Skip to main content
KOMPI AJAIB

follow us

Cara Efektif Mempercepat Loading Blog


Cara Efektif Mempercepat Loading Blog - Salah satu ciri sebuah halaman blog yang berkualitas adalah memiliki time load yang baik. Jika sebuah blog memiliki time load yang baik, maka orang yang berkunjung ke blog itu senang. Sebab tidak perlu menunggu lama untuk mendapatkan informasi yang dicarinya.

Pengalam pribadi saya ketika di sekolah. Saat itu kondisi sedang diberi tugas oleh guru untuk mencari materi di Internet.

Nah ketika itu saya langsung mencari materi yang ditugaskan di Internet. Dan ketemulah dengan blog yang berada di halaman pertama. Ketika saya buka entah kenapa lama banget, padahal itu blog berada di page one.

Dan akhirnya saya memutuskan untuk back, untuk mencari blog lain. Bukan hanya saya yang seperti itu, tetapi ada teman yang mengalami hal yang sama. Dan melakukan tindakan yang sama, yaitu kembali ke pencarian untuk mencari blog lain.

Di sini saya mikir, hanya karena gara-gara time load yang lama, kita bisa kehilangan pengunjung. Kan sayang banget tuh, itu baru satu orang saja, bagaimana kalau ada banyak orang yang mencari informasi yang sama dan mendapatkan blog yang sama. Pasti banyak banget kehilangan pengunjung tuh.

Nah karena dari itu khusus di Kompiajaib saya akan berbagi tips untuk mempercepat loading blog kita.

  1. Gambar - Untuk penggunaan gambar di artikel usahakan mengunkan gambar yang tidak terlalu besar ukurannya. Sebab semakin besar ukuran gambar maka semakin mempengaruhi load time sebuah blog.
  2. Widget - Widget di dalam website itu memang sangat penting. Tapi perlu diketahui juga bahwa memasang widget yang banyak di halaman blog itu mempengaruhi time load blog. Saya pernah berkunjung ke suatu situs platform menulis artikel di Indonesia. Ketika saya kunjungi sangat berat, bahan patah-patah ketika dibuka. Itu penyebabnya karena teralu banyak memasang widget, apalagi widget html. Jadi saya sarankan untuk memasang widget yang penting saja, seperti populer post, recent post, random post. Jika memasang iklan jangan terlalu banyak. Biar gak lambat blognya.
  3. Template - Selain cara di atas, ada satu cara lagi yang sangat ampuh untuk mempercepat loading blog kita. Yaitu dengan memilih template yang baik. Bagaimana template yang baik itu? Template yang baik itu ada 2 kemungkinan, pertama ramah dengan search engine dan kedua ramah dengan user. Artinya template yang baik itu akan membuat sebuah blog bereputasi baik di Mesin Pencari, bahkan bisa meningkatkan rangking. Dan ketika diakses oleh orang dia user friendly, membuat nyaman pengunjung blog tersebut.

Maka dari itu saya tuliskan artikel Tips memilih template yang baik untuk Seo dan User friendly

Di sana sudah dijelaskan kiat-kiat untuk memilih sebuah template yang baik untuk blog.

Nah jika sudah menerapkan 3 tips di atas, bisa dipastikan kecepatan loading blog kita akan naik dratis. Bahkan bisa membuat orang yang berkunjung senang, dan betah di dalam blog kita.

Bagaimaan cara untuk mengetahui kecepatan blog?

Ada baiknya setelah melakukan optimasi di atas, kita cek kecepatan loading blog kita.

Berikut cara tes kecepatan website dan blog yang perlu kita coba.

Contoh dari blog dengan kecepatan loading yang baik.

Nilai 100 untuk blog www.iqlabseo.net yang telah melakukan tips-tips di atas, ketika diakses lewat Desktop.

Dan 92 nilai kecepatan yang diakses lewat perangkat Seluler.

Gimana menarik banget kan? Memiliki blog dengan performa yang cepat itu sangat enak. Selain disukai oleh Mesin pencari, juga auto disukai oleh pengunjung blog kita.

Dan perlu diketahui juga, bahwa kecepatan loading sebuah blog itu mempengaruhi SEO lho. Sebab ada sangkut pautnya dengan penggunaan Template.

Nah mungkin itu saja tips dari saya untuk mempercepat loading blog semoga bermanfaat.

Postingan ini dikirim oleh:

Pemain sandiwara bumi, berharap bisa bermanfaat untuk orang lain.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar