Skip to main content
KOMPI AJAIB

follow us

Mau memiliki tema blog seperti tema blog Kompi Ajaib ini? Silahkan baca postingan ini Template Kompi Ajaib AMP V3.

×

Custom Search Engine Adsense Sesuai Label Post Atau Keyword Dalam Postingan Blog

Custom Search Engine Adsense Sesuai Label Post Atau Keyword Tertentu Dalam Postingan Blog - Beberapa blogger menyebutkan bahwa hasil dari iklan custom search engine Adsense sangat kecil, jadi mereka memutuskan untuk tidak menggunakan custom search engine di blog.

Pernyataan mereka benar bahwa hasil dari menampilkan custom search engine (CSE) Adsense sangat kecil. Alasannya karena yang melakukan pencarian pada search box dengan CSE Adsense di blognya jarang atau mungkin sangat jarang. Oleh karena itu, maka hasil klik pada iklan CSE pun sangat kecil bahkan mungkin tidak ada.

Tapi bagaimana jika kita menampilkan custom search engine Adsense tanpa tergantung pada pengunjung yang melakukan pencarian pada search box? Bagaimana caranya dan apakah bisa dilakukan?

Jawabannya tentu saja bisa. Kita bisa mengedit custom search engine agar iklan yang ditampilkan sesuai dengan label post atau bisa dengan target keyword tertentu (sebaiknya dengan keyword yang masih berhubungan dengan niche blog) dan kita menampilkannya di dalam postingan blog.

Tentu saja dengan ini kita tidak tergantung pada pengunjung yang melakukan pencarian agar melihat atau mengklik iklan pada CSE. Kini viewable iklan CSE menjadi tinggi karena kini semua pengunjung dapat melihat iklan CSE tanpa harus melakukan pencarian. Jadi kemungkinan klik iklan CSE menjadi lebih tinggi. Sayang juga jika fitur Adsense Ads for Search yang satu ini tidak dimanfaatkan dan dioptimalkan.

Tepat di awal Tahun Baru 2019 ini saya juga mencoba peruntungan dengan CSE Adsense ini, jadi belum bisa memberikan hasilnya. Untuk tampilannya, Anda bisa lihat pada halaman ini (jika saya belum merubahnya) atau seperti pada gambar di bawah ini.

Pada CSE ini, kita hanya menampilkan iklannya saja. Sementara hasil penelusurannya kita sembunyikan. Iklan ditargetkan pada keyword sesuai dengan label postingan, jadi bisa sesuai dengan konten postingan, atau kita bisa menggunakan keyword tertentu yang masih sesuai dengan niche blog sehingga masih sesuai dengan minat dan ketertarikan pengunjung.

Jika tertarik untuk mencobanya, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini.

Langkah pertama, silahkan buat custom search engine di dashboard Adsense pada menu Ads for Search. Tidak ada trik khusus untuk membuat cse Adsense ini, Anda bisa memilih pencarian seluruh web atau hanya web yang dipilih. Kemudian catat kode var cx yang biasanya seperti ini partner-pub-0123456789123456:01234567.

Langkah selanjutnya silahkan masuk ke edit HTML Blogger dan cari kode berikut in.


<b:includable id='post' var='post'>

Kemudian silahkan simpan kode berikut ini di atas kode tadi.


            <b:includable id='cse' var='posts'>
<b:if cond='data:blog.pageType in {&quot;item&quot;}'>
<b:loop values='data:post.labels' var='label'>
<div id='cse-results'/>
<script>
var opt = &quot;<data:label.name/>%&quot;;
var ppub = &quot;partner-pub-0123456789123456:01234567&quot;;
</script>
</b:loop>
   </b:if>
</b:includable>

Ganti kode yang ditandai dengan kode var cx dari langkah pertama tadi. Kode di atas untuk menentukan target keyword berdasarkan label postingan.

Jika ingin menentukan keywordnya dengan keyword tertentu, silahkan gunakan kode di bawah ini.


            <b:includable id='cse' var='posts'>
<b:if cond='data:blog.pageType in {&quot;item&quot;}'>
<div id='cse-results'/>
<script>
var opt = &quot;keyword%&quot;;
var ppub = &quot;partner-pub-0123456789123456:01234567&quot;;
</script>
   </b:if>
</b:includable>

Ganti kode yang ditandai dengan keyword yang diinginkan, Anda juga bisa mencoba dengan judul post dengan menggunakan kode <data:post.title/> dan sesuaikan ppub dengan var cx dari langkah pertama tadi.

Kemudian silahkan copy kode berikut ini.


<b:include data='posts' name='cse'/>

Lalu silahkan paste di kode untuk postingan, bisa di atas post atau di bawah post. Biasanya kodenya seperti ini atau mirip seperti ini.


<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot; or data:blog.pageType == &quot;static_page&quot;'>
SIMPAN DI SINI
  <data:post.body/>
ATAU SIMPAN DI SINI
</b:if>

Terakhir, silahkan simpan kode berikut di atas kode </body>


<b:if cond='data:blog.pageType in {&quot;item&quot;}'>
<style>
/*<![CDATA[*/
#cse-results{width:100%;margin:0 auto}
.gs-imageResult .gs-snippet,.gs-webResult .gs-snippet,.post-body a[href^="http://cse.google.com/"]:after, .post-body a[href^="https://cse.google.com/"]:after,.post-body a[href^="http://cse.google.com/"]:hover:after, .post-body a[href^="https://cse.google.com/"]:hover:after,.gsc-adBlockNoHeight~.gsc-resultsbox-visible{display:none}
.gcsc-branding-img-noclear{width:50px!important;height:15px;vertical-align:middle!important;}
.gsc-above-wrapper-area,.gsc-adBlock{border:none}
.gsc-above-wrapper-area,.gsc-webResult .gsc-result{padding:0!important;border-bottom:0!important}
.static_page .gs-imageResult .gs-snippet,.static_page .gs-webResult .gs-snippet{display:block}
.gsc-adBlock{margin:0 -4px}
.gsc-loading-fade .gsc-result-info,.gsc-loading-fade .gsc-loading-resultsRoot,.gsc-loading-resultsRoot,.gsc-loading-fade .gsc-loading-refinementsArea,.gsc-loading-fade .gsc-adBlock,.gsc-loading-fade .gsc-adBlockVertical,.gsc-loading-fade .gsc-adBlockNoHeight{opacity:1!important}
/*]]>*/
</style>
<script src='https://cdn.staticaly.com/gh/KompiAjaib/js/master/jsapi.js'/>
</b:if>

Sekarang silahkan cek tampilan cse Adsense di dalam postingan blog.

Semoga bermanfaat.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar