tool Untuk Membantu Edit Postingan Agar Valid AMP


Satu Lagi Tool Untuk Membantu Edit Postingan Agar Valid AMP - Salah satu masalah yang ditemukan pada blog AMP adalah gambar thumbnail yang kekecilan yang tidak sesuai dengan ketentuan Google. Bersyukur ada sebuah tool yang dapat membantu untuk membetulkan gambar thumbnail yang tidak sesuai ukuran yang ditetapkan.

Tool tersebut lebih tepatnya adalah berfungsi untuk memperbesar gambar tanpa kehilangan kualitas gambar. Sehingga ini dapat membantu Blogger ketika mengedit postingan yang tidak valid AMP untuk membantu memperbaiki gambar thumbnail yang kekecilan.

Jika sebelumnya Anda menggunakan tema blog non AMP dan sekarang menggunakan tema blog AMP, maka bisa dipastikan postingannya tidak valid AMP.

Untuk itu tentu saja kita harus mengedit postingan-postingan tersebut agar valid AMP. Hal yang banyak menjadi penyebab error AMP adalah penggunaan CSS inline dan kode gambar yang belum menggunakan tag amp-img serta gambar untuk thumbnail yang kekecilan.

Blogger secara default akan menggunakan gambar pertama sebagai gambar untuk thumbnail postingan.

Karena pada non AMP tidak ada ketentuan khusus untuk gambar thumbnail, maka biasanya blogger seenaknya menggunakan gambar yang kadang tanpa memperhatikan ukuran dimensi gambar. Biasanya kita hanya memperhatikan size gambar saja untuk mengurangi loading saja, namun ada juga yang menggunakan ukuran dimensi tertentu untuk menyesuaikan ukuran thumbnail blog.

Namun tetap saja jarang yang menggunakan gambar besar. Sementara sekarang pada AMP untuk gambar thumbnail harus memiliki ukuran lebar minimal 1200px.

Untuk memperbaiki gambar untuk thumbnail yang kekecilan, kita bisa menggunakan tool AI Image Inlarge.

AI Image Inlarge

AI Image Inlarge adalah sebuah aplikasi yang dapat memperbesar gambar atau foto tanpa kehilangan kualitasnya dengan bantuan artificial intelligence atau kecerdasan buatan. Caranya pun cukup mudah, tinggal drag and drop gambar ke dalam kotak yang disediakan.

Size file gambar yang diupload harus kurang dari 3MB dan memiliki resolusi kurang dari 750 × 800 piksel dengan format gambar PNG dan JPEG.

Setelah Anda drop atau memilih file, opsi selanjutnya untuk memperbesar gambar dan Anda dapat memilih memperbesar 2x atau 4x. Anda juga dapat memilih bagaimana gambar harus diperlakukan (sebagai karya seni, sebagai wajah seseorang, sebagai foto, atau kualitas tinggi). Anda dapat mencoba semua ini untuk melihat opsi mana yang memberikan hasil terbaik.

Selanjutnya gambar atau foto hasil konversi akan segera tersedia untuk Anda unduh dalam format gambar PNG.

Kemudian setelah itu silahkan cek size gambarnya, jika lebar gambar sudah 1200px atau lebih maka gambar tersebut sudah bisa digunakan sebagai thumbnail postingan. Namun kita juga harus tetap memperhatikan sizenya, sebaiknya sizenya di bawah 100kb untuk gambar postingan.

Contoh gambar yang saya perbesar 4x dengan high-grade, gambar tetap bagus.

Gambar di atas adalah contoh gambar yang saya perbesar 4x dengan high-grade, ukuran sebelumnya 564x591 pixel menjadi 2256x2364 pixel tetapi gambar hasil konversinya tetap bagus.

Nah jika Anda ingin mencoba AI Image Enlarge, silahkan unduh di tombol di bawah ini, sizenya cukup kecil hanya sekitar 3MB saja.

Dan berikut video yang saya buat untuk memperjelas postingan ini secara audio visual, silahkan tonton.

Semoga bermanfaat.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar