Skip to main content
KOMPI AJAIB

follow us

Memasang Contact Form Blogger Pada Halaman Static Blog AMP HTML


Seperti kita ketahui bahwa Blogger sudah menyediakan contact form untuk mempermudah pengunjung menghubungi admin blog. Pesan yang dikirim oleh pengunjung akan otomatis masuk ke inbox Admin blog. Dan contact form Blogger ini ditampilkan dengan menggunakan script, sehingga hal inilah yang membuat contact form blogger tidak bisa digunakan oleh blog AMP HTML.

Untuk itu sebelum ini saya sudah membuat beberapa solusi mudah untuk membuat contact blog pada blog AMP HTML. Namun bagi pengguna Blogger tentu saja belum apdol jika tidak menggunakan contact form bawaan Blogger. Untuk itu saya terus berusaha untuk mencari cara memasang contact form Blogger pada halaman static blog AMP HTML.

Salah satu caranya untuk memasang contact form pada blog AMP yaitu dengan menggunakan amp-iframe, dan kebetulan saya sudah menemukan cara mudah untuk menampilkan amp-iframe agar tetap dimuat walaupun di simpan di sebelah atas.

Setelah kita menemukan cara untuk menampilkan amp-iframe yang tetap dimuat walaupun disimpan di bagian atas, kini kita tinggal mencari cara untuk menampilkan contact form Blogger pada amp-iframe di halaman static.

Kemudian saya teringat cara menggunakan contact form Blogger untuk contact Wordpress yang sudah cukup lama saya bagikan. Pada postingan tersebut kita memasang contact form blogger pada Wordpress dengan menggunakan iframe.

Nah tentu saja trik tersebut bisa kita gunakan juga untuk memasang contact form blogger pada AMP dengan menggunakan amp-iframe.

Sebagai demonya silahkan cek contact form Kompi Ajaib berikut ini

Nah jika Anda ingin mencobanya juga silahkan ikuti langkah-langkahnya berikut ini.

Di sini kita akan membuat sebuah blog baru khusus untuk contact form ini yang nantinya akan kita tampilkan pada amp-iframe. Blog ini hanya menampilkan contact form saja dan saya saya sudah membuatkan template khusus untuk contact form blogger ini.

Alasan kita menggunakan blog baru untuk contact form ini karena contact form Blogger harus dibuat di blog Blogger, artinya kita tidak bisa menghosting sendiri kode-kodenya.

Namun meskipun menggunakan blog lain, tetapi pesan akan tetap dikirim pada inbox Admin, itu intinya.

Nah silahkan Anda buat blog baru khusus untuk contact form ini dan kemudian aktifkan HTTPS nya. Kemudian silahkan masuk ke menu Template atau Theme lalu non aktifkan mobile theme-nya.

Setelah itu silahkan masuk ke Edit HTML dan silahkan timpah semua kode di edit HTML dengan kode template khusus contact form yang saya sediakan. Silahkan unduh templatenya berikut ini.

Setelah itu silahkan save templatenya.

Kemudian setelah itu silahkan masuk ke dashboard blog AMP Anda lalu silahkan gunakan kode berikut ini pada halaman statis dengan mode HTML untuk menampilkan contact form blogger.


<amp-iframe title="Contact"
              src="https://contactkompiajaib.blogspot.com/"
              height="400"
              layout="fixed-height"
              frameborder="0"
              sandbox="allow-forms allow-scripts allow-same-origin allow-modals allow-popups">
    <amp-img src="https://2.bp.blogspot.com/-rRo__E6FsPs/Ws7U-IT8KNI/AAAAAAAAw_Q/qCwa6vKHgTIB-ytesdA4FlKrXMRYt5NMACLcBGAs/s1600/placeholder.png"
             layout="fixed-height"
             height="400"
             width="auto"
             placeholder>
    </amp-img>
  </amp-iframe>

Silahkan ganti kode URL https://contactkompiajaib.blogspot.com/ ini dengan URL blog contact form Anda yang tadi dibuat.

Kemudian publikasikan halamannya dan silahkan cek penampakan contact form blogger-nya.

Bagaimana, mudah bukan?

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

UPDATE:

Baru-baru ini saya cek kirim pesan melalui Contact Form Kompi Ajaib ini ternyata pesannya tidak masuk ke email admin blog padahal pesannya jelas terkirim dari contact form.

Entah apa yang membuatnya error, padahal saya coba di blog saya yang lain, pesan dari contact form terkirim dan masuk ke inbox admin. Dan blog tersebut menggunakan TLD, sementara blog contact form menggunakan domain blogspot.

Dan saya berinisiatif untuk mencoba menggunakan TLD pada blog contact form tersebut dengan menggunakan sub domain dari kompiajaib.com yaitu contact.kompiajaib.com, dan ternyata BERHASIL. Pesan terkirim dari contact form ke inbox admin.

Jadi yang sudah menggunakan trik ini dan contact form-nya error atau yang mau mencoba trik ini, silahkan gunakan sub domain pada blog contact form. Untuk membuat sub domain silahkan ikuti postingan ini cara membuat sub domain.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar