Skip to main content
KOMPI AJAIB

follow us

Optimasi Blog Dan Widget Di Zaman Kecepatan

Widget Di Zaman Kecepatan - Zaman Kecepatan? Ya, saya sebut demikian untuk era dunia web sekarang ini, di mana kecepatan akses website menjadi faktor rangking oleh raksasa mesin pencari, Google.

Sejalan dengan zaman smartphone sekarang ini, kemudahan akses sebuah website menjadi mutlak jika ingin memikat hati para pengguna smartphone. Begitu pula dengan mesin pencari terutama Google, website dengan loading yang ringan dan responsive akan lebih diutamakan di halaman hasil pencarian.

Menurut Google, kini pencarian di internet lebih banyak dari device mobile atau smartphone. Itu masuk akal melihat perkembangan ponsel yang terus meningkat. Kini hampir semua orang memiliki dan menggunakan ponsel atau smartphone, berinteraksi, belajar, belanja, bekerja, dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, kini Google merubah index utama yang semula menggunakan index desktop menjadi index mobile. Untuk itu, sebagai blogger kita harus bisa memikat hati Sang Pencari dengan membuat blog kita mudah diakses oleh berbagai device, terutama oleh smartphone.

Google menggunakan tool Pagespeed Insight dan Lighthouse untuk menentukan kecepatan sebuah website dan menggunakannya sebagai ranking. Sebuah web dengan skor "hijau" memiliki kesempatan lebih baik untuk mendapatkan rangkin bagus di SERP.

Nah, untuk mendapatkan skor "hijau" itu, beberapa cara ini mungkin bisa dicoba untuk optimasi website kita.

1. Tampilan Simple

Buatlah website atau blog sesimple mungkin namun tetap menarik. Kurangi pernak-pernik dan efek-efek yang kurang berguna, karena pernak-pernik tersebut akan menjadi sia-sia di perangkat mobile yang menggunakan layar hanya beberapa inchi. Gunakan script seminimal mungkin sesuai dengan fitur yang benar-benar dibutuhkan.

Bagaimana pun aktraktifnya blog Anda, akan terlihat sama dengan blog lain di ponsel, semuanya akan terlihat berderet ke bawah.

Jadi buatlah tampilan blog sesuai kebutuhan pengunjung blog. Gunakan navigasi yang mudah diakses pengunjung, terutama pengunjung mobile.

Evaluasi fitur-fitur blog kita, jika ada fitur yang tidak banyak digunakan oleh pengunjung atau bahkan mungkin tidak pernah digunakan pengunjung, sebaiknya kita mulai menghapus fitur tersebut.

2. Penggunaan Widget

Sebagaimana pada poin pertama di atas, pemilihan widget sangat penting dalam optimasi loading blog karena di sini semua tentang widget sebagai pernak-pernik blog. Pilih dan gunakan widget yang benar-benar sangat dibutuhkan pengunjung.

Sebagai contoh, penggunaan widget Recent Posts yang biasanya disimpan di sidebar. Menurut saya, widget Recent Posts sudah tidak diperlukan lagi di blog karena pengunjung bisa pergi ke homepage untuk melihat postingan terbaru. Dan jika dilihat di homepage, maka widget Recent Posts akan terlihat sebagai duplikat dari postingan homepage.

Untuk masalah bounce rate, kita bisa mengandalkan Related Posts dan internal link di dalam postingan atau Popular Posts yang mungkin lebih menarik untuk pengunjung sebagai "hot topic" dari blog tersebut.

Daripada menggunakan Recent Posts, menurut saya lebih baik menggunakan Random Posts yang menampilkan postingan blog secara acak sebagai "recommended articles".

3. Optimasi Gambar

Gambar menjadi unsur yang membuat blog semakin menarik, juga bisa lebih menjelaskan sebuah topik postingan. Namun di sisi lain, gambar juga menjadi kendala pada loading blog. Untuk itu, optimasi gambar sangat diperlukan, di antaranya dengan kompres size gambar, size yang ditampilkan sesuai, gunakan gambar format webp, dan lainnya.

Untuk ikon blog, sebaiknya gunakan ikon SVG yang memiliki ukuran file yang kecil dan terkompres dengan baik dan tetap tampil baik pada layar retina serta aman untuk di-zoom.

Dan tentu saja, kecepatan blog bukanlah segalanya untuk menjadi pemenang di SERP. Tetaplah "Content is The King" yang menjadi penentu akhirnya.

Jadi, blog tanpa optimasi saja tapi memiliki konten yang bagus, maka ia bisa bagus di pejwan. Apalagi dengan blog optimasi dengan konten yang bagus, maka ia bisa jadi juara di pejwan.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar