Skip to main content
KOMPI AJAIB

follow us

Pengalaman Manis Online Shop Andhimind.id Bersama Kiosiana

Kini andhimind.id mulai mencoba menuliskan pengalaman berjualan online di dunia maya melalui Google sebagai tempat/ wadah promosi yang dapat dibaca, dilihat dan diakses dengan mudah oleh seluruh masyarakat dunia.

Dengan pemilihan nama yang unik dan mudah diingat oleh banyak orang maka andhimind mulai hadir menjadi suatu merek dagang yang menghiasi dan ikut berpartisipasi menyelenggarakan proses jual-beli perdagangan secara online.

Pemilihan domain juga turut berperan penting dalam proses pembentukan dan eksistensi merek dagang tersebut. Dengan memilih domain (dot)id yang menargetkan konsumen di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia dan menjadi jati diri suatu e-commerce yang dapat dipercaya, kredibilitas dan diakui oleh banyak kalangan masyarakat Indonesia.

Baca juga:

Kenapa andhimind memilih target konsumen di Indonesia? Kenapa tidak di negara lain? Saya Andhi Setya Hermawan sebagai founder andhimind.id dari lulusan Fakultas Ekonomi Manajemen Universitas Islam Indonesia tahun 2013 yang bertepatan dengan tema skripsi saya juga mengenai kepuasan konsumen toko online yang ditargetkan ke negara Indonesia akan menjawab pertanyaan di atas, karena Indonesia adalah negara yang mempunyai jumlah penduduk terbesar ke-5 di dunia dan menjadi urutan paling atas menjadi masyarakat terbesar dan berpengaruh dalam melakukan transaksi uang, jual beli perdagangan dan menjadi ladang bisnis yang sangat potensial yang sampai disebut masyarakat Indonesia sebagai konsumen yang sangat konsumtif dari berbagai produk-produk manca maupun dalam negeri.

Dengan potensi dan peluang bisnis yang sangat gurih itu maka andhimind memutuskan akan memanfaatkan bisnis secara online dengan pangsa pasar yang sangat banyak di Indonesia dengan menghadirkan produk-produk berkualitas dan mencintai produk-produk dalam negeri Indonesia.
Setelah menentukan nama dan domain, maka andhimind memulai untuk membuat sebuah website toko online/e-commerce pada tanggal 9 Oktober 2017 yang sederhana, mobile friendly, valid HTML5, valid CSS3, dengan tampilan yang responsif, navigasi yang jelas, dominan warna hijau, cara belanja yang mudah dipahami apalagi didukung dengan tombol pesan menggunakan media pesan elektornik seperti SMS, WhatsApp dan Telegram yang akan dengan cepat saya respon dan tentunya selalu optimalisasi mesin pencari (SEO) dari mulai mendaftarkan dan memasang sitemap di berbagai mesin pencari sampai menganalisa dan mengontrol struktur data andhimind agar tetap dinilai baik di mata Google dengan bantuan Kang Adhy Suryadi selaku pemilik Kompi Ajaib.

Dengan bantuan jasanya menggunakan template Kiosiana yang dimodifikasi sedemikan rupa sesuai keinginan saya maka jadilah sebuah website andhimind yang sampai sekarang tetap eksis dan update tiap harinya. Memang target saya untuk posting produk setiap hari cukup satu kali saja pada pukul 02.00 pagi.

Untuk postingan produk pertama kali saya memilih untuk menulis deskripsi produk rumah tangga yang berjudul Katalog Dusdusan Edisi Bulan Januari - Februari pada 1 Januari 2017 yang memang sengaja saya mundurkan waktu penerbitan postingan itu untuk menyiasati mesin pencari dalam melakukan index dan perayapan.

Tidak disangka dan diduga memang terbukti ampuh template Kiosiana ini membuahkan hasil penjualan di hari kedua pembuatannya pada tanggal 10 Oktober 2017. Syukur alhamdulillah pada hari itu dapat penjualan pertama kali di bisnis online shop ini dengan keuntungan yang masih ala kadarnya. Saya juga bersyukur sekali bahwa andhimind sangat cepat terindex oleh rayapan si laba-laba milik google dan mulai tercantum di mesin pencari (search engine) Google dan Bing.
Entah bagaimana caranya mesin pencari mengenali website baru saya itu dan mulai bersaing di halaman pertama Google Search dengan raksasa toko online lainnya. Setelah hal itu saya semakin semangat dan rajin untuk posting produk peralatan rumah tangga yang murah tetapi berkualitas baik dan saya tetap masih melakukan teknik memundurkan waktunya dalam mempublikasikan produk yang saya jual.

Dari awal memang tujuan saja berjualan toko online untuk mendapatkan uang dafi internet dan melatih serta mempraktekan ilmu marketing yang menjadi passion hidup saya sejak di bangku perkuliahan. Saya juga berkeinginan dapat diterima Google AdSense esok entah kapan hal itu terjadi, tetapi saya tetap berusaha secara konsisten untuk menghadirkan produk dengan tulisan artikel yang saya deskripsikan secara luas dan mendalam serta menerapkan teknik link building secara tepat di setiap posting agar saling berkaitan satu produk dengan produk lainnya.

Sampai saat ini saya memang sengaja belum mendaftarkan website andhimind kepada Google AdSense karena belum percaya diri atas umur, kuantitas artikel produk dan tentunya link yang andhimind punya masih belum banyak berkualitas. Tetapi saya yakin dapat diterima Google AdSense suatu saat kelak.

Walaupun andhimind belum mencoba mendaftar dan tentunya belum diterima Google AdSense tetapi andhimind sudah mendapatkan hadiah sitelink dari Google. Saya sangat senang sekali mendapatkan sitelink yang sudah lama saya tunggu-tunggu dan akhirnya tanggal 28 Juli 2018 jam 17.00 saya cek di Google Search dengan mengetikan kata kunci "andhimind.id" telah muncul 2 sitelink yaitu mukena dan dusdusan.

Dengan mendapatkan hadiah sitelink dari Google otomatis website saya telah diakui dan dinilai bermanfaat oleh banyak kalangan masyarakat, tentunya dinilai baik oleh Google. Saya harap dengan adanya sitelink ini dapat memberikan kemudahan pengunjung dalam mencari berbagai produk yang ditawarkan andhimind.

Dengan ratusan produk peralatan rumah tangga yang saya dapatkan dari menjadi member dan reseller Dusdusan, mendapatkan ratusan produk pakaian fashion pria, wanita sampai anak lalu ada juga produk mainan edukasi, aksesoris hingga melayani pendaftaram mitra GRAB dan pembayaran bulanan seperti BPJS, pulsa dan token listrik dari agen, member dan reseller KUDO, Alfamind, dan Alfacart.

Sistem dagang andhimind memang tidak setok barang bahkan dapat dibilang bisnis toko online tanpa modal dan dapat saya lakukan dimana saja dan kapan saja sesuai dengan keinginan saya. Apalagi saya sekarang bekerja menjadi karyawan di suatu perusahaan di Yogyakarta yang dituntut untuk inovasi, berkembang dan kreatif. Oleh karena itu saya mempunyai bisnis toko online andhimind.id untuk menjadi tambahan penghasilan bulanan.

Dengan perkembangan teknologi saat ini khususnya untuk pembayaran elektronik digitalisasi, maka saya juga ikut menyediakan berbagai macam cara pembayaran melalui uang elektronik, seperti DOKU Wallet, GoPay, OVO, t-Cash, PayPro dan PayPal yang dapat mempermudah dan pilihan alternatif transaksi oleh konsumen. Dengan begitu saya ikut andil dalam memajukan teknologi berbasis digitalisasi sesuai kebutuhan masyarakat agar transaksi dapat cepat dan aman.

Hasil dari bisnis online ini memang fluktuatif tiap harinya, kadang melimpah dan kadang pula hanya bisa untuk membeli sepiring nasi saja. Tetapi saya yakin namanya usaha memang ada pasang surutnya, maka saya tetap harus terus belajar untuk mendapatkan peluang wawasan luas, mempertahankannya untuk tetap eksis, telaten, sabar dan berdoa serta bersedekah dikala sempit maupun lapang.

Saya juga paham dan mengerti bisnis toko online di Indonesia sangatlah banyak, menjamur dimana-mana, pesaing saling sikut untuk mendapatkan banyak konsumen dan siapa yang kalah finansial tentunya akan hilang dari peredaran entah kemana. Saya memang sudah memikirkan tentang hal itu dan saya harap andhimind tetap terus berkembang dan tetap melayani konsumen dengan setulus hati, penuh kejujuran dan tetap menghadirkan banyak produk berkualitas yang disukai banyak kalangan masyarakat Indonesia.

Saya berterima kasih dan syukur alhamdulillah kepada Allah SWT yang telah memberikan hidayah dan keridhoan-Nya kepada saya yang mampu melalui berbagai macam cobaan dan kebahagiaan sampai saat ini. Saya juga berterima kasih atas berbagai pihak telah mendukung dan membantu ide, masukan kritik saran, dan tetap setia bersama saya melalui suka duka di dunia ini.

Sekian dahulu kisah toko online andhimind.id yang memulai berjualan online produk rumah tangga berkualitas dan berbagai macam layanan yang dapat Anda andalkan dalam melengkapi kebutuhan dan keperluan sehari-hari.

Bila ada saran dan kritik dapat dilayangkan ke alamat email andhimind@gmail.com bahkan bila Anda ingin membeli produk-produk pilihan andhimind dapat langsung WhatsApp di 0822 4266 5566.

Selamat berbelanja online dengan aman. Terima kasih.

Postingan ini dikirim oleh:

Saya adalah admin blog ANDHIMIND.id

You Might Also Like:


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar