Skip to main content
KOMPI AJAIB

follow us

Solusi Tidak Bisa Setting Redirect non www to www Setelah Pasang HTTPS Blogger

Setelah kita mengaktifkan HTTPS Blogger, kita harus memastikan semua url blog bisa diakses agar tidak mengurangi jumlah traffic blog.

Silahkan cek semua url blog Anda untuk memastikan blog bisa diakses melalui http://, http://www, https://, dan https://www.

Jika blog bisa diakses dengan keempat url tersebut, maka jangan khawatir traffic blog kita akan berkurang.

Ada beberapa teman blogger yang mengeluh setelah pasang HTTPS di blogger, trafficnya anjlok menurun drastis. Ternyata setelah dicek, blognya tidak bisa diakses tanpa www baik http maupun https.

Hal itu disebabkan karena setting redirect non www ke www tidak bisa dicentang atau bisa dicentang tapi tidak bisa di-save.

Hal ini terjadi setelah pasang HTTPS dan kelupaan setting redirect non www to www belum diaktifkan.

Dan solusinya kebetulan saya temukan tidak sengaja kemarin sebelum teman-teman blogger mengeluh tidak bisa redirect non www to www setelah setting HTTPS.

Setelah setting HTTPS, saya mencoba iseng untuk menonaktifkan redirect non www to www, namun ketika akan diaktifkan kembali, setting-nya tidak bisa disimpan. Tentu saja hal ini sempat membuat saya kelabakan sampai membuka setting DNS domain untuk memastikan tidak ada yang berubah.

Namun akhirnya solusi non www to www ini tidak bisa di-setting setelah pasang HTTPS saya temukan dengan tidak sengaja juga setelah kepala berpusing ria hehehe...

Jadi jika kebetulan Anda mengalami hal yang sama, silahkan lakukan hal seperti berikut:
  • Silahkan lepaskan atau hapus dulu custom domain-nya, dengan begitu akan kembali ke domain blogspot dan setting HTTPS custom domain akan off lagi. Setelah itu silahkan refresh halaman dashboard-nya.
  • Kemudian silahkan pasang lagi custom domainnya dengan klik + Setup a 3rd party URL for your blog lalu masukan domain Anda dengan www dan centang redirect non www to www kemudian simpan settingnya.
  • Kemudian silahkan setting kembali HTTPS untuk custom domainnya.
Rupanya setting DNS redirect domain ini bentrok sama setting HTTPS. Dengan melepaskan dulu custom domainnya maka setting HTTPS untuk custom domainnya menjadi off lagi sehingga proses redirect domain bisa dilakukan.

Nah bagaimana, mudah bukan? Semoga ini bisa membantu.

You Might Also Like:


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar