Skip to main content

Cara Memperbaiki Mixed Content Setelah Setting HTTPS

Jika Anda sudah mengaktifkan setting HTTPS di blog, pada beberapa blog akan terdapat mixed content. Jika terjadi mixed content, maka HTTPS nya akan berwarna abu-abu dengan tanda seru bukannya berwarna hijau dengan gembok hijau.

Mixed content terjadi karena sumber di dalam blog yang harus diunduh browser masih menggunakan HTTP, seperti untuk file js, gambar, dan video.

Sumber mixed content ini bisa berada di template blog, di dalam widget, atau di dalam postingan.

Beruntung bagi pengguna template AMP HTML, karena dari awal sudah diharuskan menggunakan sumber HTTPS, maka tidak akan terjadi mixed content.

Cara memperbaiki mixed content setelah setting HTTPS ini sebenarnya cukup mudah, hanya perlu ketelitian saja.

Sebenarnya mixed content tiap blog akan berbeda-beda, namun cara memperbaikinya sama saja yaitu dengan cara melihat sumber mixed content lalu merubahnya menjadi HTTPS.

Sebagai contoh, saya mengambil screenshot dari sebuah blog yang masih terdapat mixed content. Silahkan Anda inspect element halaman blog yang HTTPS nya berwarna abu-abu.

Lalu di pojok kanan atas kotak inspect element akan ada angka untuk warning berwarna kuning dan angka untuk error berwarna merah, silahkan klik angka tersebut yang nantinya akan muncul kotak baru di dalam inspect element yang memperlihatkan apa saja warning dan error pada blog.

Setelah itu silahkan cari penyebab mixed content nya, jika sudah ketemu silahkan cara kode url tersebut di dalam edit HTML, seperti berikut ini.


Bagaimana, mudah bukan?

Jika masih kesulitan silahkan tanyakan di kolom komentar, gunakan <code>URL halaman blog yang masih abu-abu</code> untuk menyimpan URL blog Anda di komentar disqus agar saya bisa mencoba membantu Anda dengan melihatnya langsung di blog Anda.

Berbagi itu peduli:

Comment Policy:

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk komentar out of topics silahkan masuk ke Forum Kompi Ajaib
Buka Komentar
Buka Komentar
Jangan Diklik!

Menarik Untuk Dibaca Juga:


PrivacySitemap
©2021 KOMPI AJAIB