Skip to main content

Solusi Iklan Di Tengah Artikel Dengan Auto Ads Di Blogger



Solusi Iklan Di Tengah Artikel Dengan Auto Ads Di Blogger - Berbagai cara dilakukan para publisher Adsense untuk menampilkan iklan Adsense di tengah artikel. Karena artikel merupakan daerah dengan viewable tinggi, maka ini dianggap sebagai tempat untuk menampilkan iklan yang paling strategis.

Untuk menyimpan iklan di atas dan di bawah postingan secara otomatis tampil di semua halaman adalah cara yang mudah dan bisa dilakukan di edit HTML. Namun untuk menampilkan iklan di tengah artikel perlu bantuan khusus dengan javascript.

Sebenarnya mudah saja untuk menyimpan iklan di dalam postingan, yaitu dengan meletakannya secara manual ketika membuat postingan. Namun ini akan menjadi masalah jika kita akan mengganti kode iklan, kita harus mengedit postingan satu per satu.

Lalu bagaimana caranya untuk menampilkan iklan di tengah artikel tanpa bantuan javascript?

Seperti sudah kita ketahui, Adsense menyediakan unit auto ads yang dapat menampilkan iklan di tempat-tempat strategis secara otomatis. Salah satu keunggulan auto ads adalah dapat menyisipkan iklan di antara paragraf di dalam postingan.

Saya sudah menggunakan auto ads, tetapi iklan tidak muncul di dalam postingan. Itu penyebabnya apa ya?

Pertanyaan itu banyak datang dari para publisher yang menggunakan platform Blogger. Yup... tampaknya auto ads enggan menyisipkan iklan di dalam postingan Blogger meskipun postingan tersebut panjang menjuntai.

Lalu apa penyebabnya auto ads sampai enggan menyisipkan iklan di dalam postingan Blogger?

Yang jadi penyebab auto ads tidak menyisipkan iklan di dalam postingan Blogger adalah karena paragraf di postingan Blogger tidak jelas.

Dalam kode HTML, paragraf diwakili dengan tag p seperti contoh berikut ini.

<p>Ini adalah contoh penulisan paragraf dengan kode HTML.</p>

Sementara di Blogger, paragraf menggunakan tag div atau bahkan cukup dengan menggunakan line break dengan kode <br /> dua kali.

Nah, oleh karena itu kita harus menggunakan tag p untuk membuat paragraf di dalam postigan Blogger jika Anda ingin menampilkan iklan di dalam postingan dengan bantuan auto ads.

Kini kita harus lebih sabar dalam membuat postingan dan mulai membiasakan diri membuat postingan dengan mode HTML.

Sebagai contoh penggunaan tag p untuk paragraf adalah sebagai berikut, ditulis di dalam mode HTML bukan Compose.


<p>Ini contoh paragraf di dalam pstingan yang ditulis di mode HTML</p>
<p>Ini adalah paragraf lainnya..............</p>
<p>Ini adalah paragraf lainnya..............</p>
<p>Ini adalah paragraf lainnya..............</p>
<p>Ini adalah paragraf lainnya..............</p>

Untuk itu diperlukan pemahaman dasar HTML, khususnya untuk penulisan tag p atau div dan lainnya.

Atau agar lebih mudah, Anda bisa menggunakan tool converter line break to paragraph yang dibuat oleh mas Taufik, DTE.

Convert Line Break To Paragraph

Namun karena kode HTML postingan Blogger suka acak-acakan, maka hasilnya kadang-kadang ada yang kurang tepat. Jadi kita harus merapihkannya dahulu sebelum postingannya diterbitkan.

Dan postingan yang saya buat ini sudah menggunakan tag p untuk paragrafnya, jadi ada kemungkinan auto ads menyisipkan iklan di dalam postingan ini.

Klik gambar untuk memperbesar. Klik Esc di keyboard untuk kembali.

Jika sudah menggunakan cara ini namun auto ads tetap tidak muncul di dalam postingan, itu berarti Adsense sudah menghitung bahwa iklan di halaman tersebut sudah cukup. Atau coba buat postingan yang puanjaaaaanggg.... hehehee.

Namun sampai saat ini saya belum mendapati iklan di dalam postingan pada halaman AMP di ponsel dengan amp-auto-ad meski sudah menggunakan cara ini.

Tetapi semoga ini bisa menjadi solusi untuk menampilkan iklan di dalam postingan AMP di masa yang akan datang. Jadi tidak perlu menggunakan javascript lagi untuk menampilkan iklan di tengah postingan, baik pada AMP maupun NON AMP.

UPDATE:

Sekarang iklan auto adsense sudah menyisipkan iklan di dalam artikel di antara paragraf postingan baik di desktop, mobile, maupun AMP.

Berikut video bukti bahwa kini kita tidak perlu menggunakan javascript untuk menampilkan iklan di tengah postingan. Cukup menggunakan tag P untuk paragraf postingan. Dengan begitu kita bisa lebih menghemat penggunaan javascript agar loading blog semakin cepat. Karena kecepatan loading blog sekarang menjadi salah satu faktor ranking di SERP.


You Might Also Like:

Comment Policy:

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Buka Komentar
PrivacySitemap
©2019 KOMPI AJAIB