Skip to main content

Punya Prospek Bagus, Ini Dia 4 Tips Membuka Usaha Sembako

Sekarang ini, bisnis rumahan dengan modal kecil bisa dilakukan, salah satunya usaha sembako. Ya, membuka bisnis sembako memang memiliki prospek yang bagus sebab kebanyakan orang membeli kebutuhan primer setiap harinya. Nah, untuk mengetahui lebih lanjut mengenai bisnis sembako ini, yuk simak pembahasannya berikut.

Tips Membuka Usaha Sembako Agar Laris dan Untung

Sembilan bahan pokok atau disingkat dengan sembako merupakan kebutuhan primer yang sangat penting. Karena termasuk bahan pokok yang dibutuhkan setiap hari, jumlah permintaan sembako di pasaran tidak pernah sepi.

Tentunya, ketika berencana membuka warung sembako di rumah, maka bisa menjadi ide yang sangat bagus. Untuk membuka bisnis sembako di rumah, ada beberapa tips yang dapat diikuti agar laris dan untung, di antaranya:

Lakukan riset harga jual per bahan

Untuk memperoleh keuntungan yang lebih maksimal, tips membuka warung sembako adalah dengan melakukan riset harga jual per bahan di pasaran. Jangan sampai menjual barang dengan harga yang terlalu murah atau terlalu mahal.

Sebab, keduanya akan mengakibatkan kerugian yang tidak bisa dihindarkan. Selain di pasar, pastikan juga untuk mengecek harga barang di warung-warung lain agar bisa bersaing dengan sehat.

Carilah tempat stok jualan

Sebelum memulai bisnis warung sembako, pastikan sudah memiliki target tempat stok jualan. Carilah toko supplier yang menjual bahan sembako dengan sistem grosir. Hal ini dimaksudkan agar semakin banyak stok yang dibeli, maka semakin murah pula harganya.

Dengan cara ini, dapat dipastikan usaha akan menghasilkan keuntungan yang lebih besar. Tak hanya itu, agar bisnis sembako lebih berkembang, cari juga orang yang berniat menitipkan produk-produknya.

Beli barang dan perlengkapan

Apabila sudah melakukan riset tentang harga jual, tips selanjutnya yang perlu diikuti adalah membeli barang dan perlengkapan. Beberapa barang yang dibutuhkan seperti etalase, meja, rak, kayu atau besi, timbangan, dan kalkulator.

Pilih sembako yang berkualitas

Tips dalam membangun bisnis sembako lainnya, yakni dengan memilih bahan-bahan jualan yang berkualitas. Sebagai pembeli, semua orang tentu menginginkan bahan yang bagus. Ketika pembeli mendapatkan yang sebaliknya, dijamin bisnis akan sepi.

Untuk itu, carilah bahan sembako di tempat supplier dengan harga yang masih masuk akal dan tetap berkualitas. Apabila usaha warung dikenal memiliki bahan yang murah dan bagus, niscaya pembeli pun akan datang dengan sendirinya.

Alasan Warung Sembako Memiliki Prospek yang Bagus

Bisnis warung sembako diketahui bisa meraup keuntungan bila diimbangi dengan inovasi yang bagus. Meski terdapat minimarket, warung tetap akan memiliki posisi yang penting di hati masyarakat. Untuk itu, ada beberapa alasan warung sembako memiliki prospek yang bagus, antara lain:

Banyak aneka pilihan

Alasan pertama warung sembako mempunyai prospek yang bagus adalah banyaknya aneka pilihan bahan dan barang kebutuhan. Dengan adanya warung sembako di tengah hunian penduduk, tentu akan memberikan keuntungan baik pada pembeli maupun penjualnya.

Bukan hanya tempat belanja

Warung sudah seperti benang pengikat keadaan sosial yang menjadi bagian dari komunitas lokal. Karena itu, peran warung sangat penting bukan hanya untuk berbelanja, namun juga bisa dijadikan sebagai tempat untuk berkumpul atau berbincang antar tetangga.

Usaha jangka panjang

Warung merupakan usaha jangka panjang dan tidak musiman. Hal ini berarti, jika usaha warung dijalankan di rumah, maka pemilik hanya perlu bersantai sambil menunggu pembeli. Meskipun begitu, sekarang penjual juga sudah bisa memanfaatkan marketplace online untuk mempromosikan usahanya.

Itu dia beberapa informasi terkait tips membuka usaha sembako yang perlu diketahui. Meski hanya dengan modal sedikit, bisnis kebutuhan pokok ini tetap bisa ditekuni asal memiliki niat dan rencana yang matang.

Berbagi itu peduli:

Comment Policy:

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk komentar out of topics silahkan masuk ke Forum Kompi Ajaib
Buka Komentar
Buka Komentar
Playlist tutorial Blogger
Playlist tutorial AMP HTML
Playlist Serba-serbi
Jangan lupa SUBSCRIBE
Jangan Diklik!

Menarik Untuk Dibaca Juga:


PrivacySitemap
©2021 KOMPI AJAIB