KOMPI AJAIB

follow us

Mari Bermain Bola Voli, Blogger Juga Harus Berolahraga

Sebelumnya terimakasih kepada mas Adhy Suryadi owner Kompi Ajaib yang telah memberikan saya kesempatan untuk menjadi penulis tamu pada blog ini. Pada kesempatan yang sangat berharga ini saya ingin mengajak para blogger khususnya pengunjung blog Kompi Ajaib ini meluangkan sedikit waktuya untuk bermain bola voli.

Sebenarnya tidak harus bola voli sih, olahraga apapun juga boleh intinya adalah mengolahragakan tubuh untuk menjaga kesehatan. Banyak sekali anggapan yang salah kaprah tentang olahraga bahwa olahraga hanya bertujuan untuk melangsingkan badan atau pun membentuk postur atletis.

Sebagai blogger tentu saja kita juga memerlukan olah raga agar tubuh tetap sehat dan tentunya dapat terus menulis postingan. Sisihkan sebagian waktu untuk berolah raga sebagai bagian dari jadwal seorang blogger agar bisa terus produktif.

Mengapa kita harus berolahraga?

Pernahkah Anda berolahraga namun beberapa bagian tubuh malah terasa sakit? Nah, itu adalah contoh otot yang kaku. Otot yang jarang atau bahkan tidak pernah diolahragakan sama sekali akan mengalami trauma otot setelah berolahraga. Bila kita ibaratkan tubuh manusia sebagai mesin, bayangkan bagaimana jika mesin tidak pernah dipakai, berkarat bukan? Seperti itu juga tubuh manusia jika tubuh tidak diolahragakan, otot-otot kita juga akan kaku dan tidak sehat.

Olahraga mempunyai manfaat yang kompleks bagi manusia baik secara jasmani maupun rohani. Secara jasmani jelas dengan berolahraga badan dan organ tubuh menjadi sehat, sedangkan secara rohani atau psikis dengan berolahraga kita menemunkan kesenangan yang membuat pikiran menjadi segar. Manfaat secara psikis ini dapat kita temui saat kita melakukan olahraga permainan seperti bola voli atau pun olahraga permainan lain seperti bola basket, sepak bola, badminton, dan lain sebagainya.

Bagaimana, apakah sekarang Anda sudah berniat untuk berolah raga setelah mengetahui manfaat olahraga? Tapi tunggu dulu, karena misi saya saat ini adalah mengajak Anda melanjutkan membaca dan mendalami tentang olahraga permainan bola voli.

Seperti yang saya katakan di atas tadi, Anda bisa saja berolahraga misalkan lari, sepak bola, atau bulu tangkis, dan lain sebagainya, tapi apakah olahraga itu cocok untuk Anda? Saya sangat merekomendasikan permainan bola voli ini karena menurut saya olahraga bola voli lebih aman, murah, menyenangkan, dan cocok bagi semua umur.

Keunggulan Olahraga Bola Voli

Semua orang pasti tahu apa itu bola voli yaitu permainan yang dilakukan oleh dua tim yang berisi enam orang pemain bola voli pada masing-masing tim. Bola voli, olahraga yang paling saya sukai ini saya katakan lebih unggul dari olahraga lain karena olahraga ini minim kontak fisik dan tidak terlalu agresif. Sejarah permainan bola voli yang diciptakan oleh William G. Morgan, ini dahulu memang dirancang untuk orang-orang yang berumur.

Morgan terinspirasi dari permainan bola basket yang diciptakan oleh teman seperjuangannya yang bernama James A. Naismith.

Dia berpikir olahraga apa yang bisa dilakukan oleh orang-orang yang sudah berumur, tidak terlalu agresif, namun tetap memberi manfaat yang lebih.

Hingga akhirnya dia menggabungkan antara bola basket, bola tangan, tenis, dan base ball menjadi olahraga bola voli seperti sekarang ini.

Bila kita tilik dari peralatan yang digunakan, permainan bola voli juga tidak membutuhkan peralatan yang mahal.

Bandingkan dengan olahraga lain misalkan badminton atau tenis yang harga raketnya selangit. Untuk memainkan olahraga bola voli yang murah meriah ini kita hanya butuh bola dan net saja.

Teknik permainan bola voli pun juga mudah dipelajari, inti sebenarnya hanyalah tentang bagaimana memantulkan bola dengan anggota tubuh. Orang yang berumur 40 tahun lebih pun dapat melakukan teknik passing bola voli ini dengan mudah. Meskipun permainan bola voli memang identik dengan lompatan tinggi tapi lompatan yang rendah pun juga tidak masalah karena sebenarnya smash bola voli tidak memerlukan jumping atau lompatan yang tinggi, namun timing lompatan yang tepat adalah kunci smash atau spike yang sempurna.

Saya berharap sekelumit tulisan di atas dapat menyadarkan kita semua tentang pentingnya berolahraga. Berolahraga bukan tentang bagaimana menjadi pemain pro melainkan tentang bagaimana kita menjaga kesehatan tubuh, dan blogger juga memerlukannya agar bisa terus produktif.

Postingan ini dikirim oleh:

Saya bukan pemain bola voli profesional sekedar ingin berbagi apa yang saya ketahui agar kelak muncul pemain-pemain bola voli yang handal.
Reactions:
Share this with short URL:

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar